Kucing Savannah

Kucing Savannah : Karakteristik, Ciri dan Cara Merawatnya

Posted on

Kucing Savannah – Saat ini banyak orang yang sangat gemar memelihara binatang dari mulai yang mudah dijinakkan sampai hewan buas. Salah satu jenis hewan yang umum digemari untuk dipelihara adalah kucing. Dalam dunia binatang, kucing juga terdapat dalam beragam jenis, dan kucing savannah adalah salah satunya.

Savannah adalah nama kucing yang menjadi spesies baru dari anakan induk domestik dan liar. Kucing jenis ini pertama kali ditemukan di Afrika dengan bentuk tubuh yang ukurannya sedang. Nah, untuk lebih mengenal tentang si manis savannah ini, berikut uraian lengkap tentangnya.

Sejarah Kucing Savannah

Sejarah Kucing Savannah

Savannah adalah salah satu jenis kucing yang berasal dari persilangan induk kucing domestik dengan induk kucing liar dari negeri Afrika. Kucing jenis ini pertama kali muncul saat maraknya perkawinan sesama ras domestik.

Maraknya hal tersebut ini membuat seorang Patrick Kelly yang lebih akrab dengan sebutan peternak ini mulai melakukan percobaan yang sama. Pada saat percobaan, Patrick dibantu temannya yang bernama Joyce untuk mengembangkan penemuannya sampai savannah bisa lahir.

Saat ini, ras savannah di dunia pecinta hewan sangatlah digemari karena menjadi hal yang baru dan indah. Kehidupan kucing jenis savannah sekarang juga sudah diakui pihak TICA sejak tahun 2001 berkat keberhasilan persilangan terhadapnya.

Baca Juga  Kucing Maine Coon : Ciri, Fakta dan Cara Merawatnya

Kucing yang semula hanya bisa diperoleh dari perkawinan kucing lokal dengan liar tersebut saat ini sudah bisa berkembang bebas dari hasil perkawinan sesama jenisnya. Seiring berjalannya waktu, muncullah peraturan baru yang melarang perkawinan beda jenis untuk menemukan ras savannah yang sama.

Semenjak diakui oleh TICA di tahun 2001, kucing jenis ini semakin populer hingga sekarang dan namanya malang melintang. Savannah juga sudah pernah mengikuti kompetisi khusus kucing yang mengunggulkan karakteristik dan kepribadiannya sejak tahun 2012.

Karakteristik Kucing Savannah

Karakteristik Kucing Savannah

Pecinta kucing belum dianggap benar-benar sejati jika belum memiliki jenis kucing yang satu ini. Pendapat tersebut berasal dari anggapan dimana savannah adalah hewan peliharaan yang manis serta mudah dijinakkan. Kucing jenis ini banyak dicari untuk kepentingan koleksi pribadi.

Karakteristik yang paling menonjol dari jenis kucing ini adalah tingkah laku dan keaktifannya yang mirip dengan kucing domestik asal Afrika pada umumnya. Savannah mempunyai sikap naluriah yang gemar bermain dan berpetualang. Ia memang tidak hanya berdiam diri di rumah saja.

Salah satu kucing yang gemar berpetualang ini memiliki badan tambun dan lebih besar dari pada jenis kucing pada umumnya. Kucing savannah sangat mahir melompat kesana kemari dari tempat yang lumayan tinggi juga. Meski terlihat galak karena tubuhnya tambun, sebenarnya kucing ini lebih ramah.

Baca Juga  6 Karakteristik Kucing Ini Perlu Anda Ketahui

Savannah adalah jenis kucing aktif dengan macam-macam permainan. Salah satu permainan yang digemari kucing ini adalah permainan saling bersembunyi dengan manusia. Savannah akan dengan senang hati menerima dan menyambut orang baru menggunakan suaranya yang lemah lembut.

Kucing ini bisa juga disebut sebagai kucing yang mudah bergaul dan berinteraksi dengan suasana baru. Selain ramah, kucing tersebut juga dikenal sangat cerdas dan sangat membantu pekerjaan manusia. Berkat kecerdasannya, kucing ini bisa melarikan diri dari kandang dan membuka kran air sendiri.

Jenis Bulu Kucing Savannah

Kucing Savannah

Kucing jenis savannah ini membutuhkan pemelihara yang cerdas untuk mengatasi hobinya yang gemar mengelabui. Savannah adalah hewan yang aktif berlari maupun melompat, sehingga pemiliknya harus ekstra hati-hati menjaga barang-barang yang mudah pecah di rumahnya.

Keunikan lain yang dimiliki kucing jenis savannah ini terletak pada bulunya. Ras savannah mempunyai motif bulu dan warna berbeda-beda setiap spesiesnya. Kucing yang satu ini ada yang memiliki warna bulu hitam, polkadot putih atau hitam, sampai warna bulu keseluruhan coklat.

Baru-baru ini juga telah ditemukan corak baru dari bulu savannah yang memiliki warna hitam dan perak. Warna lain yang umum untuk kucing ini adalah kuning keemasan. Beberapa spesies baru dari ras savannah ini sangat dominan karena motif tubuhnya yang mudah untuk diingat.

Baca Juga  7 Fakta Kucing Hitam Putih, Menarik dan Unik

Motif dari ras savannah kebanyakan lebih mirip mata banteng kemudian diatur sejajar dalam satu barisan. Warna-warna dari bulu kucing ras savannah kebanyakan adalah percampuran atau kombinasi dari kedua induk nya. Warna-warna kombinasi tersebut membuat bulu savannah tidak bisa dijabarkan mendetail.

Kucing ras ini telah terdaftar dalam organisasi Internasional TICA, namun bukan sebagai kucing yang memiliki penampakan bulu menarik, tapi lebih ke perbedaan penampilannya. Perbedaan-perbedaan kecil yang menonjol dari ras kucing ini membuatnya semakin istimewa.

Ciri-ciri Kucing Savannah

Karakteristik Kucing Savannah

Selain dikenal dengan bulu yang memiliki warna dan motif berbeda dibandingkan pada umumnya, kucing savannah juga mempunyai bentukan unik pula. Kucing jenis ini dianugerahi kepala yang hampir segitiga dengan bulu lebat dan panjang disekitarnya.

Savannah adalah ras kucing yang mempunyai leher panjang untuk menyesuaikan diri dilingkungan yang tinggi. Selain mempunyai kepala unik cenderung aneh, ia juga memiliki telinga yang cukup panjang dan besar dibandingkan ukuran telinga kucing pada umumnya.

Kucing ini termasuk memiliki pendengaran yang sensitif karena keunikan bentuk telinganya. Meski berbadan tambun, ia memiliki ekor yang tidak panjang dan tidak pendek pula. Ekor sedang dari savannah ini memudahkan orang membedakan ras savannah dengan indukannya, yakni kucing liar asli Afrika.

Baca Juga  Mata Kucing Berair : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Savannah sering dianggap bukan kucing karena penampakan kedua kaki belakangnya yang lebih mirip kelinci dibanding kucing. Hewan ini mempunyai kedua kaki bagian belakang yang lebih panjang dengan kaki depan sedikit pendek. Kedua kaki semacam ini memudahkan savannah untuk melompat.

Keunikan dari savannah sering dijadikan referensi para pecinta kucing yang merasa tertantang untuk menjinakkan rasnya. Kucing jenis ini memiliki waktu pendewasaan cukup lama dibandingkan jenis kucing lainnya. Savannah bisa dianggap dewasa setelah usianya menginjak 3 tahun.

Cara Merawat Kucing Savannah

Sejarah Kucing Savannah

Kucing satu ini membutuhkan perawatan rutin yang gampang-gampang susah. Perawatannya cenderung gampang karena bisa dilakukan mandiri tanpa bantuan orang lain. Namun ini bisa sulit jika pemiliknya tidak memiliki waktu luang untuk merawatnya di rumah.

Savannah adalah kucing dengan jenis bulu pendek dan lebat. Untuk itu, perawatannya hanya perlu disisir sehari dua kali. Penyisiran bulu savannah ini berguna untuk menghilangkan rambut-rambut mati dan rontok dari tubuhnya. Perawatan bulu tersebut bisa sekaligus membersihkan lingkungan dari kotoran bulu kucing.

Perawatan lain yang harus dilakukan untuk savannah adalah terhadap giginya. Kucing ini harus disikat giginya secara rutin supaya tidak terserang periodontal. Penyakit semacam ini bisa mengganggu kesehatan savannah karena kuman yang berkembang di mulutnya.

Baca Juga  Kucing Munchkin : Fakta, Jenis dan Harganya

Membersihkan savannah perlu dilakukan dengan hati-hati. Alasan harus waspada saat merawat savannah adalah untuk melindungi diri sendiri dari kegalakan savannah. Kucing satu ini biasanya akan sedikit garang antipati saat dibersihkan.

Sikap antipati yang dimiliki savannah membuatnya tidak segan untuk melukai pemiliknya sendiri.Selain hati-hati, saat membersihkannya akan lebih baik jika menggunakan alat khusus.Supaya lebih aman, membersihkan savannah juga bisa dilakukan di kandang dengan cairan tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *