Kucing Persia Himalaya

Kucing Persia Himalaya: Ciri, Cara Merawat dan Harganya

Posted on

Kucing Persia Himalaya – Kucing persia adalah salah satu jenis kucing yang paling banyak dipelihara oleh orang-orang di Indonesia. Nah kucing persia ternyata juga memiliki jenis lain loh, salah satu yang cukup populer adalah kucing Himalaya atau yang biasa disebut dengan Himmie.

Kucing persia himalaya ini masih termasuk dalam keluarga kucing persia. Walaupun himalayan dan hasil kawin silang antara dua ras kucing yang berbeda ini, yaitu kucing ras persia dan juga Siamese, kucing persia himalaya ini memiliki bulu yang jauh lebih panjang dan lebat. Biasanya kucing ini berwarna putih dengan corak hitam di bagian wajah.

Mengenal Kucing Persia Himalaya

Kucing Persia Himalaya
Dari banyaknya jenis kucing persia, kucing persia himalaya adalah salah satu jenis kucing yang paling banyak diminati di Indonesia, bahkan dunia. Karena memiliki bulu yang indah, menawan, cantik dan unik.

Ditambah lagi dengan wajah yang sangat imut membuat kucing persia himalaya ini menggoda dan banyak disukai oleh para pecinta kucing di Indonesia. Nah bagi anda yang ingin mengenal lebih dalam tentang kucing persia himalaya, silahkan anda simak ulasan lengkap saya dibawah ini.

Sejarah Kucing Persia Himalaya

Jika kita membaca Wikipedia, kucing persia himalaya adalah salah satu jenis kucing yang sudah ada sejak beberapa ratus tahun yang lalu. Walaupun demikian, jenis kucing ini baru mulai diperkenalkan di Eropa sejak tahun 1950 an dan disebut dengan kucing persia warna poin atau colourpoint persian.

Baru kemudian di tahun 1957 kucing ini sudah mulai terdaftar menjadi salah satu ras kucing yang berbeda dengan kucing persia.

Kenapa kucing persia himalaya ini terdaftar menjadi salah satu ras yang ada pada kucing persia? hal ini karena terdapat karakter dan juga pola pada kucing himalaya ini yang sama dengan kucing persia. Walaupun saat ini juga masih ada yang menyebut jika kucing persia himalaya ini berbeda dengan kucing persia sih.

Ciri-Ciri Kucing Persia Himalaya

Ciri-Ciri Kucing Persia Himalaya
Image: Wikipedia

Nah lalu apa saja sih ciri-ciri dari kucing persia himalaya ini? apa yang membedakannya dengan jenis kucing lainnya? bagi anda yang penasaran dan ingin tahu tentang ciri-ciri dari kucing persia himalaya ini, berikut adalah beberapa ciri-ciri kucing persia himalaya yang wajib anda ketahui.

1. Warna Kucing

Ciri-ciri kucing persia himalaya ini bisa anda lihat dari warna kucing yang memiliki perbedaan warna cukup mencolok pada setiap sudut dari semua bagian tubuhnya. Kucing ini memiliki color point atau corak gelap yang ada pada bagian tertentu di warna bulu kucing. Corak gelap ini adalah ciri khas atau karakteristik utama dari kucing persia himalaya.

Biasanya color point atau corak gelap ini ada pada bagian telinga, ekor, kaki atau bagian wajah tengah dari kucing ini. Selain itu corak gelap ini juga berbagai macam loh, ada yang berwarna coklat kehitaman, abu kecoklatan, krem, dan krem kemerahan.

2. Bentuk Tubuh

Ciri-ciri berikutnya dari kucing persia himalaya ini bisa anda lihat dari bentuk tubuh kucing. Dimana pada umumnya kucing persia himalaya ini memiliki bentuk tubuh yang cenderung lebih bulat dan juga bentuk kaki yang lebih pendek dibandingkan kucing lainnya.

Kaki yang pendek ini adalah hal yang menandakan jika kucing ini merupakan hasil keturunan dari kucing persia. Namun terkadang ada juga kucing persia himalaya yang memiliki bentuk tubuh kuat, langsing dan anggun serta lincah. Dimana hal ini menandakan jika kucing ini merupakan hasil keturunan kucing siam.

Baca Juga  4 Cara Mengetahui Umur Kucing dan Merawatnya Sesuai Usia

3. Bentuk Wajah

Ciri khas berikutnya dari kucing persia himalaya ini bisa anda lihat dari bentuk wajah kucing. Dimana sama seperti kucing persia kebanyakan, kucing persia himalaya ini memiliki bentuk hidung yang cenderung pesek dibandingkan kucing lainnya.

Bahkan terkadang jika kita lihat kucing persia himalaya ini dari samping akan terlihat sangat datar.

4. Sifat Kucing

Umumnya kucing persia himalaya memiliki sifat yang sama seperti kucing persia yaitu cerdas, tenang dan mau berinteraksi dengan siapa saja. Walaupun seperti itu, kucing persia himalaya ini memiliki sifat yang cenderung lebih tenang, kucing ini juga senang berinteraksi dan aktif bermain dengan orang atau benda di sekitar.

Kucing persia himalaya ini sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan sebab memiliki sifat yang sangat ramah. Kucing ini juga bisa loh menjadi teman bermain kalian setelah jenuh bekerja seharian.

Cara Merawat Kucing Persia Himalaya

Cara Merawat Kucing Persia Himalaya
Bagi anda yang ingin mengadopsi atau tertarik membeli kucing persia himalaya ini. Sebelum anda memutuskan untuk mengadopsi atau membeli kucing ini, tidak ada salahnya jika anda harus tahu dulu hal-hal dasar yang harus anda perhatikan dalam merawat kucing persia himalaya tersebut. Nah berikut adalah bagaimana cara merawat kucing persia himalaya yang wajib anda ketahui.

1. Perhatikan Tempat Tinggal Kucing

Hal dasar yang harus anda ketahui sebelum mengadopsi atau memelihara kucing persia himalaya adalah perhatikan kandang atau tempat tinggal kucing ini.

Sebaiknya anda harus menyiapkan dulu kandang khusus atau tempat tinggal untuk kucing kesayangan kalian ini. Buatlah atau siapkan kandang yang bagus dan buat agar kucing kesayangan anda ini senyaman mungkin untuk tinggal di dalam kandang.

Perlu anda ketahui jika tempat tinggal yang nyaman tentu saja juga bisa mempengaruhi mood dan juga kesehatan dari kucing tersebut. Tempat tinggal yang bersih dan nyaman akan membuat kucing menjadi betah dan tetap sehat tentu saja.

2. Perhatikan Pasir Kucing

Setelah anda menyiapkan kandang atau tempat tinggal khusus untuk kucing persia himalaya. Berikutnya anda juga harus memperhatikan pasir kucing kesayangan anda tersebut.

Sebaiknya anda sediakan pasir yang lembut, kalau bisa memang sediakan jenis pasir khusus yang dijual untuk kucing. Pasir berguna sebagai media dari kucing untuk membuang kotoran mereka agar tidak berceceran dimana-mana.

Nah sesuai dengan fungsinya yang sebagai media untuk si kucing membuang kotoran. Untuk itu anda juga harus mengganti pasir pada kucing minimal 3 kali sehari agar tetap terjaga kebersihannya. Jangan sampai anda telat atau terlalu lama mengganti pasir, karena bisa membuat kucing menjadi tidak betah tinggal di dalam kandang.

Baca Juga  Vaksin Kucing: Jenis, Manfaat, Efek Samping dan Harganya

3. Perhatikan Kualitas Makanan Dan Minuman

Cara berikutnya untuk merawat kucing persia himalaya adalah dengan memperhatikan kualitas makanan dan minuman yang akan anda berikan untuk kucing kesayangan anda ini.

Jangan lupa untuk selalu menyediakan stok makanan yang berkualitas dan juga minuman di kandang kucing kesayangan anda ini. Jangan sampai stok makanan dan juga minuman untuk kucing kesayangan anda ini habis ya.

Yang tidak kalah penting adalah anda harus memperhatikan kualitas dari makanan dan juga minuman untuk si kucing ini. Saat ini kita bisa kok menemukan makanan untuk kucing yang memang dibuat khusus untuk pertumbuhan dari kucing kesayangan kita tersebut.

Kemudian untuk masalah minuman untuk kucing. Usahakan jangan sampai kita memberikan air mentah pada si kucing ya, karena air mentah ini memiliki kandungan bakteri yang bisa saja membawa dampak buruk atau penyakit untuk kucing persia himalaya kesayangan kita.

Anda bisa menggunakan air galon atau air yang sudah didihkan terlebih dahulu untuk memastikan air tersebut benar-benar steril.

Harga Kucing Persia Himalaya

harga kucing persia himalaya

Setelah melihat dan mengenal lebih dalam dengan kucing persia himalaya tentu saja anda akan tertarik untuk memelihara kucing persia himalaya ini kan? nah jika anda memang tertarik untuk memelihara kucing ini, agar kalian tidak ketipu dengan masalah harga. Berikut dibawah ini sudah saya tuliskan daftar harga kucing himalaya.

1. Kucing Persia Himalaya Usia 3 Bulan

Untuk harga kucing persia himalaya yang masih berusia 3 bulan ini biasanya dijual dengan harga pasaran Rp.800.000 untuk yang belum vaksin. Sedangkan untuk harga kucing himalaya usia 3 bulan yang sudah vaksin biasanya dijual dengan harga pasaran Rp.1.200.000.

2. Kucing Persia Himalaya Usia 6 Bulan

Sedangkan untuk kucing persia himalaya usia 6 bulan biasanya dijual dengan harga Rp.1.000.000 untuk yang belum di vaksin. Sementara untuk yang sudah di vaksin biasanya akan dijual dengan harga Rp.1.600.000.

Baca Juga  4 Makanan Kucing Kampung Sehat, Murah dan Minumannya

3. Kucing Persia Himalaya Breed Quality

Apa itu kucing persia breed quality? Kucing Breed Quality adalah kucing keturunan dari kucing yang pernah mengikuti perlombaan dan pernah memenangkan perlombaan. Untuk harga kucing persia himalaya Breed Quality ini bisa dijual dengan harga Rp.7.000.000 sampai Rp.10.000.000.

4. Kucing Persia Himalaya Top Quality

Lalu apa itu kucing persia top quality? kucing top quality adalah kucing yang pernah memenangkan perlombaan. Jadi jika breed quality adalah kucing keturunan dari kucing yang pernah memenangkan perlombaan.

Sedangkan kucing top quality adalah kucing yang pernah memenangkan perlombaan. Biasanya kucing persia himalaya top quality dijual dengan harga Rp. 15.000.000 sampai Rp. 25.000.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *