kucing siam

Kucing Siam: Ciri-Ciri, Jenis dan Cara Perawatannya

Posted on

Kucing Siam – Pernahkah Anda mendengar istilah kucing siam? Sebagai pecinta kucing pasti sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Banyak sekali spesies kucing yang hidup di Indonesia dan salah satunya adalah kucing lucu ini.

Siam adalah kelompok kucing oriental pertama di Indonesia dengan berbagai karakteristiknya. Siam sendiri sebenarnya kucing asli negara tetangga yaitu Thailand, yang hijrah ke Indonesia. Kucing ini akrab dengan julukan si manis Meezer.

Kucing berkebangsaan Thailand ini memang sangat populer di dunia pecinta binatang. Jika Anda juga tertarik dengannya berikut sedikit ulasan tentang si Meezer ini.

Ciri-ciri Kucing Siam

Ciri-ciri Kucing Siam

Kucing ini memiliki penggemar fanatik yang sudah ada sejak abad ke delapan belas. Si Meezer ini adalah keturunan asli dari siam Thailand yang pertama kali dikenalkan ke kerajaan Inggris sebagai hadiah. Mulai dari peristiwa itulah, seekor siam sangat digemari hingga sekarang, apalagi di wilayah Eropa.

Kucing satu ini sangat pas jika dipilih menjadi salah satu peliharaan di rumah Anda. Kucing ini memiliki ciri-ciri yang sangat pas untuk hewan rumahan. Supaya hobi Anda bersama hewan karnivora ini bisa selaras, kenali beberapa cirinya berikut ini.

* Badan

Kucing imut ini memiliki bentuk badan yang ramping dibandingkan jenis kucing lainnya. Kucing jenis siam ini sering disebut kucing model karena kemolekan tubuhnya. Apabila dibandingkan dengan kucing lainnya, kucing ini sangat menang dari segi kesexyan, tapi tetap lucu dan menggemaskan.

Kucing yang diadopsi langsung dari negara tetangga ini ketika dewasa beratnya sama dengan rata-rata berat badan bayi usia satu tahun. Meezer jantan yang telah dewasa beratnya bisa mencapai empat sampai dengan tujuh kilogram. Sedangkan meezer betina beratnya hanya sekitar lima kilogram saja.

Baca Juga  Kucing Persia Medium: Ciri-ciri, Jenis dan Perawatannya

* Bulu

Ciri dominan yang dimiliki si Meezer ini berikutnya ada pada bagian bulu. Bulu yang dimiliki meezer lebih jelas perbedaanya dengan kucing-kucing lainnya baik domestik maupun kampung. Meezer adalah salah satu spesies fauna yang berbulu pendek tapi lucu dan menggemaskan.

Bulu meezer meskipun pendek tetap memiliki daya tarik tersendiri. Kucing ini memiliki kombinasi warna di bulunya sehingga lebih khas. Bulu dari siam ini bermacam-macam mulai dari yang polos hingga yang hadir dengan corak titik merah, titik coklat tua, biru, grey maupun warna corak ungu.

* Wajah

Meezer selain memiliki warna, corak bulu yang menarik, serta lucu, ia juga memiliki bentuk wajah yang unik. Kucing ini wajahnya tidak terlalu kecil dan juga tidak begitu besar. Hidungnya juga agak mancung. Ia memiliki ciri khas mata bulat besar dengan kornea yang menyala berwarna biru terang.

* Kaki

Ciri selanjutnya dari meezer adalah kakinya yang jenjang bak model. Mungkin jika di dunia hewan ada ajang pemilihan model, spesies ini akan menduduki posisi utama. Kaki siam lebih panjang dari pada kaki kucing pada umumnya, ukurannya juga pas dengan badannya.

Secara umum, kaki seekor meezer jantan bisa mencapai tinggi sekitar enam puluh cm dan si betina akan mencapai lima puluh tiga cm. Namun, tetap saja, kucing ini lebih terkenal dengan bulunya yang unik untuk memperjelas kalau itu meezer.

* Ekor

Ciri terakhir dari siam adalah bagian ekor, dimana ekornya lebih panjang dari kucing pada umumnya. Panjang ekor meezer bisa mengimbangi berat badan dan tinggi badannya. Ekor meezer juga dipenuhi bulu dengan corak yang menjadi ciri khasnya.

Karakteristik Kucing Siam

Karakteristik Kucing Siam

Kucing ini adalah hewan peliharaan yang banyak digemari. Kucing ini banyak digemari karena perawakannya yang lucu dan menggemaskan. Kucing yang aslinya spesies Thailand ini selain menarik wujudnya juga memiliki karakteristik yang memikat.

Kucing meezer ini sangat ramah menjadi seekor binatang sehingga mudah akrab dengan majikannya. Meezer juga sangat cerdas dibandingkan hewan peliharaan lainnya. Kucing cerdas ini akan mudah diajari kedisiplinan dengan cepat dan tepat.

Meezer juga sejenis kucing yang lincah dan tidak menyukai dikurung dalam kandang. Kucing ini akan lebih senang di lepas di rumah maupun diajak berjalan-jalan di luar rumah. Kucing ini akan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang menurutnya cocok.

Meezer juga sangat cocok untuk Anda yang suka ketenangan karena suaranya lembut. Kucing ini akan cepat beradaptasi pada seorang yang memberinya perhatian. Kucing ini memiliki karakter senang dimanja dan diperhatikan. Ia pun senang mengekor pemiliknya karena tidak senang sendirian.

Jenis Kucing Siam

Jenis Kucing Siam

Hal yang perlu Anda ketahui berikutnya sebelum memutuskan mengadopsi kucing ini adalah jenis-jenisnya. Penting mengetahui jenis kucing ini karena cirinya berbeda dan agar Anda tidak keliru penyebutannya. Beberapa jenis kucing siam ini antara lain sebagai berikut.

* Tradisional

Jenis pertama dari kucing meezer adalah jenis tradisional. Kucing tradisional adalah jenis siam yang paling besar dibanding yang lainnya. Kucing tradisional sering juga disebut dengan si kepala apel. Penyebutan tersebut berasal dari bentuk kepala kucing tradisional ini yang dianggap menyerupai buah apel.

Penamaan kucing dengan nama buah ini pertama kali dipelopori oleh INC. Kucing tradisional paling pertama populer di Indonesia dibanding jenis meezer lainnya. Siam jenis ini biasanya diuji kekuatan ekornya yang dapat menopang berat tubuhnya.

* Klasik

Jenis meezer berikutnya adalah kucing klasik. Alasan penamaan klasik diperoleh dari bentuk tubuhnya yang hampir menyerupai kucing tradisional. Kucing klasing memiliki wajah bulat dan ukuran tubuh yang agak besar.

Kucing jenis ini lebih akrab di masyarakat dengan nama kuno dari pada klasik. Ia memiliki kaki serta ekor dengan ukuran lebih panjang dibandingkan jenis meezer yang lain. Kucing klasik ini apabila diamati, badannya akan terlihat lebih panjang dari jenis lain.

Varian meezer yang satu ini bentuk wajahnya agak berbeda dengan kucing tradisional di bagian hidungnya. Ia memiliki tulang hidung yang kecil. Kebanyakan kucing meezer yang memiliki gangguan kesehatan adalah dari jenis ini.

Baca Juga  5 Makanan Kucing Anggora dan Cara Merawat Anaknya

* Modern

Jenis terakhir dari meezer adalah kucing modern. Kucing meezer ini disebut modern karena yang paling pertama mengikuti perkembangan rekayasa genetika. Kucing modern adalah kombinasi perkawinan kucing meezer tradisional dengan kucing meezer klasik.

Nama lain jenis kucing modern ini adalah kepala baji. Alasan penamaan ini juga berasal dari bentuk kepalanya yang menyerupai baji. Meskipun berasal dari sebuah proses persilangan, induk kucing meezer jenis ini juga memiliki ciri yang hampir sama dengan siam pada umumnya.

Menurut penelitian, kucing meezer jenis ini hanya mampu bertahan hidup sampai kisaran umur dua hingga lima tahun. Kucing ini lebih rentan mengalami masalah kesehatan karena merupakan hasil rekayasa genetika dengan gen yang sedikit berubah.

Cara Perawatan Kucing Siam

Cara Perawatan Kucing Siam

Saat memelihara kucing siam Anda juga harus memperhatikan cara perawatan kucing ini. Kucing ini bisa dirawat dengan rutin digosok giginya setidaknya setiap empat hari sekali. Kegiatan menggosok gigi ini bertujuan untuk menjaga kesehatan giginya dari keropos.

Baca Juga  Scabies Kucing: Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kucing meezer juga harus rutin disisir supaya bulunya lebih rapi dan indah. Penyisiran ini bisa juga dilakukan untuk mendekatkan diri dengan meezer. Perawatan bulu bisa juga dilakukan dengan rutin mengkramasinya. Rambut kucing juga harus rutin diberi obat kutu supaya tetap bersih dan terawat.

Harga Kucing Siam

Harga Kucing Siam

Hewan peliharaan ini memiliki harga jual yang cukup variatif. Harga kucing siam di pasaran bisa berkisar antara tiga ratus ribu sampai dua juta setengah. Patokan harga tersebut juga berdasarkan jenisnya, sehingga setiap jenis memiliki harga berbeda pula.

Kucing meezer yang paling tinggi harganya biasanya jenis modern karena spesiesnya yang masih jarang ditemukan dibanding jenis lainnya. Jenis siam yang paling laku di pasaran adalah jenis klasik karena harganya yang lebih murah dibanding lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *