kucing persia medium

Kucing Persia Medium: Ciri-ciri, Jenis dan Perawatannya

Posted on

Kucing Persia Medium – Indonesia adalah negara yang kaya akan flora dan faunanya dimana kucing adalah salah satu jenis fauna yang menarik di sini. Hewan satu ini memiliki ciri khas imut dan homecable. Salah satu kucing yang saat ini sangat dicari dan digemari untuk dipelihara adalah kucing persia medium.

Kucing adalah hewan yang bisa dijadikan teman bermain sehingga tidak jarang yang menjadikan hewan lucu ini sebagai kesayangan.

Baru-baru ini kucing sangat populer di kalangan milenial. Lalu, tentang kucing Persia yang disebutkan di atas, bagaimana informasi lebih lanjut tentangnya? Ini ulasannya!

Ciri-ciri Persia Medium

Ciri-ciri Persia Medium

Kucing persia adalah salah satu kucing hias yang berbulu lebat dan sangat lucu. Jenis kucing ini banyak digemari karena alasan tersebut. Ia memang sangat menarik dipelihara di rumah. Kebanyakan orang Indonesia memilih kucing domestik ini dibanding kucing lokal karena perawakannya yang lebih bersih.

Kucing persia memang tergolong kucing rumahan yang bagus untuk menjaga rumah. Untuk Anda yang tertarik memelihara hewan lucu ini, maka perlu menyimak ciri-cirinya berikut.

* Bentuk Wajah

Sebelumnya perlu Anda ketahui asal usul persia medium ini. Pada mulanya, di Indonesia masih jarang ditemui kucing persia karena didominasi kucing lokal. Hal inilah yang menjadi alasan terjadinya perkawinan silang antara kucing lokal dengan persia dan menghasilkan keturunan persia medium.

Akibat perkawinan tersebut, ciri yang dimiliki hewan ini juga beda dari induknya, termasuk bentuk wajahnya. Bisa Anda amati bahwa bentuk wajah persia medium tidak terlalu rata. Jika disandingkan dengan persia yang asli, kucing persia yang medium ini memiliki perbedaan yang mencolok.

Struktur wajah persia medium agak runcing dan tidak terlalu tajam seperti kucing kampung. Persia medium juga dikaruniai hidung agak mancung dibanding induknya. Lebih tepatnya, kucing ini memiliki bentuk hidung kolaborasi antara kucing domestik dan lokal.

Baca Juga  Scabies Kucing: Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasinya

* Bulu Kucing

Bagian berikutnya yang membedakan persia medium dengan lainnya adalah bulunya. Kucing ini mempunyai bulu yang panjang dan tebal dibandingkan kucing-kucing kampung. Bulu yang lebat dan panjang ini jika diperhatikan lebih pendek dibanding keturunan asli kucing persia.

* Telinga

Ciri persia medium selanjutnya memiliki bentuk telinga yang berbeda dengan indukannya. Kucing persia pada umumnya memiliki bentuk dan ukuran telinga yang besar, dan begitu pula dengan jenis medium ini. Telinga persia medium jika diperhatikan ukurannya dan letaknya berbeda jauh dengan kucing lokal.

* Bentuk Kaki

Ciri terakhir yang sangat mencerminkan seekor persia medium adalah bentuk kakinya. Persia medium memiliki ukuran kaki yang lebih panjang dan besar daripada kucing kampung. Kaki yang besar dan panjang ini sesuai dengan tubuh persia medium yang banyak bulunya sehingga kuat menyokongnya.

Jenis Persia Medium

Jenis Persia Medium

Kebanyakan orang memilih hewan ini sebagai peliharaan karena kelucuan dan tingkah lakunya. Banyak juga orang yang masih keliru saat ingin meminang kucing satu ini. Beberapa orang terkadang salah mengira kucing ini adalah kucing lokal karena perawakan wajahnya yang hampir menyerupai.

Ketika ingin memiliki peliharaan sebaiknya Anda kenali beberapa ciri dan karakteristiknya terlebih dahulu. Disamping itu, persia medium ternyata terdapat beberapa jenis yang juga harus Anda ketahui.

Pada umumnya, kucing persia jenis ini memiliki beberapa jenis keluarga, yang salah satunya didasarkan pada bulu dan rambutnya. Jenis kucing persia medium berdasarkan hal tersebut dibedakan menjadi jenis persia rambut panjang dan juga persia rambut pendek.

Baca Juga  Kucing Tidak Mau Makan: Penyebab dan Cara Penanganannya

Persia medium berambut panjang dan lebat biasanya memiliki perawakan yang gembul. Kucing dengan jenis seperti ini adalah anakan dari persilangan kucing persia dengan seekor kucing kampung berbulu panjang. Jenis persia medium berbulu panjang kebanyakan warnanya lebih cerah dan beragam.

Berikutnya ada kucing persia dengan jenis medium berbulu pendek. Kucing ini perawakannya kebalikan dari jenis sebelumnya. Induk kucing ini juga seekor induk persia yang disilangkan dengan seekor kucing kampung berbulu pendek. Persia medium bulu pendek biasanya berwarna lebih gelap.

Karakteristik Kucing Persia Medium

Karakteristik Kucing Persia Medium

Kebanyakan masyarakat Indonesia gemar memelihara hewan yang jinak dan tidak membahayakan seperti kucing. Salah satu alasan ini menjadikan persia medium banyak diidolakan karena kejinakannya. Persia medium juga memiliki perawakan yang bulat dan lonjong, serta cenderung menggemaskan.

Kini, persia medium menjadi idola dan bisa mengalahkan kepopuleran kucing-kucing lainnya. Kucing yang digemari karena gembul dan tambun ini juga memiliki karakter idaman untuk golongan hewan peliharaan. Sebelum mengadopsi kucing ini sebaiknya Anda kenali karakternya yang bisa menghibur berikut ini.

* Ramah

Kucing ini adalah salah satu persia yang sangat ramah dibandingkan kerabatnya. Persia medium lebih terlihat mudah beradaptasi dengan pemiliknya yang baru karena keramahannya. Tidak jarang kucing persia ini akan langsung betah di tempat tinggal barunya.

Persia medium juga memiliki kecenderungan manja pada pemiliknya. Ia akan lebih senang jika diperhatikan dengan sekedar diajak bermain maupun dielus bulu lebatnya daripada dicuekin. Lalu, kucing ini akan memberi timbal balik yang baik dengan lebih perhatian pada pemilik dan semakin betah.

Kucing persia jenis medium yang sering dimanja dan diperlakukan dengan baik akan mudah dirawat. Namun, kucing ini biasanya takut dengan anak-anak karena biasanya akan diperlakukan dengan spontan. Persia medium yang belum akrab dengan yang ditemui akan berlari menjauh ataupun bersembunyi.

Baca Juga  Sering Tertukar? Ini 7 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

* Aktif

Karakter yang dimiliki persia medium berikutnya adalah aktif. Persia medium tidak akan suka terkurung di dalam kandang dengan ruang yang sempit, karena kucing ini akan merasa terkekang. Kucing yang memiliki keaktifan di luar batas ini lebih menyukai di lepas di dalam rumah agar bisa berlarian kemanapun.

* Setia

Persia medium selain gemar berlarian juga sangat setia pada majikannya. Kucing persia medium ini salah satu hewan yang paling setia selain anjing. Kucing satu ini bisa Anda uji kesetiaannya dengan membawanya berjalan-jalan di luar rumah kemudian meninggalkannya.

Pasti persia medium milik Anda akan kembali ke rumah dengan sendirinya. Sayangnya, ia juga bisa dikatakan hewan yang tidak mudah mengingat tempat. Di samping itu, persia medium yang sudah cocok dengan majikan lama akan sulit diadaptasikan dengan majikan baru bila tidak diperhatikan dengan baik.

Tips Perawatan Persia Medium

Tips Perawatan Persia Medium

Memiliki hewan peliharaan tentu juga harus memperhatikan perawatannya. Tujuan perawatan hewan selain menghargai keberadaan juga sebagai bentuk kepedulian dan kasih sayang. Meskipun kodratnya sebagai hewan, peliharaan perlu diberi kasih sayang dan perhatian sebagai sesama makhluk.

Persia medium sendiri memiliki kecenderungan penyayang yang tinggi sehingga membutuhkan perhatian lebih dari pemiliknya. Bagi Anda yang merasa menjadi pribadi yang penyayang, hewan ini bisa dijadikan pilihan untuk meramaikan rumah. Berikut beberapa tips merawat persia medium yang baik dan tepat.

* Mencukupi Kebutuhan Nutrisinya

Kucing jenis ini memiliki kebutuhan nutrisi seperti hewan pada umumnya. Hewan peliharaan semacam persia medium ini membutuhkan nutrisi berupa protein yang tinggi. Kebutuhan nutrisi tersebut sangat sesuai untuk menunjang keaktifannya dalam bergerak dengan otot badan yang kokoh.

Pemberian nutrisi kucing persia jenis ini bisa Anda sesuaikan dengan usia dan kebutuhannya. Kucing persia medium yang masih kecil belum membutuhkan protein tinggi dibanding dengan dewasa. Persia medium kecil cenderung membutuhkan nutrisi untuk tumbuh bisa ditunjang dari makanan instan toko.

Ketika menginjak usia satu tahun ke atas persia, barulah medium akan membutuhkan nutrisi yang lebih dengan kadar protein lebih tinggi. Anda bisa menjamin asupan nutrisi persia medium dengan meracik makanannya sendiri dari daging segar serta minuman berupa air matang atau susu hewan.

Baca Juga  7 Cara Merawat Kucing Persia Dengan Baik Agar Tumbuh dan Sehat

* Memperhatikan Kebersihan Badannya

Perawatan berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah kebersihan badannya. Hewan yang bersih juga akan terjamin kesehatannya karena terhindar dari kuman penyakit. Persia medium juga sangat aktif di luar kandang sehingga kebersihannya perlu lebih diperhatikan lagi.

Kebersihan persia medium bisa dijaga dengan rutin memandikannya selama seminggu sekali. Kegiatan ini juga untuk menjaga bulu kucing tetap bersih dan rapi. Akan tetapi, untuk memandikan persia medium kecil Anda hanya cukup melakukan pengelapan dengan kain basah saja karena ia masih rentan terhadap air.

* Menjaga Kebersihan Tempat Tinggalnya

Berikutnya Anda harus menjaga kebersihan tempat tinggal persia medium ini. Walaupun persia medium lebih suka di luar ruangan, kandangnya juga harus tetap dibersihkan. Kandang yang bersih juga dapat menjamin kesehatan persia medium Anda.

Membersihkan kandang persia medium ini bisa Anda lakukan secara periodik seminggu sekali. Setelah mencuci kandang, usahakan Anda mengeringkannya kembali agar kuman dan bakteri tidak mengendap karena lembab. Persia medium akan terhindar dari bahaya penyakit yang mungkin saja muncul akibatnya.

Kandang bisa dijemur di bawah terik matahari juga supaya lebih hangat dan kering. Selain kandang, kotoran kucing ini harus segera dibersihkan agar tidak menjadi sarang kuman dan lalat. Kebersihan lingkungan dari kotoran peliharaan Anda juga termasuk langkah menjaga kualitas udara.

* Vaksinasi

Berikutnya, persia medium harus rutin diberikan vaksin supaya daya tahan tubuhnya kuat. Pemberian vaksin pada hewan ini biasanya dilakukan secara berkala selama 6 bulan sekali. Pemberian vaksin juga tidak bisa secara asal-asalan. Hal ini harus dilakukan berdasarkan arahan tenaga ahli.

* Pelatihan Kedisiplinan

Kegiatan terakhir yang bisa Anda lakukan untuk merawat kucing persia jenis ini adalah melatihnya tentang kedisiplinan. Pelatihan ini berguna untuk membiasakannya bersikap baik. Kegiatan ini tidak bisa dilakukan spontan sehingga perlu proses sejak kucing masih kecil.

Kegiatan ini bisa Anda mulai dengan melatih persia medium buang air dan kotoran di tempat yang benar. Anda juga bisa melatih persia medium merawat benda sekitar dengan tidak merusaknya.

Kisaran Harga Persia Medium

Harga kucing persia medium sangat relatif terjangkau dibanding jenis persia lainnya. Kucing persia jenis ini lebih murah karena keberadaanya yang lebih banyak dibanding jenis aslinya. Persia medium dipatok dengan kisaran harga antara lima ratus ribu hingga dua setengah juta saja per ekornya.

Kucing persia jenis ini dengan usia tiga bulan biasanya dipatok dengan harga lima ratus ribu sampai satu juta setengah. Kalau jenis persia medium yang sudah dewasa dan matang, harganya sudah meningkat mulai dari satu sampai dua juta setengah.

Harga-harga yang dipatok untuk persia medium tersebut tentu lebih murah dibanding kualitas yang dimilikinya. Meski kucing persia ini lebih murah dari jenis lain tapi kualitasnya tidak kalah berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *