Mata Kucing Berair

Mata Kucing Berair : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posted on

Mata kucing berair ternyata bukan hanya dialami manusia saja, ternyata hewan seperti kucing juga bisa mengalami masalah seperti mata kucing yang berair.

Jika kucing mengalami mata yang berair, tentu saja matanya akan terlihat memerah, belekan dan juga berair bahkan bengkak dan lainnya. Hal itu adalah salah satu contoh penyakit yang sering diderita oleh kucing.

Sebagai salah satu hewan yang paling banyak dipelihara oleh orang-orang, kucing memang mudah terserang berbagai macam penyakit dan juga berbagai masalah yang diakibatkan oleh bakteri dan juga virus.

Untuk itu kalian yang memiliki hewan peliharaan kucing tersebut harus bisa merawatnya dengan baik dan juga super ekstra agar kucing selalu dalam keadaan sehat.

Penyebab Mata Kucing Berair

Penyebab Mata Kucing Berair

Kucing yang mempunyai mata yang berair berarti menunjukan jika mereka sedang tidak baik-baik saja atau sedang sakit.

Selain itu tentu saja mata kucing yang berair membuat kucing menjadi tidak enak untuk dipandang sebab biasanya mata kucing juga akan disertai dengan tumpukan kotoran yang berada di sudut-sudut mata kucing tersebut.

Kondisi mata kucing yang berair ini biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Berikut adalah beberapa penyebab kucing sakit mata.

1. Produksi Air Mata yang Berlebihan

Penyebab mata kucing berair yang pertama adalah karena produksi air mata yang berlebihan pada kucing. Hal ini disebabkan karena mata kucing sedang beradaptasi karena adanya bulu yang terdapat pada area mata kucing.

Untuk penyebab yang satu ini sebenarnya cara mengatasi masalah ini tidak terlalu sulit karena hal itu sudah menjadi hal yang biasa.

Hal ini juga terjadi karena pengadaptasian diri dari si kucing sebab bulu-bulu yang berdekatan dengan mata membuat produksi air mata kucing menjadi berlebihan. Jadi kondisi ini masih bisa dibilang kondisi yang wajar dan tidak perlu khawatir.

2. Mata Terluka Karena Goresan

Penyebab mata kucing berair berikutnya adalah karena mata kucing tergores oleh benda yang menimbulkan luka pada bagian mata kucing yang tidak kunjung sembuh. Hal itu juga bisa menyebabkan peradangan yang sering terjadi pada konjungtiva kucing

Luka yang terdapat pada mata kucing ini bisa membuat kucing merasa sangat panas dan juga perih.

Luka yang ada pada mata kucing tersebut otomatis akan membuat mata kucing mengeluarkan air mata secara terus menerus yang bertujuan untuk menetralisir rasa sakit yang dirasakan oleh kucing.

Biasanya luka ini terjadi karena si kucing yang tidak sengaja tergores matanya karena benda asing atau ketika ia berkelahi dengan kucing lainnya.

Kemudian selain itu mata kucing yang berair karena luka tersebut juga bisa disebabkan karena adanya bakteri atau virus yang bernama Feline Chlamydophila dimana bakteri ini mudah masuk pada luka yang terjadi di mata kucing. Jika kita membiarkan begitu saja, bisa-bisa akan membuat mata kucing menjadi buta.

3. Cacing Pada Mata Kucing

Penyebab mata kucing berair yang satu ini sangat berbahaya dan untuk mengatasinya juga dibutuhkan tenaga kedokteran khusus. Salah satu penyebab mata kucing berikutnya adalah karena cacing mata.

Cacing mata yang bisa menyebabkan mata kucing menjadi sakit ini adalah Thelazia Californiensis yang merupakan salah satu cacing yang sangat berbahaya dan bisa menyerang mata kucing.

Cacing yang menyerang pada mata kucing ini sebenarnya bisa kita lihat dengan mudah melalui mata kelanjang. Jika kucing anda didapati terdapat cacing pada matanya, maka kalian harus segera membawa kucing kalian ke dokter hewan agar mendapatkan penanganan dengan benar.

Hal ini karena cara mengatasi mata kucing berair yang disebabkan oleh cacing mata hanya dapat dilakukan oleh dokter hewan khusus.

Jika kalian membiarkan cacing mata ini terlalu lama di mata kucing, maka cacing bisa bertelur dan mengeluarkan larva yang dapat dimakan oleh lalat.

4. Nasolacrimal Occlusion

Nasolacrimal Occlusion merupakan salah satu gangguan yang sering terjadi pada organ mata hewan. Dimana organ mata tersebut bisa membuat mata kucing mengeluarkan air mata secara terus menerus.

Dalam organ mata tersebut juga ada organ lain yang bisa mengatur bagian untuk mengeluarkan air mata jika dibutuhkan.

Namun sebagian kasus yang disebabkan oleh Nasolacrimal Occlusion adalah organ tersebut terjadi gangguan yang menyebabkan mata kucing secara terus menerus mengeluarkan air mata yang tidak bisa berhenti.

5. Radang Paru Pada Kucing

Radang Paru Pada Kucing

Jika kucing kesayangan anda terkena radang paru-paru, maka secara otomatis kucing akan mengeluarkan air mata yang kadarnya akan sangat banyak. Radang paru yang diderita oleh kucing ini sendiri juga bisa membuat kucing terus menerus pilek, bersin dan juga kesulitan bernafas.

Radang paru ini sendiri terjadi karena adanya virus Chlamydia Psittaci yang juga dapat menularkan ke kucing lainnya.

Jika kucing anda mengalami radang paru ini, anda tidak bisa mengobatinya secara sendiri. Anda membutuhkan dokter khusus yang bisa menangani masalah ini. Untuk itu segeralah bawa kucing ke dokter hewan agar bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Baca Juga  8 Fakta Unik Kucing Ashera, Kucing Harga 1 M

6. Kucing Terkena Herpes

Penyebab mata kucing berair berikutnya adalah karena kucing terkena serangan virus herpes. Virus herpes ini bisa membuat mata kucing menjadi kemerahan, berair, bengkak dan juga akan terus menerus mengeluarkan air mata.

Terkadang virus herpes ini juga bisa menyerang hanya pada satu mata kucing saja. Kucing yang sedang mengalami stress bisa membuat virus ini semakin cepat menyebar ke semua tubuh kucing.

Kucing yang sudah terkena virus herpes ini biasanya cenderung akan menghindar dari sinar matahari. Jika kucing anda terkena virus herpes ini, penanganan yang dibutuhkan membutuhkan kewaspadaan yang tinggi.

Hal ini karena kalian tidak butuh membersihkan air mata pada kucing dan jangan sampai terlalu kering, karena kucing juga membutuhkan kelembaban pada matanya.

7. Cuaca Dingin

Perlu anda ketahui bahwa kucing adalah salah satu hewan yang suka dengan suhu hangat. Sehingga jika kucing sedang berada dalam ruangan atau cuaca yang dingin maka mata kucing otomatis akan berair.

Untuk itu bagi kalian yang di rumah menggunakan ac atau air conditioner jangan terlalu sering menghidupkan ac tersebut, atau jika memang terpaksa menghidupkan ac lebih baik kalian atur suhunya agar tidak terlalu dingin.

Selain bisa mengakibatkan mata kucing yang berair, penggunaan ac yang berlebih juga bisa membuat kucing tidak betah berada dalam rumah. Perkiraan suhu yang tepat untuk membuat kucing tetap hangat dan betah di rumah adalah solusi terbaik untuk membuat tubuh kucing tetap merasa hangat.

8. Painful Eyes

Penyebab mata kucing berair selanjutnya adalah painful eyes. Kasus dari painful eyes ini juga bisa menyebabkan mata kucing menjadi berair dan mengeluarkan air mata secara terus menerus.

Dimana mata pada kucing kita ini akan kelihatan mengantuk dan juga ketika mata kucing kita sentuh, maka kucing akan terlihat merasa kesakitan. Biasanya kucing yang mengalami painful eyes ini juga akan langsung menghindar dari sinar matahari atau cahaya.

Perilaku dari kucing juga akan berubah jika mereka menderita painful eyes ini dimana kucing kesayangan kita akan sering terlihat menggosok matanya bahkan jika semakin parah mereka juga bisa mencakar mata mereka sendiri.

Bukan hanya itu saja, mata kucing juga akan muncul nictitating membrane atau juga dikenal dengan nama kelopak mata ke 3 pada bagian sudut dalam matanya. Penyebab utama terjadinya painful eyes ini adalah karena kucing terserang penyakit glaukoma dan uveitis.

9. Kelainan Bawaan Pada Kucing

Penyebab selanjutnya mata kucing berair adalah karena kelainan bawaan sejak lahir. Jika hal itu terjadi pada kucing kesayangan kalian, maka kalian tidak bisa melakukan banyak hal karena memang itu sudah menjadi kelainan bawaan yang biasanya sulit atau bahkan tidak dapat disembuhkan.

Jika kucing kesayangan anda terkena penyakit bawaan ini lebih baik anda bisa konsultasi kepada dokter hewan khusus agar bisa lebih paham tentang bagaimana cara merawat penyakit bawaan yang diderita oleh kucing kesayangan kalian tersebut. Yang kalian bisa lakukan hanyalah mencegah penyakit bawaan tersebut supaya tidak semakin parah.

10.Terkena Cairan Kimia

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kucing adalah salah satu jenis hewan yang memiliki rasa ingin tahu tinggi.

Apalagi untuk benda-benda atau hal yang baru mereka lihat. Oleh sebab itu terkadang kucing sering mengalami kecelakaan yang bisa menyebabkan cedera pada mata kucing itu sendiri. Salah satu kecelakaan yang bisa saja terjadi adalah karena terkena bahan atau cairan kimia.

Jika mata kucing terkena cairan kimia, walaupun sedikit, tentu saja hal itu bisa membuat mata kucing menjadi memerah dan berair secara terus menerus. Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa air mata kucing ini berguna untuk menetralisir mata kucing itu sendiri.

Apabila mata kucing terkena cairan kimia, biasanya kucing akan langsung reflek mengeong dan juga segera menggosok-gosokan matanya bahkan juga bisa mencakar-cakar. Untuk itu cara mengatasinya adalah anda harus segera membersihkan mata kucing dengan air yang mengalir. Usahakan agar kalian tidak menggunakan air yang terlalu deras.

11.Pertumbuhan Mata Yang Tidak Normal

Bulu dan juga rambut pada kucing biasanya akan tumbuh keluar atau ke atas, namun ada juga beberapa kucing yang mengalami kelainan pada bulu khususnya untuk bagian dari mata kucing tersebut

Bulu pada kucing itu akan tumbuh melengkung dan bisa masuk dalam area mata kucing. Jika hal itu terjadi pada kucing, maka secara otomatis bisa membuat kucing mengeluarkan air mata secara terus menerus.

Cara Mengatasi Mata Kucing Berair

Cara Mengatasi Mata Kucing Berair

Karena ada banyak sekali penyebab dari mata kucing yang berair, oleh sebab itu cara mengatasi mata kucing berair pun juga berbeda-beda. Ada yang bisa kita lakukan dengan sendiri, ada juga yang harus kita konsultasikan kepada dokter hewan.

Nah dibawah ini sudah saya berikan beberapa tips guna mengatasi mata kucing yang berair secara umum yang dapat anda lakukan sendiri.

1. Bersihkan Kandang Kucing

Jika anda memelihara lebih dari satu kucing di rumah, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memisahkan dan juga membersihkan kandang kucing dengan yang lainnya.

Jika salah satu kucing mengalami masalah ini maka sesegera mungkin kalian harus memisahkannya dengan kucing lainnya. Hal ini karena ada beberapa virus yang mengakibatkan mata kucing menjadi berair yang bisa menular ke sesama kucing lainnya.

Sehingga kalian juga harus melakukan karantina pada kucing yang sedang sakit ini. Untuk itu berikan perhatian lebih untuk kucing yang sedang mengalami sakit mata tersebut. Memisahkan kandang kucing dengan lainnya juga bisa membantu kucing agar terhindar dari bulu kucing lainnya.

2. Bersihkan Kotoran Pada Mata Kucing

Cara mengatasi mata kucing yang berair berikutnya adalah dengan cara membersihkan kotoran yang ada pada mata si kucing. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena bertujuan untuk memperjelas penglihatan dari si kucing itu sendiri.

Untuk kucing yang memiliki mata berair, biasanya mereka bisa membuang kotorannya sendiri melalui air mata yang berlebihan tersebut sehingga terkadang mata kucing tidak bisa terbuka lebar.

Bahkan bukan hanya kotoran yang ada pada mata kucing yang berair, tapi jika kondisinya sudah terlampau nanah juga bisa masuk dalam mata kucing kesayangan anda tersebut. Cara membersihkan cukup dengan menggunakan kapas yang lembut yang sudah kalian berikan air kemudian usapkan pada mata kucing.

Gunakan air yang hangat agar kalian bisa membersihkan kotoran pada mata kucing lebih mudah dan juga kucing akan merasa nyaman.

3. Gunakan Tetes Mata Kucing

Cara yang ini sebenarnya sangat sederhana, karena kalian hanya perlu meneteskan obat pada mata si kucing sesuai dengan takaran yang sudah dianjurkan.

Anda juga harus mencatat bahwa kalian dilarang memberikan obat tetes mata untuk manusia kepada kucing ya karena malah bisa membuat mata kucing menjadi bengkak dan juga bisa menimbulkan iritasi.

Beberapa obat tetes mata untuk si kucing adalah stop eyes, stop eyes menjadi salah satu obat tetes mata untuk kucing yang paling banyak direkomendasikan oleh para pecinta kucing.

Obat tetes mata ini terbukti sangat manjur untuk digunakan dalam mengatasi masalah iritasi pada mata kucing, walaupun tidak terlalu manjur guna mengatasi mata kucing yang berair. Stop eyes diklaim dapat menyembuhkan berbagai masalah iritasi, peradangan dan juga infeksi yang terjadi pada jaringan mata kucing.

Baca Juga  Vaksin Kucing: Jenis, Manfaat, Efek Samping dan Harganya

4. Bawa Ke Dokter Hewan

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa jika kucing kalian terkena cacing di matanya, maka kalian harus sesegera mungkin membawa kucing ke dokter hewan.

Sehingga jika memang mata kucing kesayangan kalina berair berlebihan dan menunjukan gejala masalah komplikasi sebaiknya cara yang paling tepat adalah dengan membawa kucing ke klinik hewan terdekat agar kucing kalian segera mendapatkan perawatan yang tepat.

Jangan sekali-kali kalian membiarkan mata kucing berair terlalu lama, karena virus yang menyerang mata kucing juga bisa membuat kucing mengalami kebutaan loh. Bukan hanya itu saja, penyakit mata seperti tumor juga harus dapat kalian deteksi sedini mungkin agar kucing bisa langsung ditangani dengan tepat dan cepat.

Tumor yang terdapat pada mata kucing juga bisa membuat mata kucing menjadi membesar tidak normal. JIka kita diamkan bisa membuat kucing menjadi kesulitan untuk membuka matanya di kemudian hari. Memang untuk cara mengatasi mata kucing berair yang paling tepat adalah dengan cara membawanya ke dokter hewan.

5. Jauhkan Benda Yang Berbahaya dari Kucing

Jika kucing terlalu banyak mengeluarkan air mata, tentu saja jarak pandang kucing akan terbatas.

Oleh sebab itu, selain gerakannya yang oleng dan juga pandangan yang tidak fokus tentu saja bisa membuat kucing semakin membahayakan. Oleh sebab itu juga meletakkan benda yang berbahaya di dekat kucing sangat tidak dianjurkan.

Pandangan yang kabur dari kucing sangat berbahaya jika kita meletakkan benda-benda yang berbahaya di dekat kucing, karena jika tertusuk atau bahkan tersiram bisa membuat semakin parah masalah yang diderita oleh kucing kesayangan anda. Bukan hanya itu, nyawa kucing juga dapat terancam karena benda-benda berbahaya tersebut.

6. Tetap Ajak Kucing Bermain

Masalah mata kucing yang berair bisa semakin parah jika kucing mengalami stress. Untuk itu jangan biarkan kucing selalu berdiam diri dan meratapi rasa sakit yang ia derita, berikan semangat dengan cara mengajaknya bermain adalah kunci dari kesuksesan anda dalam mengobat kucing yang berair.

Anda bisa meletakkan mainan yang disukai oleh kucing di tempat yang mudah dijangkau, biarkan kucing berinteraksi dengan mainan itu hingga bosan agar dia tidak stres.

Itulah tadi beberapa penyebab dan juga cara mengatasi mata kucing berair. Ada beberapa penyebab mata kucing berair yang tidak bisa diobati, ada juga yang bisa menimbulkan kebutaan. Untuk itu Sahabat JH harus selalu sigap ya mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *