makanan kucing kampung

4 Makanan Kucing Kampung Sehat, Murah dan Minumannya

Posted on

Makanan untuk kucing kampung – Kucing kampung seringkali kurang mendapat perhatian dari khalayak, berbeda dengan jenis kucing lain yang memiliki kesan berkelas, seperti Kucing Anggora.

Padahal kucing kampung pun juga butuh nutrisi yang bisa menyehatkan badannya. Lalu apakah ada perbedaan makanan yang bisa diberikan kepada kucing kampung dan jenis kucing lainnya?

Sebenarnya tidak ada perbedaan khusus, justru kucing kampung lebih fleksibel makanannya. Ada banyak jenis makanan kucing kampung yang harganya terjangkau namun tetap bisa menyehatkan kondisinya. Apa sajakah jenis makanan tersebut? Yuk cari tahu!

Jenis Makanan Kucing Kampung

Jenis Makanan Kucing Kampung

1. Daging

Sebagai hewan yang termasuk golong karnivora alias pemakan daging, maka tentu saja makanan utama si meong adalah daging. Lalu daging apa sajakah yang paling baik diberikan kepada kucing kampung?

Secara teori sebenarnya semua jenis daging baik diberikan untuk kucing kampung, namun yang paling umum adalah daging ikan. Tentu saja ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam proses pengolahan daging ini agar kucing bisa makan dengan tenang dan tidak tersedak.

Untuk pemberian daging ikan, pertama-tama kita bisa membersihkan duri-duri dari dalam ikan tersebut. Lalu menghaluskan ikan itu dan mencampurnya dengan nasi hangat. Semakin amis ikan, semakin kucing akan tertarik untuk mendekat.

Jika punya waktu lebih, kita juga bisa merebus atau menggoreng dulu ikan tersebut sehingga lebih higienis dan sehat untuk kucing. Menghindarkan bakteri-bakteri yang mungkin ada di dalam daging ikan ikut terserap ke tubuh kucing.

Daging ikan sangat baik untuk kucing karena mengandung vitamin E yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya. Bisa diberikan beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan kucing yang sehat dan kuat.

2. Nasi

Nasi bukanlah makanan utama untuk si meong. Penyajian yang tepat berpengaruh pada kualitasnya kepada si kucing, apakah akan membawa dampak negatif atau positif. Aturannya lauk dicampurkan dengan nasi agar lebih mudah dikunyah oleh kucing. Namun yang perlu kita perhatikan adalah jumlah lauk dan nasinya.

Jumlah nasi yang digunakan cukup 25% dari total keseluruhan makanan dan lauknya 75%. Artinya jumlah lauk harus lebih banyak dari jumlah nasinya.

Kenapa jumlah nasi harus diperhatikan? Nasi mengandung glukosa. Jika terlalu sering dikonsumsi dalam jumlah banyak oleh kucing, si meow bisa obesitas. Bahkan bisa mengalami mencret dan sakit pencernaan. Jadi jangan lupa takarannya ya.

Ketika kucing Anda mencret setelah makan nasi, coba berikan alternatif makanan lainnya, seperti yoghurt yang bisa memperbaiki kondisi pencernaan. Untuk pertolongan pertama, Anda juga bisa memberikan oralit khusus kucing dan obat cacing.

Baca Juga  Ayam Hutan: Jenis, Ciri, Habitat, dan Harganya

3. Tempe

Alternatif jenis makanan lainnya untuk kucing kampung yaitu tempe. Tempe ini selain harganya yang terjangkau, ternyata juga aman untuk pencernaan kucing. Jangan lupa agar lebih higienis, rebus dulu tempenya dan haluskan, lalu bisa dicampurkan dengan ikan atau daging-dagingan lainnya.

4. Makanan Khusus Kucing

Apakah kucing kampung bisa diberikan makanan khusus kucing? Tentu saja bisa dong. Namun perhatikanlah merk makanannya. Kalau perlu kita harus mencari review dan referensi terlebih dahulu agar bisa memilih makanan yang tepat untuk si kucing.

Kita bisa mengecek kadar nutrisi yang dikandung dalam makanan kucing tersebut. Lalu minta juga referensi dari dokter hewan ataupun pet shop untuk memilihkan makanan yang kredibel.

Jenis Minuman untuk Kucing Kampung

Jenis Minuman untuk Kucing Kampung

Selain makanan, kucing kampung juga butuh minuman. Apa saja minuman yang bisa dikonsumsi oleh si meong?

1. Air putih

Jenis minuman yang pertama tentu saja air putih. Tak bisa dipungkiri air merupakan kebutuhan dasar yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup di muka bumi, termasuk juga kucing.

Kita bisa memberikan kucing kampung air mineral sebagai minumannya setiap hari. Jangan lupa ditaruh di wadah yang memudahkannya untuk minum. Ganti pula airnya setiap hari agar selalu higienis. Ganti pula wadahnya dan cuci bersih sehingga kucing terhindar dari kuman dan bakteri.

Baca Juga  Jenis Anjing: Cara Perawatan dan Memilih Makanannya

2. Susu

Selain air putih, kucing juga membutuhkan susu untuk pertumbuhan tubuhnya. Susu mengandung banyak nutrisi, antara lain protein dan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan si meong.

Namun lebih baik jangan berikan susu sapi segar, karena pencernaan si kucing tidak bisa mencernanya dengan baik.

Dapatkan rekomendasi susu terbaik untuk kucing dari dokter hewan atau PetShop langganan kita.

Tips Mengatasi Kucing Kampung yang Malas Makan

Tips Mengatasi Kucing Kampung yang Malas Makan

Pernah nggak mengalami kucing kampung kesayangan kita malas makan dan tidak menyentuh sama sekali makanan yang telah kita sediakan? Pasti sedih sekali kan rasanya? Biasanya kucing yang malas makan, lama-lama akan menjadi lemas dan aktivitasnya menjadi berkurang.

Untuk mengatasi kucing yang malas makan, pertama-tama kita harus tahu apa penyebab si kucing jadi enggan makan menu yang telah disediakan. Apakah karena perutnya sakit, atau kah si kucing bosan dengan makanan yang kita berikan.

Setelah penyebabnya ditemukan, baru kita bisa mencari solusi untuk mengatasi hal tersebut. Misal, jika kucing malas makan karena sakit, kita bisa memberikannya multivitamin atau dibawa langsung ke dokter agar bisa mendapat penanganan terbaik.

Namun jika ternyata penyebabnya adalah bosan dengan makanan yang kita sediakan, maka ubahlah variasi menu. Bila biasanya setiap hari tidak berganti menu, maka cobalah dengan memberikan menu makanan yang berselang-seling. Misal, hari ini tempe dan ikan yang dihaluskan, besok pagi kita berikan makanan kucing kiloan, dsb.

Untuk meningkatkan nafsu makan kucing, kita bisa mengoleskan sedikit makanan kucing ke tangan. Kemudian dekatkan tangan ke hidung si kucing, biarkan ia mengendus baunya. Jika ia tertarik, ia akan mengikuti kita dan ajaklah menuju wadah makan yang telah disediakan.

Semoga artikel tentang makanan untuk kucing kampung ini bermanfaat buat teman-teman pecinta anak bulu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *