Lovebird Biola

Lovebird Biola : Jenis, Karakteristik dan Harganya

Posted on

Lovebird Biola – Bagi para pecinta dunia burung, nama lovebird tentu sudah sangat tidak asing. Salah satu jenis lovebird yang sering dijadikan idola berkat gelar ‘premium’ yang dimilikinya adalah jenis biola.

Lovebird biola adalah nama yang disematkan untuk jenis lovebird yang dihargai jutaan, bahkan sampai 28 juta rupiah.

Harganya yang begitu melambung membuat lovebird ini diberi gelar ningrat atau darah biru. Menariknya, jenis lovebird ini tidak hanya terdiri dari satu atau dua varian saja, melainkan ada delapan jenis lovebird biola. Apa sajakah jenisnya? Berikut daftar lengkapnya.

Jenis-jenis Burung Lovebird Biola

Jenis-jenis Burung Lovebird Biola

Burung lovebird jenis biola ini memiliki kurang lebih 10 jenis dengan penampilan fisik yang begitu menawan dan suara merdu khas nyanyian. Perbedaan bentuk fisiknya hanya terletak pada bagian warna bulunya saja. Berikut daftar lengkapnya.

1. Lovebird Biola Biru

Jenis lovebird yang satu ini memiliki nama lengkap lovebird blue opaline yang memiliki ciri khas warna biru dengan kepala putih sable head atau istilahnya kepala elang. Jika dilihat sekilas, kepala milik biola biru ini menyerupai burung elang dengan warna putih bersih debatas leher.

2. Green

Jenis selanjutnya ini termasuk salah satu yang paling umum dan sering dijumpai. Ia memiliki ciri dominan hijau dengan bagian sayap yang seakan menampilkan motif batik dan kepala sable berwarna merah cerah. Umumnya, para pemula dalam dunia burung memilih jenis ini untuk dipelihara.

3. Lutino

Burung lovebird biola ini memiliki ciri khas dengan warna khas kuning bersih pada bagian leher dan tubuhnya. Pada bagian kepala, jenis ini memiliki warna merah dengan sedikit sentuhan orange berbentuk kepala elang.

Sedangkan pada bagian ujung sayap, terdapat warna agak putih dengan gradasi kuning dan orange kemerahan di bagian ujung ekor. Pada bagian kaki, jenis lutino ini memiliki warna putih yang menawan. Warna di kakinya inilah yang membuat burung biola lutino terlihat berbeda dari jenis lainnya.

4. Parblue

Ingin memelihara yang berstatus langka dan tidak banyak dimiliki oleh orang lain? Anda bisa memilih jenis parblue. Jenis yang satu ini memang tergolong masih langka dan sedikit yang berhasil melakukan persilangan lovebird ini.

Faktanya, melakukan persilangan terhadapnya memang cukup mudah, namun tidak semua akan berhasil melakukannya. Jika ingin berhasil melakukan persilangannya, maka Anda perlu jenis lovebird biola blue possible parblue untuk disilangkan dengan lovebird parblue pastel betina.

5. Euwing

Lovebird biola satu ini sangat mudah dikenali dibanding dengan jenis lain yang terlihat serupa. Hal ini dikarenakan jenis euwing memiliki ciri khas berupa sayap di bagian belakangnya yang terlihat seperti huruf V.

Corak V yang ada di punggung euwing ini mempermudah untuk membedakannya dengan jenis lovebird lain yang umumnya hanya berbeda di bagian warna bulu saja.

6. Merah

Sama seperti jenis parblue, lovebird biola merah juga tergolong sangat langka di Indonesia. Dengan tubuh yang didominasi oleh warna merah pekat, jenis lovebird biola ini sulit untuk dicetak atau dikembangbiakkan. Informasi budidayanya pun masih sangat minim.

7. Fallow

burung lovebird biola

Jika dilihat dari ciri fisiknya, fallow memiliki sedikit kemiripan dengan lovebird lutino. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki warna merah sedikit orange di bagian kepala yang melebar sampai ke bagian dadanya.

Menariknya, pada bagian bulu kuningnya, terdapat semburat samar berwarna hijau yang membuat fisik dari lovebird fallow ini terlihat lebih menawan.

Baca Juga  Burung Tledekan : Karakter, Jenis dan Cara Merawatnya

8. Fischeri

Pada dasarnya, burung fischeri ini termasuk dalam keluarga biola green atau hijau. Hal ini dikarenakan jenis lovebird fischeri ini pada dasarnya berasal dari jenis lovebird sayur atau lovebird josan.

Perbedaannya hanya terletak pada batas warna merah atau orange di bagian kepalanya. Hal ini membuat kepala dari lovebird fischeri terlihat lebih tegas layaknya kepala burung elang.

9. Isabella

Jenis lovebird biola satu ini memiliki karakteristik yang unik dan berbeda dari jenis lain. Hal ini berkaitan dengan perpaduan warna pada jenis ini yang terlihat sangat menarik. Ia memiliki kepala dengan warna orange yang menyebar sampai pada area leher.

Berbeda dengan bagian atas badannya, bagian sayap dari lovebird ini memiliki warna hijau yang cenderung lebih pekat dengan pinggiran bulu berwarna sedikit hitam. Meski memiliki warna kontras, burung isabella tetap terlihat menawan.

Tidak hanya unggul dari segi fisik saja, jenis burung ini juga memiliki kicauan merdu dan menghanyutkan. Salah satu bukti kecerdasannya adalah kemampuan burung isabella dalam menirukan kicauan burung lain maupun suara manusia.

10. Blue Series

Tidak kalah menarik dari jenis lain, lovebird jenis biola blue series ini menawarkan tampilan fisik berwarna biru menawan bercampur dengan putih ke abu-abuan. Berbeda dengan jenis lovebird blue biasa, versi blue series ini terlihat lebih menarik dari segi fisiknya.

Bagian kepalanya memiliki warna putih dengan sedikit tambahan garis abu-abu. Sedangkan bagian lehernya memiliki warna putih dengan gradasi biru terang. Terlihat lebih menonjol, bagian sayapnya berwarna biru dengan totol putih yang terlihat semakin cantik.

Harga Burung Lovebird Biola

Harga Burung Lovebird Biola

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, Anda tentu menjadi penasaran dengan harga jual dan beli dari setiap jenis lovebird biola ini. Fisik menawan lengkap dengan kicauan yang merdu membuat banyak orang gemar memelihara lovebird jenis biola sebagai peliharaannya.

Dibanderol dengan harga yang bervariasi, Anda perlu merogoh kocek lebih dalam jika ingin mendapatkan burung lovebird satu ini. Harga yang ditawarkan ini juga cukup sepadan mengingat lovebird jenis ini sulit untuk dikembangbiakkan. Berikut daftar harga lovebird biola tersebut.

* Euwing

Jenis euwing di Indonesia dibanderol dengan harga yang cukup mahal yakni Rp. 4.000.000. Warna yang menawan, kicauan merdu, dan karakteristik yang unik memang patut disematkan pada jenis euwing ini.

* Blue Series

Penggemar lovebird yang tertarik dengan warna biru menawan nampaknya harus rela merogoh kocek lebih dalam lagi untuk bisa memiliki jenis blue series ini. Dibanderol dengan harga Rp. 7.500.000, Anda akan mendapatkan satu burung lovebird jenis ini.

* Lutino

Setara dengan blue series, harga lovebird biola satu ini juga berkisar pada angka Rp. 7.500.000. Harga ini termasuk cukup tinggi mengingat jenisnya yang memang terlihat sangat menarik.

* Blue

Ingin memiliki lovebird bercorak biru namun belum mampu memiliki blue series? Anda bisa menjatuhkan pilihan pada jenis blue yang memiliki rate harga sedikit lebih rendah dibanding blue series. Dengan Rp. 3.000.000, Anda sudah bisa membawa pulang jenis ini.

* Parblue

Jenis parblue cukup banyak diminati oleh para pecinta burung di Indonesia. Jika Anda ingin menjadi salah satu pemiliknya, maka bisa menyiapkan kocek sebesar Rp. 5.000.000. Tertarik?

* Isabella

Menjadi primadona bagi para penggila lovebird, si cantik isabel bisa Anda dapatkan dengan merogoh kocek sebesar Rp. 5.000.000. Harga yang cukup fantastis untuk jenis burung yang terlihat cantik dengan kicauan merdu dan cerdas ini.

Baca Juga  Cermati Ini 10 Ciri Murai Medan Asli Supaya Tak Salah Beli

* Fallow

Tidak mau kalah dari jenis lain, biola jenis fallow ini juga dibanderol dengan harga fantastis yang cukup mengejutkan yakni Rp. 5.000.000. Harganya yang cukup tinggi ini memang setara dengan keahlian dan fisiknya yang juga menawan.

* Merah

Si Merah yang juga menawan lengkap dengan fisik dan kicauan merdunya ini dibanderol dengan harga yang tidak terlalu tinggi yakni Rp. 3.000.000. Harga ini tentu setara dengan kualitas dari kicauan dan tampilan fisiknya yang menakjubkan.

* Fischeri

Ingin terlihat sultan lewat jalur burung Lovebird? Anda bisa memiliki jenis fischeri yang dibanderol dengan harga super fantastis yakni Rp. 28.000.000. Nyaris menyentuh angka Rp. 30.000.000, kaum sultan banyak yang tergiur untuk memiliki fischeri ini.

Bagi sebagian orang, harga ini mungkin terdengar konyol dan tidak masuk akan. Faktanya, harga dari fischeri ini setara dengan tingkat keunikan fisik dan kicauannya yang juga menakjubkan.

Karakteristik Burung Lovebird

Karakteristik Burung Lovebird

Disebut dengan sebutan burung darah biru, burung lovebird biola memiliki karakteristik yang disukai oleh banyak pecinta burung. Berikut ciri umum dari burung lovebird jenis biola ini.

* Memiliki Warna Cerah di Bagian Kepala

Ciri pertama yang paling mudah untuk dikenali adalah warna cerah pada bagian kepala. Warna cerah yang dimaksud adalah orange, merah, kuning, dan hijau. Sedangkan pada bagian badan terlihat lebih gelap dan bagian ekor yang lebih mengikuti warna bagian kepalanya.

* Kaki Berwarna Putih Keabuan

Kebanyakan burung lovebird memiliki kaki dengan warna putih yang dipadukan dengan abu-abu. Sedangkan bagian kukunya berwarna putih tulang dengan warna yang mengkilap.

Baca Juga  Cara Master Kacer agar Suara Cepat Gacor dan Siap Lomba

* Suara Kicauan Khas

Berbeda dengan burung lain, lovebird jenis biola memiliki suara kicauan yang khas dan unik. Jika Anda mendengarkannya dengan baik, akan terdengar dengan jelas bahwa suara dari burung lovebird jenis biola ini memang berbeda dengan burung lain.

Jadi, jenis mana yang ingin Sahabat JH miliki? Jika ingin membelinya, hitung dulu budget yang Anda miliki dan cari varian lovebird jenis biola yang paling Anda sukai di kisaran tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *