8 Kombinasi Terbaik Pakan Bebek Petelur untuk Produksi

Posted on

Pakan Bebek – Ternak bebek petelur, ternyata bisa menjadi peluang usaha yang menggiurkan. Telur bebek mungkin memang tidak setenar telur ayam, tetapi potensinya sebagai bisnis cukup besar dan menjanjikan.

Alasan pertama, harganya jauh lebih tinggi dibandingkan telur ayam. Alasan kedua, telur bebek mengandung nutrisi yang lebih tinggi.

Usaha ini bisa dijadikan tidak hanya dalam skala besar, namun juga sebagai usaha sampingan rumah tangga. Semakin bagus prospek usaha ini karena permintaan telur bebek di pasaran justru semakin meningkat.

Pada kenyataannya, belum banyak masyarakat yang terjun ke bidang produksi telur ini. Padahal bebek dikenal tidak mudah terkena penyakit, sehingga relatif mudah diternakkan.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam beternak bebek petelur. Selain lahan yang cukup luas dan jauh dari pemukiman warga, soal kandang dan bibit pun perlu dipilih dengan baik. Satu lagi yang tidak kalah penting adalah masalah pakan.

Rekomendasi 8 Pakan Bebek Terbaik

Makanan bebek petelur
Image: id.wikipedia.org

Hasil panen yang optimal, tentu tidak didapat tanpa memperhatikan segala hal yang berkaitan dengan tumbuh kembangnya bebek.

Salah satu hal yang krusial dalam masalah ini adalah masalah jenis pakan dan pola pemberiannya. Tentunya hanya pakan yang baik dan memiliki kualitas tinggi yang dapat membuat bebek tumbuh besar.

Pakan bebek agar cepat besar ini pun bisa didapatkan dari berbagai sumber. Bisa dari pakan buatan pabrik maupun dari bahan pakan alami untuk membuat ransum. Setelah anakan bebek berusia 4 pekan atau memasuki usia remaja, bisa dimulai memberikan ransum ini.

1. Sorgum

Berbentuk seperti biji-bijian sereal, dengan tinggi tanaman yang seperti jagung. Selain sebagai sumber bahan makanan, tanaman serbaguna ini pun bisa digunakan sebagai pakan ternak dan bahan baku industri.

Meskipun ini merupakan salah satu jenis pakan yang berpotensi membuat bebek cepat gemuk, namun karena hanya terdapat di daerah tertentu seperti Nusa Tenggara Barat, pemakaiannya pun menjadi terbatas.

2. Polar

Polar biasa disebut dengan tepung/dedak gandum. Disebut demikian karena polar merupakan hasil samping penggilingan gandum. Bahan pakan ini termasuk populer di kalangan peternak dan mudah didapatkan.

Walaupun polar merupakan salah satu bahan pakan yang mudah membuat bebek cepat gemuk, namun karena memiliki sifat sebagai pencahar, maka pemakaiannya perlu diperhatikan baik.

3. Bungkil Kedelai

Bungkil kedelai merupakan salah satu jenis makanan bebek agar cepat besar yang terbentuk dari limbah pengolahan minyak kedelai.

Baca Juga  12 Jenis Pakan Ayam Petelur dan Kisaran Harganya

4. Tepung Ikan

Ada banyak jenis makanan yang bisa diberikan pada bebek untuk mendukungnya cepat besar, termasuk tepung ikan. Jenis pakan ini didapat dari hasil olahan ikan yang memiliki kadar air rendah.

Kandung protein dan mineral yang sangat tinggi pada ikan, membuatnya banyak dilirik oleh peternak, meski penggunaannya masih terbatas. Faktor harga yang cukup tinggi menjadi salah satu alasan selain juga menimbulkan aroma bau amis.

5. Ampas Tahu

Ini merupakan limbah padat yang berasal dari bubur kedelai yang tidak digunakan lagi dari proses pembuatan tahu.

Dalam pemakaiannya, harus memperhatikan waktu agar tidak terlanjur ditumbuhi jamur. Penggunaan ampas tahu sendiri sebaiknya dilakukan pengeringan terlebih dahulu sampai kadar air kurang dari 13%.

6. Ampas Tempe

Nah, selain ampas tahu, kita juga bisa memberikan pakan bebek berupa ampas tempe. Jika ampas tahu berasal dari bubuk keledai, maka ampas tempe adalah hasil limbah yang berbentuk kulit ari keledai.

Ampas tempe adalah salah satu pakan yang cukup banyak diberikan pada bebek karena mudah dicari dan didapatkan. Namun karena bentuknya yang kasar akan mempengaruhi pencernaan bebek, maka perlu dilakukan proses fermentasi terlebih dahulu.

7. Onggok

Onggok merupakan sisa limbah dari penggilingan singkong untuk dibuat menjadi tepung tapioca. Onggok sendiri memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak dan air yang tinggi. Hal ini yang menjadikannya cocok sebagai pakan agar bebek cepat besar.

Sama halnya dengan ampas tempe, sebelum diberikan pada ternak, onggok harus melalui proses fermentasi menggunakan jamur kapang.

8. Tepung Bekicot & Keong Mas

Makanan bebek agar cepat besar lainnya adalah tepung bekicot. Tepung bekicot bisa dihasilkan dari olahan cangkang bekicot maupun daging bekicot.

Bekicot memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yakni 60% dan zat asam aminonya pun tergolong lengkap.

Apabila pemberian ransum ini dirasa kurang optimal dalam mempercepat pembesaran bebek petelur, maka bisa menggunakan cara-cara lainnya, seperti pemberlakuan formulasi pakan.

Formulasi Pakan Bebek Petelur

Formulasi Pakan Bebek Petelur

Makanan bebek adalah satu di antara banyak poin penting dalam proses beternak bebek. Nutrisi yang bergizi menjadi sebab dihasilkannya pemanenan telur yang berkualitas. Selain dari itu, menunjang tumbuh kembangnya bebek lebih optimal.

Peran vital pakan dapat berdampak pada naik turunnya produktivitas ternak bebek. Pemberian pakan, jika berlebihan akan mengganggu biaya produksi. Jika kekurangan, tentu berpengaruh pada produktifitas bebek dalam bertelur. Untuk mengantisipasi hal tersebut, di perkenalkanlah metode Formulasi Pakan.

Ada banyak jenis pakan bebek yang harus diketahui oleh peternak. Memilih formulasi yang tepat untuk pakan ternak adalah salah satu modal utama dalam beternak bebek. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa diberikan pada bebek:

A. Pakan Sumber Energi

Bebek membutuhkan energi yang cukup untuk menunjang geraknya setiap hari, seperti berenang, terbang, juga bertelur. Sumber energi tersebut bisa diperoleh dari berbagai macam biji-bijian sereal juga umbi-umbian.

Macam-macam bahan makanan yang memiliki sumber energi tinggi ialah:

1. Jagung giling

2. Bekatul

3. Sorghum

4. Polar

5. Tepung roti

6. Dedak padi

7. Onggok

B. Pakan Sumber Protein

Selain membutuhkan pakan yang merupakan sumber energi, bebek pun membutuhkan pakan yang dapat membantunya dalam perkembangan dan pertumbuhan massa otot. Sayangnya harga bahan makanan ini relatif mahal, juga masih banyak dibutuhkan manusia dalam kesehariannya

Adapun macam-macam pakan yang dapat menjadi sumber protein yang tinggi ialah:

1. Bungkil kedelai

2. Corn gluten meal (CGM)

3. Tepung ikan

4. Bungkil kedelai

5. Bungkil kelapa

6. Bungkil kacang tanah

7. Ampas tahu dan tempe

8. Daun indigofera

9. Limbah tauge

Baca Juga  12 Jenis Pakan Ayam Petelur dan Kisaran Harganya

C. Pakan Sumber Mineral

Proses pembentukan tulang dan kerabang telur pada ternak bebek, membutuhkan pakan yang merupakan sumber mineral. Pakan mineral tinggi ini pun dibutuhkan untuk mendapatkan hasil telur yang berkualitas. Pemberian pakan jenis ini hanya dilakukan terbatas.

Beberapa bahan makanan ternak yang mengandung sumber mineral tinggi, di antaranya:

1. Minyak ikan

2. Minyak kelapa

3. Tepung keong mas

4. Tepung bekicot

5. Tepung kulit telur

Saat ini banyak terdapat voer atau konsentrat siap pakai yang ada di pasaran. Voer tersebut sudah dikemas dalam komposisi yang pas dan disesuaikan jenis ternak bebek.

Sayangnya voer siap pakai punya kekurangan, yaitu perlu biaya yang lebih besar. Oleh karena itu agar lebih efisien dan hemat biaya, peternak bisa memberikan berbagai jenis bahan pakan tambahan yang mempunyai kandungan gizi yang baik dan seimbang.

6. Pakan sebagai Penguat

Pakan sebagai Penguat

Jenis pakan terakhir yang sangat membantu dalam membesarkan ternak bebek dan menghasilkan telur yang produktif adalah pakan penguat.
Pakan jenis ini merupakan kombinasi sumber energi dan sumber protein, yang bisa diperoleh dari:

1. Tepung daging

2. Tepung daging dan tulang

3. Tepung darah

4. Tepung bulu

5. Tepung cacing

6. Hasil sampingan pengolahan ikan

7. Hasil sampingan pengolahan susu dan bubuk skim

Tips Menyusun Formula Pakan Bebek

* Perhitungan umur bebek

* Kalkulasi kebutuhan nutrisi bebek.

* Tentukan jenis bahan pakan yang akan digunakan, apakah bahan protein, bahan mineral, sumber energi atau penguat.

* Hitung kandungan nutrien pakan

* Kombinasikan dengan baik serat kasar atau yang lainnya pada bahan pakan yang ada.

Mulai umur 6 bulan, ternak bebek sudah bisa menghasilkan telur. Tentu saja di awal, mereka butuh penyesuaian dan tidak akan bertelur secara rutin setiap harinya. Biasanya beberapa bulan kemudian, bebek baru akan bertelur dengan rutin.

Pemeliharaan yang intensif dengan pemberian formulasi pakan yang berkualitas, tentunya sangat menunjang hasil yang baik. Biasanya bebek jenis ini pun lebih banyak bermain di dalam kandang, sehingga tidak banyak energi yang mereka keluarkan.

Mudah-mudahan bahasan tentang pakan bebek petelur ini bisa menjadi rujukan kamu dalam beternak dan menghasilkan uang sendiri dari rumah. Selamat beternak ya Sahabat JH!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *