Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon : Ciri, Fakta dan Cara Merawatnya

Posted on

Kucing Maine Coon – Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak dipelihara oleh orang-orang di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri kucing menjadi hewan peliharaan primadona karena tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan.

Di dunia ini ada berbagai macam jenis-jenis kucing berdasarkan rasnya, salah satu yang cukup terkenal di Indonesia bahkan di dunia adalah kucing maine coon. Jika dilihat dari sejarahnya, kucing maine coon ini memang cukup menarik.

Dan ternyata kucing maine coon ini memiliki sifat berburu yang menjadi warisan dari nenek moyang kucing tersebut. Karakter kucing yang lincah, cerdik dan memiliki tingkat kemandirian yang tinggi untuk kucing ini membuatnya banyak dicintai oleh para pecinta kucing di dunia.

Kucing maine coon merupakan salah satu jenis kucing yang cukup besar jika dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Mungkin anda sudah cukup sering mendengar jenis kucing ini. Pasalnya, kucing maine coon sendiri juga cukup populer dikalangan jenis-jenis kucing.

Kucing maine coon memang tidak seperti jenis kucing pada umumnya. Kucing maine coon lebih memiliki bulu yang lebat dan juga panjang yang menjadikannya sebagai salah satu ciri khaa kucing maine coon.

Kucing maine coon sendiri sudah mulai dikenal oleh masyarakat pada sekitar tahun 1903. Pada waktu itu, kucing maine coon tertera dalam buku The Book of the Cat. Dalam buku tersebut menyebutkan bahwa petani di daerah Maine, Amerika Serikat, pernah mengadakan sebuah kontes kucing dengan nama Maine State Champion Coon Cat pada tahun 1860.

Bagi anda yang penasaran dengan kucing maine coon, berikut merupakan penjelasan tentang Penampilan, Karakteristik, dan juga cara merawatnya.

Sejarah Kucing Maine Coon

Sejarah Kucing Maine Coon

Masih belum ada keterangan pasti terkait asal usul dari kucing maine coon. Walaupun ada beberapa referensi yang mengatakan sejarah kucing maine coon ini. Salah satunya adalah ada yang mengatakan jika orang viking adalah keturunan dari kucing maine coon ini.

Kucing maine coon kemudian dikirim ke negara Amerika, di sebuah kapal, sang kapten kemudian mengawinkan kucing berbulu panjang tersebut dengan kucing lokal yang berbulu pendek.

Namun pastinya, kucing maine coon merupakan kucing dari hasil kawin silang. Jika memang benar seharusnya dengan melakukan analisis genetik, asal usul kucing maine coon bisa diketahui secara pasti.

Fakta Tentang Kucing Raksasa Maine Coon

Fakta Tentang Kucing Raksasa Maine Coon

Kucing maine coon merupakan salah satu jenis kucing yang sudah populer di Amerika. Untuk di Indonesia sendiri, kucing maine coon masih belum terlalu banyak yang mengetahuinya.

Meskipun begitu, nampaknya kucing maine coon akan segera menjadi salah satu kucing yang digemari oleh orang-orang Indonesia. Pasalnya, kucing ini memang memiliki penampilan yang lucu dan juga sifatnya yang menggemaskan.

Baca Juga  6 Karakteristik Kucing Ini Perlu Anda Ketahui

Nah, bagi anda yang menyukai hewan yang satu ini, kucing maine coon mungkin bisa jadi pilihan bagi anda untuk menambah kucing-kucing anda dirumah. Seperti yang sudah kita tahu bahwa tingkah laku kucing memang bisa membuat kita menjadi lebih terhibur.

Selain itu, kucing juga bisa anda jadikan sebagai salah satu teman anda dirumah dengan sikapnya yang lucu. Maka dari itu, anda bisa memilih kucing maine coon sebagai pilihan anda.

1. Kucing Terbesar Di Dunia

Kucing Maine Coon adalah satu-satunya kucing peliharaan yang memiliki ukuran tubuh terbesar di dunia. Secara umum, kucing maine coon dewasa mempunyai tinggi yang bisa mencapai 40 cm sementara untuk panjang maksimalnya bisa mencapai 1,2 m.

Tidak hanya panjang dan tinggi saja, namun kucing maine coon ini juga memiliki bobot yang berat. Kucing jantan maine coon mempunyai berat hingga 9 kg, sementara untuk kucing betina mempunyai bobot hingga 6 kg.

2. Mempunyai Kelainan Pewarisan Sifat Polidaktili

Kucing Maine Coon diketahui mempunyai kelainan pewarisan sifat polidaktili atau jari-jari kaki kucing yang lebih banyak dibanding kucing jenis lainnya. Kucing Maine coon ini lahir dengan memiliki 6 jari kaki.

Untuk sebagian orang mungkin hal tersebut adalah hal yang aneh dan tidak lazim. Namun untuk sebagian orang lainnya menganggap jika polidaktili bisa membuat kucing maine coon terlihat unik dan menggemaskan.

3. Tubuh Yang Mudah Beradaptasi

Kalian pastinya sudah tahu jika di negara Amerika mempunyai iklim yang sangat ekstrim. EKstrim ini diartikan apabila di musim panas akan sangat panas, sementara untuk di musim dingin juga akan dingin banget. Dengan iklim yang seperti itu semua anggota tubuh yang ada pada kucing maine coon ini akan beradaptasi.

Dengan bulu yang tebal, mengkilap dan bahkan anti air. Bulu di semua tubuh bagian leher, kaki, perut bisa melindungi kucing maine coon ini dari salju dan juga suhu dingin yang ekstrim.

Ekor dari si kucing yang juga pnjang lengkap dengan bulu yang tebal pasti akan membuat kucing maine coon menjadi tambah hangat saat tidur dengan cara melingkarkan ekor di tubuhnya.

4. Tidak Takut Dengan Air

Kita semua mungkin tahu jika kucing adalah hewan yang tidak suka dengan air, bahkan kucing adalah hewan yang takut dengan air. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk kucing maine coon. Kucing maine coon adalah kucing yang sangat suka dengan air, bahkan mereka sangat mahir berenang.

Kucing maine coon berbeda dengan jenis kucing lainnya. Kenapa kucing menkun ini bisa berenang? jawabannya adalah karena kucing maine coon mempunyai mantel atau bulu yang jauh tahan air dibandingkan ras kucing lainnya.

5. Suka Cari Perhatian

Kucing Maine Coon adalah kucing yang sangat suka mencari perhatian atau memberitahu jika mereka penting dibandingkan apapun yang dimiliki oleh tuannya. Misalnya saja saat anda sedang menonton TV atau sedang membaca buku, kucing Maine Coon ini akan benar-benar duduk di depan TV atau dengan sengaja akan mengganggu Anda yang sedang membaca buku.

Hal tersebut dilakukan oleh kucing menkun karena kucing ini suka mencari perhatian, tentu saja ia ingin mendapatkan perhatian yang lebih dari tuannya tersebut. Oleh sebab itu mereka melakukan segala cara agar bisa mendapatkan perhatian dari sang majikan.

6. Tidak Suka Ketinggian

Biasanya kucing sangat senang memanjat pohon, bahkan mereka juga senang memanjat atap rumah. Bisa jadi alasan kenapa kucing suka dengan ketinggian adalah karena mereka senang melompat-lompat. Namun kucing maine coon ini berbeda dengan tipikal tersebut.

Kucing menkun sangat takut dengan ketinggian, meskipun belum ada penelitian yang membuktikannya. Namun kebanyakan pemilik kucing maine coon membenarkan hal ini.

Baca Juga  12 Jenis Kucing Hutan Di Indonesia, Mana Favoritmu?

7. Memiliki Bentuk Kepala Yang Unik

Ciri utama dari kucing maine coon ini bisa Anda lihat pada bagian kepala, tekstur bulu, bentuk badan dan juga bulu yang ada di sekitar leher yang jika kita lihat akan menyerupai seperti singa. Di bagian kepala kucing ini mempunyai bentuk telinga yang sangat besar kemudian lancip pada ujungnya. Telinga kucing ini juga sudah dilengkapi dengan bulu yang lebat.

Untuk bagian kepala yang mempunyai ukuran sedang dan lebar, kucing ini mempunyai dahi yang sedikit melengkung dengan tulang pipi yang akan terlihat lebih menonjol.

Mata kucing maine coon juga lebar dengan berbentuk sedikit oval, bisa dilihat dengan jelas saat mata kucing terbuka lebar. Hidung kucing ini juga lebar dan sedikit melengkung. Untuk bagian dagu kucing ini memiliki dagu yang sangat tajam.

Kucing Maine coon mempunyai leher dengan ukuran yang sedang dan sedikit melengkung namun kuat. Panjang kaki yang sedang ini juga dilengkapi dengan tulang dan otot yang kuat.

8. Kucing Yang Warna Warni

Salah satu keunikan dari kucing maine coon ini adalah mempunyai banyak variasi warna yang sangat menawan. Ada beberapa pola warna dari kucing Maine Coon diantaranya adalah warna makarel atau coklat dan abu-abu, merah, solid, silver dan tortoiseshell.

Penampilan Kucing Maine Coon

Penampilan Kucing Maine Coon

Kucing maine coon memiliki bulu yang lebat dan juga panjang. Hal ini membuat kucing maine coon juga sering disamakan dengan kucing Persia. Meskipun begitu, kucing maine coon lebih memiliki ukuran badan yang lebih besar.

Dengan ukuran yang besar tersebut membuatnya menjadi salah satu ciri khas yang dimiliki kucing maine coon. Kepala kucing maine coon juga agak moncong ke depan serta memiliki dahi yang lebar dan telinga yang berbentuk segitiga.

Karakteristik Kucing Maine Coon

Karakteristik Kucing Maine Coon

Salah satu hal yang membuat kucing menjadi hewan yang sering dipelihara adalah karena sifat. Kucing maine coon sendiri memiliki sifat yang cukup halus. Kucing maine coon juga sering disebut dengan Gentle Giants (raksasa lembut). Kucing maine coon memiliki perilaku yang halus dan juga setia terhadap pemiliknya.

Cara mengetahui jenis kelamin kucing maine coon ini juga bisa dilihat dari karakteristik kucing maine coon tersebut dimana beberapa perbedaan dari kucing maine coon jantan dan kucing maine coon betina bisa dilihat dari kepribadiannya. Kucing jantan akan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan dan juga bersosialisasi dengan orang lain.

Sementara untuk kucing maine coon betina akan cenderung mempunyai sikap sosialisasi yang mudah beradaptasi dengan memiliki kelebihan pada kecerdasannya. Kucing maine coon betina akan lebih menghindar dari orang yang tidak dikenal. Namun secara keseluruhan kucing betina adalah kucing maine coon yang mudah dilatih dan cepat belajar.

Cara Merawat Kucing Maine Coon

Cara Merawat Kucing Maine Coon

Kucing maine coon juga masih seperti kucing lainnya yang mudah terserang penyakit. Maka dari itu anda harus memperhatikan kesehatan kucing maine coon. Anda bisa memberikan makanan yang bergizi serta sering membawa kucing maine coon ke dokter hewan untuk check up.

Memelihara ras kucing maine coon di rumah tentunya akan memberi pengalaman yang menyenangkan untuk anda karena kucing maine coon ini adalah hewan peliharaan yang luar biasa ramah dan cerdas. Walaupun tubuh kucing ini cenderung memiliki tubuh yang raksasa dengan otot yang kokoh.

1. Sediakan Makanan Yang Sehat

Secara keseluruhan ras kucing ini harus dihindari mengejar tikus untuk dimakan, untuk itu anda hanya perlu mempersiapkan makanan kucing yang cukup dan juga mainan yang dibutuhkan untuk kucing Maine Coon ini.

Kucing enis ini kebanyakan suka berpindah tempat dan jarang ada yang bersifat pemalu. Dalam merawat jenis kucing Maine Coon ini yang terpenting adalah memenuhi kebutuhan dasar kucing terhadap nutrisi yang sesuai supaya tidak membuat badan kucing ini menjadi gemuk

Kucing Maine Coon yang terlalu gemuk secara tidak langsung bisa mengurangi kegiatan serta mobilitasnya sehari-hari.

Baca Juga  Tidak Sulit, Ini 7 Cara Memandikan Kucing Dengan Benar

2. Mandikan Kucing Maine Coon Dua Hari Sekali

Maine Coon adalah salah satu jenis kucing yang cenderung suka dengan air. Oleh karena itu, kalian tidak perlu memandikan kucing maine coon ini setiap hari. Cukup dengan memandikan kucing maine coon dua hari sekali dengan shampoo khusus kucing rasanya sudah cukup.

Tujuan kita memandikan kucing maine coon adalah untuk mengurangi resiko kutuan, hal ini karena kucing maine coon mempunyai bulu yang panjang dan lebat yang pastinya beresiko memiliki banyak kutu di sekitar bulu tersebut.

3. Menjaga Kebersihan Kandang

Kandang kucing yang bersih tentu saja bisa meringankan kita dalam merawat kucing pada bagian yang lain terutama saat kucing mandi. Karena jika kandang kucing bersih, tentu saja si kucing juga akan merasa lebih nyaman dan badanya tidak akan terlalu kotor.

Kandang yang terjaga dengan bersih juga bisa membuat kucing maine coon ini tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Harga Kucing Maine Coon

harga kucing maine coon

Menjadi salah satu jenis kucing yang berkelas dan populer, tentu saja harga kucing maine coon ini akan dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Bukan hanya itu saja, harga kucing maine coon ini juga sangat bervariatif tergantung ukuran, bentuk tubuh, usia dan juga jenisnya. Biasanya kucing maine coon dijual dari 5 juta sampai puluhan juta rupiah.

Untuk jenis kucing maine coon ped pada usia anak-anak saja dijual mulai harga 5 juta. Sementara jika sudah tumbuh dewasa bisa dijual hingga 18 juta rupiah. Untuk jenis kucing maine coon non ped anak-anak dijual dengan harga mulai dari 3 jutaan, sementara untuk kucing maine coon non ped dewasa dijual mulai dari harga 5 jutaan.

Bagaimana? Apakah Sahabat JH tertarik untuk memelihara kucing maine coon yang memiliki ukuran tubuh raksasa ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *