Kura Kura Brazil

Yuk Ikuti Cara Merawat Kura Kura Brazil agar Tetap Sehat

Posted on

Cara Merawat Kura Kura Brazil – Bingung memilih hewan peliharaan? Selain kucing, anjing, kelinci, hamster pilihan yang cukup menarik adalah memelihara kura-kura. Salah satu jenis yang paling digemari adalah kura-kura Brazil.

Kura-kura yang memiliki warna semburat merah di belakang matanya ini tak terlalu sulit dipelihara apalagi dibudidayakan. Hewan ini berasal dari Amerika Serikat tapi sifatnya yang mudah beradaptasi memudahkan untuk dipelihara di Indonesia.

Bagaimana cara merawat kura kura Brazil yang benar agar mereka tetap sehat? Supaya tak salah memelihara, yuk cari tahu apa saja yang harus kamu lakukan.

Kenalan Dulu dengan Kura Kura Brazil sebelum Memelihara

harga Kura Kura Brazil

Sebelum memutuskan memelihara kura-kura Brazil, sebaiknya kamu tahu terlebih dahulu seperti apakah hewan ini. Hewan peliharaan yang satu ini memiliki tempurung yang warnanya campuran dari hijau dan juga kuning.

Umur kura-kura ini bisa mencapai 20 tahun, jadi kamu masih memiliki waktu yang lama untuk bermain bersama mereka. Besar tubuh mereka ketika sudah mencapai usia dewasa bisa sampai 30 cm panjangnya.

Cara berkembangbiaknya adalah dengan bertelur, sama seperti jenis kura-kura lainnya. Sekali bertelur mereka bisa menghasilkan 20 sampai 45 butir. Mereka memiliki waktu bertelur khusus yaitu bulan Agustus sampai September.

Semua telur kura-kura butuh 3 minggu untuk akhirnya bisa menetas. Supaya tak salah memilih, kamu juga harus tahu perbedaan antara kura-kura jantan dan betina. Kura-kura jantang memiliki cakar pada kaki depan yang lebih panjang.

Sedangkan kura-kura betina bisa dilihat dari letak kloaka yang lebih dekat pada tempurung dibandingkan sang jantan. Jika cara merawat kura kura Brazil tidak benar mereka akan mudah terserang penyakit.

Baca Juga  Scabies Kucing: Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa gejala yang bisa diperhatikan jika mereka sakit. Pertama nafsu makan berkurang bahkan tak mau makan sama sekali. Kura-kura juga akan terdengar pilek ditambah mata bengkak dan pada tempurungnya muncul bercak putih.

Kura-kura yang sakit sebaiknya langsung di bawa ke dokter hewan dan perawatan ekstra harus diberikan. Misalnya kebersihan air harus selalu dijaga, suhu air harus dinaikan sampai 30 derajat Celcius.

Makanan juga harus terus menerus diberikan agar mereka bisa membangun imun pada tubuh dan melawan penyakit. Walaupun jarang terdengar suaranya seperti kucing maupun anjing, kura-kura adalah hewan peliharaan yang sangat manis.

Harga kura kura Brazil sendiri untuk anakan yang panjangnya masih sekitar 3 cm sekitar 30 ribu. Tapi jika usianya sudah dewasa dan cukup besar harganya bisa sampai 200 ribuan.

Sangat disarankan jika ingin memelihara memilih kura-kura yang masih kecil karena akan sangat menyenangkan melihat pertumbuhan mereka. Selain itu kura-kura yang masih kecil juga lebih mudah beradaptasi.

7 Cara Merawat Kura Kura Brazil agar Berumur Panjang

Cara Merawat Kura Kura Brazil

Sudah yakinkan kamu untuk memelihara kura kura Brazil? Pertanyaan ini harus dijawab sebelum akhirnya kamu menentukan untuk membeli kura-kura. Karena umur hewan ini cukup panjang jika dipelihara dengan baik.

Selain itu juga memelihara hewan artinya kamu memiliki tanggung jawab lebih terhadap kehidupan mereka. Kesadaran ini harus kamu pahami sejak awal agar nantinya di tengah perjalanan merawat tak muncul rasa bosan hingga lupa memberi makan.

Apabila kamu sudah benar-benar yakin dan sanggup, mulailah mengikuti
cara merawat kura kura Brazil agar mereka sehat dan berumur panjang berikut.

1. Menyiapkan anggaran bulanan untuk pemeliharaan

Sama seperti manusia, kura-kura juga membutuhkan beberapa peralatan dan makanan untuk pemeliharaan. Tentu saja perhitungannya harus dilakukan sejak awal supaya kamu siap betul.

Biaya yang banyak dikeluarkan adalah di awal, kamu harus membeli kandang, kura-kura dan juga makanan. Kandang kura-kura sendiri dari yang ukuran kecil adalah sekitar 60 ribu. Tapi jika ingin yang bagus sekalian sekitar 100 ribu ke atas.

Kamu bisa memilih kura-kura dengan harga 30 ribu hingga ratusan ribu tergantung yang disukai. Sedangkan untuk makanannya yang berupa pelet sekitar 10 ribu untuk ukuran kecil.

Jadi total yang harus dikeluarkan di awal adalah sekitar 300 ribuan dan biaya pemeliharaan bulanan tak sampai 100 ribu. Tapi itu belum biaya perawatan ke dokter untuk cek atau ketika kura-kura sakit.

2. Mempersiapkan kandang kura-kura

Selesai memperkirakan biaya pemeliharaan, kamu bisa mulai dengan mempersiapkan kandang yaitu berupa aquarium. Cara mudahnya tentu dengan membeli di toko, tapi kamu juga bisa membuat desain khusus dan memesannya di tukang kaca.

Ada beberapa hal penting untuk diperhatikan soal aquarium kura-kura. Pertama adalah ukuran tangki, untuk kura-kura usia 1 tahun dibutuhkan aquarium ukuran 100 liter. Sedangkan kura-kura dewasa bisa membutuhkan aquarium ukuran 400 liter.

Akuarium harus terbuat dari bahan kaca yang tebal supaya aman. Tak perlu memenuhi aquarium dengan air karena kamu tidak memelihara ikan. Isi secukupnya agar kura-kura bisa berenang dan hias aquarium seperti habitat asli mereka.

Khusus untuk hiasan, hindari menggunakan baru yang sama digunakan pada akuarium ikan. Cukup berikan hiasan tanaman air yang hidup karena juga berfungsi sebagai penyaringan air.

Di atas aquarium siapkan penutup agar tidak ada benda yang jatuh ke dalam air dan menimbulkan kontaminasi. Jangan lupa pasang juga filter aquarium agar air tetap bersih.

Filter ini akan menyaring kotoran kura-kura. Karena kotoran mereka lebih padat dari kotoran ikan, maka harus sering membersihkan filter yang dipasang.

3. Memilih kura-kura Brazil yang sehat

Selalu beli kura-kura atau hewan peliharaan di toko hewan yang terpercaya. Karena di sana setidaknya kesehatan dan asal usul hewan jelas. Tanyakan juga kepada teman yang mungkin saja beternak kura-kura Brazil.

Jika masih kesulitan untuk mendapatkannya, carilah informasi dari pecinta hewan melalui internet. Cari lokasi mana yang terdekat dengan lokasimu untuk mendapatkan kura-kura.

Setibanya di lokasi kamu harus tahu manakah hewan yang sehat atau tidak. Caranya adalah memperhatikan bagaimana toko hewan tersebut memelihara. Seperti apakah tanki tempat memelihara bersih dan airnya jernih.

Kura-kura yang sehat juga akan tampak aktif, tidak lemas. Cek bagian mata kura-kura apakah tampak jernih tidak terlihat kelainan seperti bengkak. Jika sudah yakin dengan pilihanmu maka jangan ragu untuk membeli.

Pertimbangkan juga untuk membeli sepasang agar mereka tidak kesepian di dalam aquarium. Setelah membeli, jika kamu masih tidak yakin dengan kesehatan kura-kura tersebut bisa langsung pergi ke dokter hewan.

Dokter akan memeriksa kondisi kura-kura tersebut sehat atau tidak. Jika ada kendala dengan kesehatannya maka kamu akan diberikan cara merawat kura kura Brazil baru tersebut.

4. Mengatur Suhu Air

Setelah memasukan kura-kura ke dalam aquarium, kamu bisa mengatur suhu air. Mereka membutuhkan suhu yang hangat yaitu antara 25,5 hingga 26,5 derajat Celcius.

Tapi jika kura-kura sedang sakit maka suhu harus ditingkatkan menjadi 26,5 hingga 27,5 derajat Celcius. Sedangkan suhu keseluruhan adalah 24 hingga 28 derajat Celcius.

Supaya suhu udara dan air terasa hangat, kamu bisa memberikan sinar UVA dan UVB tambahan menggunakan lampu. Lampu ini harus diganti setiap 6 bulan sekali. Pastikan juga bahwa kura-kura tidak dapat menjangkau lampu.

Lampu hanya perlu dinyalakan selama beberapa jam sekali agar suhu tidak terlalu panas. Panas lampu tersebut akan membuat suhu permukaan menjadi 10 derajat lebih hangat.

Baca Juga  12 Jenis Ikan Air Tawar Ini Sangat Mudah Dipelihara

5. Menjemur kura-kura dan diajak bermain

makanan kura kura brazil

Jemur kura-kura setiap beberapa hari sekali karena penting untuk mereka mendapatkan sinar matahari langsung. Cukup keluarkan kura-kura bersama dengan kandangnya.

Bisa juga menjemur mereka di kolam air buatan. Sinar matahari pagi yang bagus antara jam 8 hingga 10. Lama penjemuran sebaiknya maksimal 30 menit saja supaya mereka tidak terlalu panas.

Jika kamu tidak sempat mengawasi, dekatkan aquarium dengan area yang sedikit teduh jadi mereka tidak akan kepanasan. Bermain adalah cara merawat kura kura Brazil yang benar karena akan membuat mereka senang.

Hati-hati saat mengangkatnya karena mereka tidak suka dipegang. Kura-kura suka digaruk tempurungnya perlahan, tapi jika mereka menggigit artinya kura-kura tidak suka.

Selalu ajak mereka berinteraksi dengan lembut karena kura-kura adalah hewan yang sangat sensitif. Di dalam tempurung mereka banyak sekali saraf yang tersebar inilah yang menjadikan mereka sensitif ketika digaruk.

6. Memberikan makanan yang tepat

Makanan kura kura Brazil yang tepat adalah sayuran dan juga tanaman air. Mereka perlu diberikan sayuran lebih banyak porsinya dibandingkan pelet dan makanan lainnya.

Jenis sayuran yang disukai adalah wortel, sawi, kelapa, dandelion dan labu. Sedangkan tanaman air yang bisa diberikan seperti teratai, selada air, eceng gondok dan lumut tanduk.

Tanaman air harganya lebih mahal dibandingkan sayuran, jadi porsinya bisa dibatasi dan hanya diberikan sebagai camilan saja. Ada jenis makanan yang dihindari yaitu buah-buahan, karena mereka tidak memakannya.

Jenis makanan lain yang harus dihindari adalah udang. Kura-kura sangat menyukai udang, tetapi jika diberikan mereka akan menolak makan sayuran. Jadi sebaiknya tidak memberikan udang kering adalah pilihan tepat.

Jika ingin membeli pelet sebaiknya perhatikan komposisinya. Pelet yang baik untuk kura-kura adalah mengandung protein tinggi serta lemak yang rendah. Selain sayur dan pelet, kura-kura juga suka dengan daging mentah.

Daging adalah sumber protein bagi tubuh mereka, tapi jika diberikan berlebihan akan membuat mereka obesitas. Jadi sebaiknya perhatikan jumlah yang diberikan. Kamu juga bisa membuat daging mentah sebagai camilan mereka.

Ikan beku atau ikan laut juga harus dihindari karena ikan memiliki bakteri yang berbahaya bagi kesehatan kura-kura.

7. Selalu menjaga kebersihan

Satu lagi cara merawat kura kura Brazil agar mereka tetap sehat adalah dengan menjaga kebersihan. Khusus untuk aquarium, filter saja tidak cukup untuk membersihkan air. Filter harus dibersihkan setiap minggunya.

Aquarium juga harus dikuras setidaknya sebulan sekali. Supaya hiasan di dalam aquarium tidak berlumut dan kotor. Ganti air ketika pengurasan dilakukan. Gunakanlah air bersih dengan pH kurang lebih tujuh dan tidak memiliki endapan kapur.

Menjaga kebersihan bukan hanya untuk kura-kura tetapi juga diri sendiri. Apabila kamu selesai memegang kura-kura segeralah cuci tangan dengan sabun. Jangan langsung menyentuh benda lain apalagi rambut dan pakaian.

Cukup mudah bukan untuk memelihara kura-kura Brazil? Asalkan sabar dan juga rutin memperhatikan mereka, kura-kura akan selalu sehat dan berumur panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *