pakan ayam

12 Jenis Pakan Ayam Petelur dan Kisaran Harganya

Posted on

Pakan Ayam – Memelihara hewan merupakan salah satu kegiatan yang paling menyenangkan. Apalagi jika Anda memelihara hewan yang bisa membawa penghasilan seperti ayam. Jika ingin memelihara hewan tersebut maka jangan lupa untuk memberi pakan ayam yang baik agar peliharaan tetap sehat.

Menjaga ayam tetap dalam kondisi sehat adalah tugas utama dari seorang peternak seperti Anda. Barangkali di suatu hari nanti ayam tersebut bisa menjadi sumber penghasilan Anda.

Telur-telur yang dihasilkan dari ayam juga bisa dijual. Membudidayakan ayam sendiri memang menguntungkan.

Tips Memilih Pakan Ayam

 

Sebelum memilih pakan untuk hewan ternak apalagi ayam, hal yang harus dilakukan yaitu mengetahui jenis ayam apa yang Anda miliki. Dengan demikian, Anda bisa menyesuaikan kualitas dan jenis makanan yang nantinya akan diberikan.

Jika jenisnya ayam petelur, maka pilihan pakannya harus memiliki nilai gizi yang besar di dalamnya. Sebab, pilihan makanan ayam kampung penting karena harga jualnya juga tinggi.

Daftar Pakan Ayam Petelur dan Kisaran Harganya

Pakan Ayam Petelur

Jenis-jenis makanan ayam petelur tersebut tentunya sangat mudah sekali ditemukan zaman sekarang karena tersedia berbagai toko. Seperti di pasar, swalayan dan tempat di penjual lainnya. Jika Anda ingin menghemat uang, maka silahkan untuk membuat pakan sendiri karena bahannya pun tidak sulit.

1 Pollard atau Dedak Gandum

Perlu diketahui bahwa ada beberapa bahan yang sering Anda temui dan bisa dijadikan sebagai makanan untuk ayam. Anda bisa mengolahnya sendiri tanpa harus membeli langsung di toko terdekat. Hal ini akan membuat pengeluaran menjadi lebih hemat untuk keperluan pemeliharaan ayam lainnya.

Dedak gandum adalah salah satu bahan yang bisa dijadikan sebagai makanan untuk ayam. Pollard berasal dari limbah proses pengolahan gandum yang diubah menjadi tepung terigu. Polar memiliki kandungan protein tinggi serta serat kasar. Namun, jika berlebihan, ayam Anda bisa mengalami diare.

Baca Juga  Ayam Birma: Ciri, Cara Merawat dan Kisaran Harganya

2 Makanan dari Singkong

Pakan ayam kedua yang bisa Anda buat sendiri adalah singkong. Kandungan yang terdapat di dalam singkong sangat tepat untuk menambah energi pada sistem metabolisme tubuh ayam.

Proteinnya pun rendah sekitar 2 sampai 3 persen. Setelah dijemur singkong barulah diolah menjadi bahan makanan ayam.

Jika ingin menggunakan singkong untuk memberi makan ayam, jangan terlalu banyak juga. Sebab, jika berlebihan, ayam bisa mengeluarkan kotoran cair dan basah. Alangkah baiknya jika ingin mengolahnya menjadi makanan tidak lebih dari 20 persen.

3 Minyak untuk Campuran

Minyak adalah bahan yang bisa membantu proses pencampuran makanan si ayam. Kandungan yang dimiliki minyak di antaranya adalah 7000 sampai 8000 kalori. Tentu saja ini dapat membantu proses kelancaran metabolisme pada tubuh ayam.

Banyak sekali manfaat jika mencampurkan minyak dengan pakan tersebut. Di antaranya adalah untuk menjaga rasa makanan agar tidak berubah, menghindari terkena debu dan kotoran.

Manfaat lainnya adalah menjaga warna pada makanan serta membantu untuk peningkatan efisiensi pakanan hewan tersebut.

4 Bekatul

Bahan lain yang bisa dijadikan sebagai makanan untuk ayam adalah bekatul. Para peternak ayam pun memang seringkali menggunakan bekatul untuk bahan makanan. Bekatul berasal dari limbah bekas prose penggilingan beras dan warnanya putih. Tentunya ini mengandung zat bergizi untuk ayam Anda.

Di antara zat bergizi tersebut seperti natrium, lemak dan protein. Selain mudah ditemukan, harga dari bekatul tersebut juga sangat murah sehingga peternak ayam pun memilih ini untuk makanan hewan ternaknya. Akan tetapi, lebih baik untuk memberikan makanan jenis lain agar ayam tumbuh sehat.

5 Pelet

harga pakan ayam petelur

Bahan makanan yang bisa dijadikan untuk sumber energi ayam adalah pellet. Jenis makanan yang satu ini berasal dari bahan makanan yang digilingkan lalu dipadatkan. Pelet juga makanan yang hemat sehingga banyak peternak yang ingin membelinya. Kandungan di dalamnya pun juga terjamin dan sehat.

6 Cincang Ubi

Bahan makanan selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai sumber energi ayam adalah ubi cincang. Kandungan tinggi protein di dalamnya yakni kurang lebih 29 persen dan banyak serat, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan hewan ayam.

Walaupun kaya akan manfaat, ubi juga memiliki kandungan yang bisa berbahaya untuk ayam yakni sianida dan asam prusid. Jangan terlalu sering memberikan ayam ubi cincang ini karena bisa membahayakan tubuh hewan tersebut. Sebelum dimakan ayam, cincanglah ubi terlebih dahulu.

7 Jagung yang Telah Digiling

Pakan ayam selanjutnya yang bisa diberikan adalah jagung yang telah mengalami proses menggiling. Ternyata, selain cocok untuk dikonsumsi oleh manusia, jagung giling juga sangat tepat untuk ayam. Kandungan nutrisi didalamnya sangatlah banyak dan menyehatkan hewan ternak tersebut.

Adapun kandungan yang terdapat di dalam jagung di antaranya adalah asam lemak, vitamin B, fosfor, lemak tak jenuh, kalium, zat besi, vitamin C dan omega 6. sangat banyak bukan? Sebelum dikonsumsi oleh ayam, gilinglah jagung tersebut agar teksturnya menjadi lebih halus dan mudah dicerna.

Rutinlah untuk memberikan gilingan jagung kepada ayam Anda sebab kandungan nutrisi yang sangat banyak sangat tepat untuk sumber energi dan kekuatan hewan tersebut. Dengan begitu, ayam akan menjadi lebih sehat, segar dan aktif dalam beraktivitas.

Baca Juga  Ayam Hutan: Jenis, Ciri, Habitat, dan Harganya

8 Tepung Tulang

Pakan ayam petelur yang berikutnya adalah tepung tulang. Tepung tulang ini berasal dari sisa-sisa hasil peternakan yang memang tidak digunakan lagi. Bahannya memang terbilang sederhana akan tetapi banyak sekali kandungan nutrisi yang terdapat di dalam tepung tulang tersebut.

Adapun kandungan yang terdapat di dalam tepung tulang di antaranya adalah kalium, natrium, mangan, kalsium, magnesium dan yang terakhir adalah fosfor. Umumnya tepung tulang ini diambil dari ayam atau ikan. Namun, disini Anda harus benar-benar memilih tulang yang tepat apalagi jika terbuat dari ikan tuna.

Ikan tuna sendiri memiliki kandungan kalsium dan sangat tepat untuk pertumbuhan dari ayam. Jika rutin mengkonsumsi tepung dari ikan tuna maka ayam akan terhindar dari pengeroposan tulang. Hanya saja, Anda harus tepat dalam memilih bahan ikan yang akan dijadikan makanan untuk ayam tersebut.

9 Bungkil dari Kacang Kedelai

Ternyata bungkil yang terbuat dari kacang kedelai bisa dijadikan sebagai bahan pakan untuk ayam Anda. Istilah lainnya adalah soybean meal yang memiliki kandungan tinggi protein yakni kurang lebih 44 sampai 51 persen. Selain mengandung protein yang tinggi, di dalam soybean meal juga terdapat asam amino.

Jika ingin menjadikannya sebagai bahan makanan untuk ayam Anda, sebaiknya diolah dengan cara yang tepat. Hal ini dikarenakan kandungan protein dan asam amino di dalamnya tidak akan bisa bermanfaat dengan baik jika tidak diolah dengan baik karena memiliki nilai biologis yang rendah.

Penyebab dari hal tersebut adalah terfermentasinya sebagian besar protein kasar ke dalam rumen sehingga tidak begitu banyak memberikan pengaruh untuk pakan ayam Anda. Anda harus benar-benar memperhatikan hal ini agar ayam tetap sehat.

10 Sorghum

Sorgum juga sangat tepat jika Anda manfaatkan untuk bahan pakan dari ayam. Ternyata banyak penyebutan untuk sorgum di antaranya cantrik, bajar tojeng dan cantel. Kandungan protein di dalam sorgum sangatlah tinggi karena berasal dari xantofil dan juga jagung. Namun, tetap ada kekurangannya.

Jika Anda sering memberikan ayam untuk makan sorgum, maka hal tersebut akan mengganggu pertumbuhan pada bagian kaki hewan. Hal itu dikarenakan sorgum dapat menghambat proses pencernaan protein di dalam tubuh ayam. Alangkah baiknya jika dicampur dengan bungkil kedelai.

Mencampurnya dengan bungkil dari kacang kedelai adalah cara yang tepat. Hal ini akan membuat makanan ternak mengandung zat suplemen lisin serta metionin dan mengurangi tanin di dalam pakan sebelumnya. Sebelum diolah, kupas dulu bagian luar sorgum lalu rendamlah dan difermentasi dahulu.

11 Tepung Keong Siput

Ternyata bahan makanan yang satu ini tidak ada campuran daging keong mas atau siputnya. Yang digunakan adalah bagian cangkang atau rumah dari hewan tersebut.

Ternyata kandungan dari cangkangnya ini sangat tinggi. Setelah mendapatkan cangkang, kemudian bersihkanlah lalu hancurkan hingga bentuknya seperti tepung. Kandungan yang terdapat di dalam tepung keong siput ini yaitu protein.

Selain itu, manfaat lainnya adalah membantu untuk memudahkan proses produksi telur ayam dan berat dari hewan tersebut bisa dengan mudah bertambah. Anda akan sangat diuntungkan jika memberi hewan ternak untuk makan tepung ini.

Selain memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, tepung keong mas ini juga dilengkapi dengan mineral. Mineral sangat cocok dibutuhkan oleh ayam sebab sangat membantu proses pencernaan di tubuh hewan ternak.

12 Tepung Ikan

Bahan terakhir yang bisa digunakan pakan untuk ayam adalah tepung ikan. Kandungan yang terdapat di dalam ikan sangat dibutuhkan oleh ayam ternak petelur. Selain mengandung protein hewani, ikan juga bisa memberikan asam amino yang memang sangat dibutuhkan oleh ayam Anda.

Produk Pakan Ayam Petelur yang Dijual di pasaran

harga pakan ayam petelur
Image: Jafpa.

Selain itu terdapat juga lemak tak jenuh dan sangat berperan penting terhadap reproduksi ayam ternak. Terdapat juga mineral dan vitamin di dalam ikan. Meskipun memiliki kandungan yang baik untuk ayam, penting untuk membatasi pemberian tepung ikan seperti 10 persen saja dari total seluruhnya.

* Gemilang G-11 (Salah Satu Produk Pakan di Pasaran)

Selain mengetahui bahan-bahan yang bisa digunakan untuk memberikan makanan terhadap ayam ternak tipe petelur, Anda juga bisa membelinya untuk menghemat waktu.

Salah satunya adalah Gemilang G-11. Harga pakan ayam petelur untuk Gemilang G-11 yakni mulai dari Rp 12.345 hingga Rp 123.456.

Jenis makanan yang satu ini telah dilengkapi dengan FCR paling baik. FCR adalah perbandingan di antara berat badan hewan dengan jumlah ransumnya. Anda dapat menakar dengan tepat jika membeli produk yang satu ini. Tentu merk ini telah banyak dijual di pasaran.

Baca Juga  Ayam Kalkun: Ciri-ciri, Jenis dan Harganya

* Comfeed Broiler I

Jenis yang satu ini akan membantu Anda mendapatkan ayam broiler tepat dan sehat. Telah ada sejak tahun 1975, tentunya jenis yang satu ini sangatlah terpercaya. Harganya sendiri kurang lebih Rp 240.000 dengan berbagai macam jenis kandungan yang memang sangat dibutuhkan oleh ayam ternak Anda.

Kandungannya di antaranya adalah fosfor, air, kalsium,serat kasar, lemak, antibiotika dan coccidiostat. Berbagai macam kandungan yang terdapat di dalam Comfeed Broiler I ini tentu sangatlah tepat untuk dijadikan sebagai bahan makanan ayam Anda. Jadi, jangan ragu untuk segera menggunakan jenis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *