makanan kucing anggora

5 Makanan Kucing Anggora dan Cara Merawat Anaknya

Posted on

Makanan Kucing Anggora – Semua jenis kucing pastinya akan membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidup mereka, tidak terkecuali juga dengan kucing anggora. Asupan makanan yang diberikan kepada kucing tersebut tentu saja bisa mempengaruhi pertumbuhan dari hewan tersebut.

Misalnya saja makanan kucing anggora yang diberikan pada kucing anggora, tentu saja bisa membuat kucing tersebut menjadi lebih cepat besar jika diberikan makanan yang mengandung banyak sekali protein dan juga gizi yang baik.

Namun yang menjadi masalah bagi para pemula adalah mereka tidak tahu makanan kucing anggora apa yang kira-kira cocok untuk pertumbuhan dari kucing anggora itu sendiri. Meskipun kucing anggora doyan makanan apa saja yang pemiliknya beri, namun anda harus tahu jika tidak semua makanan yang ia makan tersebut baik untuk pertumbuhannya.

Misalnya saja kucing liar yang doyan memakan tikus, namun apakah tikus baik untuk kesehatan kucing anggora tersebut? tentu saja tidak kan?

Oleh karena itu kalian tidak bisa sembarangan dalam memberi makanan kucing anggora seperti anda memberi makanan kucing liar di rumah. Perlu anda ketahui jika kucing anggora adalah kucing yang rentan terkena penyakit, apalagi untuk penyakit diare atau mencret.

Untuk itu bagi anda yang sedang memelihara kucing anggora, dan tidak tahu kira-kira makanan kucing anggora apa yang cocok. Sebaiknya anda baca artikel ini sampai selesai.

Rekomendasi Makanan Kucing Anggora

makanan untuk kucing anggora
Image: Tokopedia

Sebenarnya makanan kucing anggora ini tidak jauh beda dengan makanan kucing persia. Hanya saja yang membedakan, makanan kucing anggora harus betul-betul diperhatikan agar tidak salah atau membuatnya sakit perut.

Namun yang terpenting adalah dalam memilih makanan untuk kucing anggora harus diperhatikan kandungan gizi, kandungan PH rendah dan juga kandungan zat magnesium yang juga rendah. Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan kucing anggora.

Baca Juga  Kucing Tidak Mau Makan: Penyebab dan Cara Penanganannya

1. Makanan Instan Royal Canin

Makanan kucing anggora yang pertama adalah makanan instan atau juga sering disebut dengan makanan buatan pabrik. Dimana makanan kucing anggora ini biasanya bermerk Royal Canin bisa kalian dapatkan dengan mudah di toko-toko hewan terdekat, toko online atau swalayan.

Namun sebelum anda membeli makanan kucing pabrik ini, anda harus tahu jika rata-rata makanan kucing anggora buatan pabrik ini tersedia dalam dua pilihan. Yaitu makanan basah dan juga makanan kering. Keduanya tentu saja mempunyai kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing.

Makanan buatan pabrik yang kerik tidak akan merusak gigi kucing dan juga bisa bertahan lama. Selain itu, makanan kering juga gampang untuk dibersihkan apabila tercecer di lantai. Kelebihan lain dari makanan kucing anggora kering adalah harganya yang sangat murah.

Namun namanya kelebihan pasti juga ada kekurangan, nah kekurangan dari makanan kering ini adalah hanya mempunyai kandungan air 10% saja. Jadi jika menggunakan makanan kering, kucing anggora kalian masih membutuhkan minuman tambahan supaya tidak dehidrasi.

Sedangkan makanan basah lebih mengandung banyak sekali vitamin dan juga protein yang diperlukan oleh kucing. Makanan basah juga mempunyai kandungan air sebanyak 78% sehingga bisa menyehatkan kucing. Namun kekurangan dari makanan kucing anggora yang basah adalah mudah basi dan juga sulit dibersihkan jika tercecer di lantai.

2. Me-O

Berikutnya anda bisa menggunakan makanan kucing anggora merk Me-O yang juga tidak kalah bagus. Makanan ini cocok bagi kucing yang mempunyai bulu yang lebat seperti kucing Anggora.

Nah sebagian pecinta kucing bahkan mengklaim jika makanan Me-O bisa diandalkan untuk mencegah kerontokan yang terjadi pada bulu kucing dan juga sangat cocok jika dikonsumsi untuk kucing yang sedang hamil.

3. Whiskas

Siapa sih yang tidak tahu makanan kucing yang satu ini? saya yakin semua orang sudah tahu makanan kucing anggora merk Whiskas ini. Bagaimana tidak terkenal, Whiskas saja sudah banyak dipasarkan di beberapa toko hewan dan juga sudah diiklankan di televisi atau sosial media.

Whiskas memiliki kandungan gizi dan juga protein yang sangat baik untuk kucing anggora kesayangan anda. Namun kelemahan produk makanan kucing yang satu ini adalah cocok-cocokan, artinya tidak semua kucing cocok menggunakan makanan yang satu ini. Jika tidak cocok, anda sebaiknya bisa mengganti dengan produk makanan yang lainnya.

4. Pro Plan

makanan kucing proplan
Image: Okdogi

Pro plan adalah salah satu makanan kucing anggora buatan pabrik yang dijual dengan harga cukup mahal. Namun meskipun dijual dengan harga yang cukup mahal, tentu saja juga sebanding dengan kualitas dari makanan kucing yang satu ini.

Saking enaknya makanan kucing anggora yang satu ini, banyak orang eropa yang menggunakan merk makanan ini untuk makanan utama kucing anggora mereka.

Pro plan juga tersedia dalam dua jenis kemasan yaitu makanan kering dan juga makanan basah. Banyak pecinta kucing yang meyakini jika produk Pro Plan ini bisa mempercepat pertumbuhan kucing kesayangan kita. Sehingga tidak heran jika banyak kucing anggora atau persia yang jadi gemuk setelah mengkonsumsi makanan ini.

Baca Juga  Tidak Sulit, Ini 7 Cara Memandikan Kucing Dengan Benar

5. Daging Untuk Makanan Kucing Anggora

Jika anda merasa kesulitan untuk menemukan makanan instan yang sudah saya sebutkan diatas, maka anda bisa kok menggunakan makanan kucing anggora buatan sendiri seperti daging.

Sebagai binatang karnivora, kucing Anggora tentu saja sangat suka dengan makanan yang terbuat dari daging atau ikan. Hal ini karena dalam makanan seperti itu terdapat kandungan vitamin, asam amino, dan juga protein yang sangat bagus untuk mempercepat pertumbuhan dari kucing anggora itu sendiri.

Selain itu perlu anda ketahui jika kucing yang kekurangan Zat Amino bisa saja menyebabkan serangan jantung dan juga gangguan penglihatan yang dialami oleh kucing tersebut. Jadi dapat dikatakan jika daging adalah salah satu makanan favorit sekaligus makanan pokok untuk kucing berbulu lebat seperti Anggora.

Anda bisa menggunakan daging ayam, daging sapi atau daging bebek yang sudah anda rebus kemudian anda cacah sampai lembut supaya kucing bisa dengan mudah mengunyah makanan tersebut. Jangan sampai anda memberikan daging goreng karena minyak goreng sangat tidak baik untuk masalah kesehatan kucing.

Cara Merawat Anak Kucing Anggora Dengan Benar

anak kucing anggora

Setelah anda mengetahui makanan apa saja yang cocok untuk kucing anggora, tentu saja sebagai orang awam anda juga harus mengetahui kira-kira bagaimana sih cara yang tepat merawat anak kucing anggora.

Sebenarnya merawat kucing anggora bukanlah hal yang susah dan bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Terdapat tantangan yang akan anda hadapi ketika mulai memutuskan memelihara anak kucing anggora. Berikut adalah beberapa cara merawat anak kucing anggora dengan tepat.

1. Pilihlah Makanan Yang Tepat

Seperti yang sudah saya katakan diatas jika memilih makanan adalah hal yang terpenting dan harus anda perhatikan ketika memelihara kucing anggora. Jika anda ingin memiliki kucing yang sehat dan juga memiliki bulu yang indah.

Hal yang wajib anda perhatikan adalah masalah makanan dan juga minuman kucing tersebut. Ada banyak sekali merk dan jenis makanan untuk anak kucing anggora yang bisa kita dapatkan di sekitar kita.

Banyaknya pilihan makanan ini terkadang membuat kita lalai dan tidak memperhatikan makanan yang cocok dengan kucing yang kita miliki.

Tidak semua kucing mau terhadap semua makanan, usahakan agar adna mencari jenis makanan yang cocok untuk kucing anggora kesayangan anda. Makanan yang baik untuk anak kucing anggora adalah makanan dengan kandungan garam yang sedikit. Lebih baik anda berikan makanan yang berkualitas supaya bulu kucing anggora tidak rontok.

Baca Juga  7 Cara Merawat Kucing Persia Dengan Baik Agar Tumbuh dan Sehat

2. Hindari Memberi Air Mentah

Terkadang kita yang masih awam dalam hal merawat kucing akan memberikan kucing tersebut air yang mentah. Hal tersebut sebenarnya tidak dianjurkan dalam merawat kucing. Usahakan agar anda memberi air minum yang cukup dan juga pastikan air minum tersebut air yang sudah matang ya.

Anda bisa menggunakan air galon atau air yang sudah didihkan dulu agar benar-benar semua kuman dalam air tersebut mati, baru kalian berikan pada anak kucing anggora yang anda pelihara tersebut.

Memberi air mentah kepada kucing bisa membuatnya terkena diare karena kontaminasi bakteri dan juga sumber penyakit lainnya yang ada dalam air minum. Sebaiknya anda juga harus memperhatikan tempat menyimpan makanan atau minuman kucing di tempat yang benar-benar bersih. Jaga kebersihan kandang serta jauhkan kucing dari kucing liar.

3. Jaga Kebersihan Kucing

Perlu anda ketahui jika memelihara kucing bukan hanya sebatas memberi makan dan minum saja. Tapi kalian juga harus memberikan perawatan lain yang dapat membuat kucing menjadi semakin lucu dan sehat pastinya.

Cara paling efektif untuk memberikan perawatan kepada kucing adalah dengan menjaga kesehatan kucing, anda bisa memandikan kucing secara rutin agar terhindar dari kutu.

Setidaknya kucing harus dimandikan sekali dalam sebulan menggunakan shampo khusus kucing agar kesehatan bulu kucing tersebut tetap terjaga sekaligus terhindar dari parasit yang dapat menempel pada kucing.

Jangan lupa untuk juga memotong kuku kucing secara teratur agar kucing tidak berbahaya ketika ingin digendong. Agar kesehatan anak kucing anggora tetap terjaga, anda bisa melakukan pemeriksaan ke klinik hewan yang berkualitas.

Nah, itulah apa saja rekomendasi makanan kucing anggora dan bagaimana cara merawat anak kucing anggora dengan tepat. Semoga artikel kali ini bisa membantu Sahabat JH yang masih awam mengenai perawatan dan juga pemeliharaan kucing, khususnya pada kucing anggora.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *