kucing caracal

9 Fakta Menarik Kucing Caracal, Hewan Asli Afrika

Posted on

Kucing Caracal – Kucing sudah terkenal sebagai hewan peliharaan, mulai dari kucing persia, anggora, siam, dan masih banyak lagi. Tapi akhir-akhir ini banyak sekali minat tentang kucing liar salah satunya kucing caracal.

Kucing yang memiliki ukuran medium ini memiliki empat kaki dan cakar yang sangat kuat. Dilihat dari bentuk tubuh dan cakarnya, perlu perhatian khusus jika ingin menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Seperti apakah profil dan fakta menarik dari kucing khas Afrika ini? Yuk simak di sini.

Profil Kucing Caracal

Profil Kucing Caracal

Nama : Caracal

Kerajaan : Animalia

Filum : Chordata (Vertebrata)

Kelas : Mamalia

Jenis : Karnivora

Keluarga : Felidae

Genus : Felidae (Caracal)

Spesies : Caracal

Nama dari caracal sendiri berasal dari bahasa Turki yaitu ‘karakulak’ yang artinya telinga hitam. Dulunya caracal dilatih untuk berburu burung di negara Iran dan India. Kemampuannya pun melampaui jenis kucing lainnya, karena bisa menjatuhkan 10 sampai 12 burung sekaligus.

Baca Juga  8 Fakta Unik Kucing Ashera, Kucing Harga 1 M

Tempat tinggal kucing caracal berada di area savana dan hutan kering, tepatnya di sub Sahara Afrika. Mereka suka dengan habitat yang subur dan gersang. Walaupun tinggal di hutan cemara tetapi tidak akan ditemukan di hutan hujan tropis.

Menurut International Species Information Service terdapat 169 spesies yang tersebar di seluruh dunia. 52 diantaranya berada di kebun binatang Amerika Serikat. Apabila dilihat dari penyebarannya, bisa dibilang bahwa kucing jenis ini langka dan sebaiknya tidak dijadikan hewan peliharaan.

Fakta Menarik dari Kucing Karakal

Fakta Menarik dari Kucing Karakal

Walaupun kucing caracal termasuk langka, masih ada beberapa yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Karena sifatnya yang karnivora maka perlu perawatan khusus yang diperhatikan. Ditambah lagi kucing jenis ini termasuk kucing liar.

Berikut beberapa fakta yang menarik disajikan mengenai spesies kucing asli Afrika ini.

1. Kesamaannya dengan jenis kucing lainnya

Apabila dilihat dari segi penampilannya, kucing caracal memiliki banyak kesamaan dengan kucing rumahan. Mungkin hal ini jugalah yang membuat banyak orang kaya ingin memiliki jenis kucing ini.

Memiliki kepala yang ukurannya kecil, bermata bulat kecil seperti kelereng. Namun beberapa ada yang menduga bahwa kucing ini mirip dengan serval. Walaupun mirip, namun ada beberapa perbedaan yang menonjol yaitu bagian bintik hitam pada tubuh.

Caracal tidak memiliki banyak bintik pada tubuhnya karena cenderung berwarna coklat polos. Berbeda dengan serval yang memiliki beberapa spot hitam di bagian tubuh mereka.

2. Kemampuannya tanpa air

Kucing karakal mampu bertahan hidup jauh dari air. Maksudnya mereka tahan tanpa air dalam waktu yang lebih lama. Kucing ini memiliki sistem penyimpanan air dalam tubuhnya. Organ tubuhnya memiliki kemampuan untuk memeras sisa-sisa cairan terakhir dari makanannya.

Kemampuannya inilah yang membuatnya mampu berjalan jauh dan melintasi lahan kering bahkan gersang untuk mendapatkan nutrisi makanan. Persaingannya dengan macan tutul jugalah yang membuat ketahanan tubuhnya sangat baik.

3. Besaran tubuh

Ukuran panjang tubuh carala bisa mencapai 1 meter dan berat rata-rata adalah 18 kg. Kucing jantan hanya sedikit lebih berat daripada betina. Proporsi tubuhnya sangat bagus untuk ukuran kucing liar.

Bisa dibilang tidak terlalu besar namun dapat menjaga dirinya untuk menangkis dan melawan musuh. Namun ukurannya ini tetap tidak bisa digunakan untuk melawan predator lain yang ukurannya lebih besar.

Baca Juga  Bukan Cuma Bulu, Ini 8 Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

4. Kecepatan lari caracal

Menyanggah beberapa persepsi bahwa kucing bertubuh besar memanfaatkan kecepatan mereka untuk berburu mangsanya, caracal hanya dapat berlari 50 mph. Kecepatan ini dilakukannya dalam tenaga penuh.

Mereka tidak memiliki banyak simpanan stamina sehingga ketika berburu perlu taktik yang pintar untuk mengintai mangsanya. Keterampilan berburu inilah kunci keberhasilan mereka mendapatkan makan.

5. Seberapa tinggi loncatannya

Walaupun mereka termasuk salah satu keluarga kucing yang paling kecil ukurannya, caracal memiliki kemampuan loncat yang bagus. Mereka dapat loncat sampai ketinggian 4 meter setelah mengintai mangsanya dalam beberapa lama.

Bahkan mereka tidak segan-segan untuk menerkam burung dengan loncatannya ke udara. Koordinasi tubuh untuk meloncat dan menerkam sangatlah teliti dan cukup presisi sehingga mudah mendapatkan mangsa dalam satu kali hentakan.

6. Kemampuan telinga

harga kucing caracal

Telinga juga menjadi salah satu senjata yang dimiliki jenis hewan dari keluarga kucing. Bedanya, kucing karakal memiliki 20 otot luar biasa sebagai detektor suara panjang dan sangat tajam.

Telinga adalah satelit mereka untuk menentukan pergerakan dari keluarga kucing. Antena yang sangat super sensitif ini sangat efektif dengan adanya juntaian rambut di ujung daun telinganya.

Fungsi dari bulu tersebut adalah corong dalam menangkap dan menggemakan suara jarak jauh sekecil apapun yang melewati udara. Jadi mereka bisa bersiaga dalam keadaan apapun bahkan saat tidur.

7. Makanan kucing caracal

Masih berminat untuk memelihara kucing carcal? Kamu perlu mengetahui jenis makanan apa yang dikonsumsinya. Di alam liar, mereka akan mencari mangsa seperti burung, kelinci dan juga tikus.

Jenis makanan yang harus dipersiapkan tentu saja sesuai dengan yang mereka butuhkan. Bahkan di alam liar, kucing caracal selalu berambisi untuk bisa memangsa hewan yang ukurannya lebih besar dari tubuh mereka.

Misalnya saja mereka mencoba memangsa zebra dan oryx. Mangsa ini banyak diincar oleh keluarga kucing mulai dari kucing tabby berukuran kecil sampai harimau Siberia.

8. Apakah caracal hewan berbahaya?

Menjawab pertanyaan ini, jawabannya cukup simpel yaitu ‘’iya’’. Mereka memiliki genetic yang membuatnya alat penyerang dimana mereka merasa bahaya muncul. Jadi bisa saja sewaktu-waktu mencakar atau menggigit.

Gigi taringnya yang tajam mampu mengoyak kulit dan membunuh. Cakarnya bukan hanya sebagai alat untuk menggali tetapi juga menyobek kulit. Ada banyak resiko berbahaya yang menjadikannya tidak baik dijadikan hewan peliharaan.

9. Harga kucing caracal

Apabila ingin memelihara kucing maka perlu prosedur yang legal dan dokumen khusus. Totalnya bisa mencapai 2.000 dollar Amerika atau setara dengan 32 juta rupiah.

Mendengar harganya pasti terasa sangat besar dan jumlahnya bisa digunakan untuk liburan ke luar negeri bahkan membeli dua motor baru. Tapi harga kucing ini baru permulaan belum dengan biaya hariannya.

Jumlah biaya lainnya yang harus diperkirakan adalah pengobatan, vaksin, dan kelangkaan jenis makanannya yang jumlahnya tak sedikit. Masih ada lagi yaitu fasilitas atau tempat tinggal yang perlu peralatan supaya membuat hidup kucing tersebut nyaman.

Baca Juga  Ini 10 Fakta Unik Kucing Calico yang Jarang Diketahui

Biaya yang dibutuhkan sangat banyak dan berbeda jauh dengan kucing yang memang jenisnya untuk peliharaan. Untuk membuktikan, cobalah menanyakan ke dokter hewan berapa biaya pengobatan apabila kucing tersebut sakit.

Bisa dikatakan bahwa kucing caracal bukanlah jenis kucing yang cocok untuk dijadikan peliharaan. Mereka adalah jenis kucing liar yang memang habitatnya di savana Afrika.

Sebanyak apapun uang yang dipersiapkan untuk memelihara kucing karakal, sebaiknya pertimbangkan ulang. Bukan hanya soal uang tetapi juga habitat dan juga kenyamanan mereka.

Cara terbaik untuk mengetahui kehidupan mereka adalah membiarkannya hidup di habitatnya dan hanya melihat dari jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *