Memelihara hamster

Selain Biji Matahari, Ini 13 Makanan Hamster Lainnya

Posted on

Makanan Hamster – Hamster merupakan salah satu binatang lucu dan imut. Tentu saja hal ini membuatnya banyak dipelihara.

Namun, memeliharanya tentu membuat Anda harus memberikan makanan hamster yang tepat agar hewan menggemaskan tersebut bisa hidup dengan baik.

Cara memelihara hamster tidak boleh sembarangan. Meskipun hamster termasuk binatang omnivora, Anda juga tetap waspada dalam memberikannya makanan.

Rekomendasi Makanan Hamster yang Baik dan Sehat

rekomendasi Makanan Hamster

Makanan tersebut harus mudah dicerna dalam perutnya. Berikut daftar makanan yang baik dan sehat untuk hamster

1. Gabah

Gabah merupakan salah satu makanan pokok untuk hamster. Makanan ini merupakan jenis padi yang masih terbungkus dengan kulitnya. Gabah dipercaya sangat baik untuk dikonsumsi oleh hamster karena dapat mempengaruhi perkembangan hamster.

Kandungan yang ada di dalam gabah dapat dijadikan sebagai sumber karbohidrat, supaya energi hamster terpenuhi untuk tetap bergerak aktif. Kulit ari yang ada di dalam gabah juga kaya akan vitamin D yang manfaatnya baik untuk pertumbuhan hamster.

Gabah sangat mudah diperoleh dan Anda dapat membelinya di toko-toko pakan unggas. Jika gabah dapat dikonsumsi oleh hamster setiap hari, hamster dapat tumbuh secara cepat dan juga sehat tentunya.

2. Biji Bunga Matahari

Makanan hamster yang sehat selain gabah adalah biji bunga matahari atau biasa disebut dengan kuaci. Biji bunga matahari merupakan makanan kesukaan hamster. Akan tetapi, biji bunga matahari ini cukup dijadikan sebagai makanan selingan saja, jangan dijadikan sebagai bahan makanan pokok.

Jika biji bunga matahari terlalu sering dikonsumsi oleh hamster juga tidak baik, karena mengandung lemak tinggi dan dapat membuatnya mengalami obesitas. Supaya hamster mendapatkan gizi yang seimbang, Anda dapat memberikan takaran secukupnya saja.

Baca Juga  Hobi Mancing, Coba 4 Racikan Umpan Ikan Lele Ini

3. Beras Merah

Beras merah merupakan salah satu jenis makanan hamster yang tidak jauh berbeda dengan gabah. Sumber karbohidrat yang terkandung di dalam gabah menjadi sumber energi yang sangat baik. Selain itu, beras merah sangat baik untuk dikonsumsi olehnya karena dapat memacu perkembangan otaknya.

Bukan hanya karbohidrat saja, beras merah juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin E, vitamin B, magnesium, dan zat besi yang bisa membuat hamster aktif dan kuat. Kandungan vitamin tersebut tentu dapat membantu hamster untuk bekerja secara baik dan sehat.

Beras merah sendiri dapat Anda jumpai di toko-toko sembako, pasar atau supermarket. Jenis beras ini dapat dijadikan sebagai makanan pokok bagi hamster.

4. Jagung

Jagung merupakan salah satu jenis makanan yang hampir sama dengan gabah dan beras merah. Makanan ini memiliki banyak kandungan karbohidrat yang dapat memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Kandungan karbohidrat jagung mencapai 80 % sebagai energi untuk dapat bergerak secara aktif. Hamster yang sedang hamil sangat baik jika diberikan makanan jagung karena dapat mencukupi kebutuhan tenaga serta nutrisi bagi induknya dan anaknya yang ada di dalam kandungan.

Makanan hamster berupa jagung ini banyak dijumpai di berbagai toko. Harganya pun terjangkau dan persediaannya sangat banyak sehingga mudah untuk diperoleh.

5. Kacang Hijau

Kacang hijau juga merupakan salah satu makanan pokok hamster. Bagi hamster, mengkonsumsi kacang hijau dapat membantunya tumbuh dan berkembang secara aktif. Kandungan yang terdapat di dalam kacang hijau juga sangat baik dalam membantu gigi hamster supaya terus mengalami pertumbuhan.

Kacang hijau sangat cocok jika dijadikan sebagai menu sarapan oleh hamster sebelum melakukan aktivitas. Bijinya yang kecil membantu hamster mencerna dengan baik dan cepat. Anda cukup memberikan kacang hijaunya saja tanpa diolah karena hamster suka makanan dengan bentuk utuh.

Ada banyak kandungan baik yang terdapat di dalam kacang hijau seperti lemak, karbohidrat, protein dan beberapa vitamin. Dengan memberikannya setiap hari, gizi hamster dapat tercukupi untuk melalui pertumbuhan.

6. Kacang Kedelai

Makanan untuk Hamster

Selanjutnya yaitu makanan alami hamster berupa kacang kedelai. Kacang kedelai disini bisa langsung diberikan kepada hamster secara utuh tanpa diolah. Anda cukup memberikan kacang kedelai dalam beberapa butir saja hamster akan langsung lahap memakannya.

Apa makanan hamster dengan menu kacang kedelai ini sehat ? Jelas iya, karena kacang kedelai dinilai cukup baik dalam membantu masa pertumbuhan hamster. Kacang kedelai memiliki tekstur yang keras yang dapat merangsang pertumbuhan gigi hamster menjadi lebih kuat.

Makanan ini dapat Anda temui dengan mudah di beberapa toko sembako atau di pasar tradisional. Harganya pun sangat terjangkau dan mudah sekali untuk didapatkan.

Baca Juga  11 Racikan Umpan Ikan Mas: Bahan dan Cara Membuatnya

7. Wortel

Seperti menu makanan biji bunga matahari, wortel dapat dijadikan sebagai makanan camilan atau selingan untuk hamster. Wortel ini sangat cocok dikonsumsi oleh hamster yang bermata merah. Hamster dengan jenis mata merah ini lebih rentan terkena katarak sehingga wortel berfungsi untuk mengobatinya.

Fungsi wortel berbeda dengan menu makanan lainnya. Bahkan wortel sendiri berguna untuk asupan air yang mengandung mineral tinggi. Wortel merupakan salah satu makanan yang dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti minuman untuk hamster.

Cara memberikan wortel pada hamster cukup dengan memotongnya kecil-kecil berbentuk dadu. Anda dapat juga memotong berbentuk memanjang dan kemudian memberikannya langsung kepada hamster.

8. Tauge

Makanan satu ini merupakan makanan selingan bagi hamster. Tauge sangat baik untuk sapihan bayi hamster yang mengalami masa transisi dari konsumen terhadap susu ke makanan padat. Tauge mengandung vitamin K yang berfungsi untuk menjaga kesuburan dalam bereproduksi.

Tauge hanya dapat diberikan secukupnya saja. Jika hamster terlalu sering makan tauge, maka dapat menyebabkan diare.

9. Kacang Tanah

Kacang tanah merupakan makanan sebagai sumber energi bagi hamster. Makanan hamster ini sangat disukai, namun Anda harus berhati-hati.

Jika hamster berlebihan mengkonsumsi kacang tanah maka ia akan mengalami obesitas. Kacang tanah mengandung banyak lemak, jadi cukup diberikan seperlunya.

10. Jewawut

Jewawut dapat dijadikan sebagai makanan tambahan bagi hamster. Kandungan yang ada di dalam jewawut sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jagung dan gabah.

Selain baik untuk pembentukan energi hamster, jewawut juga baik diberikan kepada hamster yang sedang menyusui dan untuk bayi hamster.

11. Madu

Madu yang memiliki tekstur kental, manis dan lembut sangat disukai oleh hamster. Kandungan gula yang ada didalam madu pun sangat mudah diserap oleh hamster, sehingga madu dengan cepat dapat diubah ke dalam energi.

Madu juga tidak baik jika diberikan terlalu sering, karena dapat memberikan dampak buruk bagi hamster. Anda cukup memberikannya setiap seminggu sekali saja.

Baca Juga  Strike: 10 Racikan Umpan Ikan Patin Untuk Mancing

12. Biji Kenari

Makanan Hamster

Biji kenari dapat dijadikan sebagai alternatif makanan tambahan bagi hamster. Bentuknya yang gepeng dan ukurannya yang kecil seperti beras sangat mudah ditelan oleh hamster karena permukaan kulitnya juga sangat licin. Disini, pilihlah biji kenari dengan kualitas baik, bersih, tidak bau dan kering.

13. Kacang Tolo

Kacang tolo merupakan makanan untuk hamster yang mengandung banyak protein dan juga karbohidrat. Makanan ini dapat dijadikan sebagai makanan tambahan yang tepat. Kacang ini sendiri merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari Afrika.

14. Putih Telur Rebus

Beberapa hamster juga banyak yang menyukai putih telur rebus. Kandungan protein yang ada di dalam telur sangat baik untuk makanan selingan hamster. Kandungan nutrisi yang ada di dalam telur juga baik bagi hamster yang sedang menyusui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *