Kucing Tidak Mau Makan

6 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Posted on

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan – Kucing memang salah satu hewan lucu dan menggemaskan yang bisa kita pelihara di rumah. Namun, memelihara kucing ternyata tidak bisa sembarangan loh. Supaya kucing Anda tetap sehat, Anda perlu memberikan makanan yang bergizi.

Selain itu, kucing juga sangat mudah sekali terkena penyakit. Ketika kucing tidak makan sehari saja, kucing akan dengan mudah untuk terkena penyakit. Maka dari itu, Anda harus senantiasa harus menjaga kesehatan kucing ada.

Banyak kasus ditemukan juga bahwa kucing juga sering mengalami tidak mau makan, meskipun kita sudah memberikan makanan kucing. Ada banyak faktor yang menyebabkan kucing tidak mau makan.

Jika kucing Anda mengalami tidak mau makan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai pemilik kucing yang tidak mau makan tersebut.

6 Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

kenapa kucing tidak mau makan

Bagi Anda yang mempunyai kucing dirumah, pastinya akan khawatir jika kucing kesayangan Anda tidak mau makan.

Padahal, kita sudah memberikan makan yang disukai oleh kucing Anda, tapi kenapa tetap tidak mau makan. Makanan adalah salah satu aspek yang sangat penting untuk diperhatikan ketika Anda mempunyai kucing dirumah.

Pasalnya, kucing bisa terkena penyakit jika satu hari tidak makan sama sekali. Jadi Anda harus benar-benar memperhatikan kesehatan kucing Anda. Kucing yang tak mau makan juga bisa menyebabkan energy kucing tersebut menjadi lemah.

Padahal kucing sangat membutuhkan energy bagi tubuhnya. Energy yang dihasilkan oleh kucing berguna untuk membakar lemak yang kucing simpan di tubuhnya. Jika pembakaran lemak tersebut tidak terjadi dengan lancar, maka bisa menimbulkan rusaknya hati yang dapat menyebabkan kematian. Lalu, apa penyebab kucing tidak mau makan?

1. Bosan Dengan Makanan Biasa

Ternyata tak hanya manusia saja yang bisa merasakan bosan ketika makan sesuatu. Hal ini juga bisa terjadi pada kucing Anda, loh.

Mungkin, salah satu penyebab kenapa kucing Anda tidak makan adalah dia sudah bosan dengan makanan yang Anda berikan setiap harinya.

Nah, maka dari itu, Anda bisa mencoba untuk memberikan makanan lain kepada kucing Anda. Namun, tetap saja Anda harus tetap memperhatikan gizi untuk si kucing. Jenis makanan kucing ada 2, yaitu makanan basah dan ringan. Anda bisa ganti jenis makanan ketika kucing Anda tidak mau makan.

2. Terganggu nya Nafsu Makan

Ketika Anda sudah mencoba untuk mengganti makanan kucing Anda tapi kucing Anda tetap tidak mau makan, mungkin nafsu makan kucing Anda bisa saja sedang ada masalah. Hal ini memang kerap dialami oleh banyak kucing.

Untuk menambah nafsu makan kucing Anda, Anda bisa memberikan vitamin penambah nafsu makan kepada kucing Anda. Anda bisa mencampurkan vitamin tersebut kedalam makanan kucing Anda. Vitamin ini sangatlah mudah untuk Anda temukan di klinik dokter hewan.

3. Penyakit Mulut

Kucing juga bisa mengalami penyakit mulut yang menyebabkan kucing kesusahan untuk makan. Sama seperti kita ketika mengalami sakit tenggorokan atau sariawan, pasti akan sulit untuk menelan makanan bukan?

Anda bisa tahu kucing Anda mengalami penyakit mulut atau tidak berdasarkan bau mulutnya yang lebih menyengat dari biasanya. Jika hal ini benar terjadi, segera bawa kucing Anda ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Baca Juga  Scabies Kucing: Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasinya

4. Gejala Awal Kucing Sakit

Salah satu ciri-ciri dari kucing yang sakit adalah nafsu makan kucing yang menurun. Jika Anda mulai melihat kucing yang lesu, tidak selincah seperti biasa, sering murung dan kucing tidak mau makan. Saatnya Anda harus mulai waspada.

Alangkah lebih baik jika Anda langsung membawa kucing ke klinik atau dokter hewan terdekat untuk bisa mengobati penyakit atau bisa mendiagnosis sebenarnya kucing kesayangan Anda tersebut sedang terkena penyakit apa.

Kebanyakan untuk orang yang masih awam dalam hal memelihara kucing, mungkin mereka akan mengabaikan tAnda-tAnda seperti ini. Namun Anda tidak boleh mengabaikan tAnda-tAnda awal kucing yang tidak mau makan sebagai gejala awal penyakit ya.

5. Kucing Mengalami Stress

Apakah hewan seperti kucing bisa mengalami stress? jawabannya tentu saja bisa. Kucing dapat stress apalagi untuk kucing hasil adopsi. Tentu saja proses penyesuaian terhadap lingkungan yang baru dapat membuat kucing menjadi stress. Untuk itu Anda harus memperhatikan kucing adopsi saat menjalani masa-masa transisi seperti ini.

Masalah seperti ini bisa Anda selesaikan dengan mudah dengan cara membuat kucing betah tinggal di lingkunganya yang baru. Anda bisa mengajak kucing jalan-jalan atau bermain bersama dengan kucing di tempat mainan kucing.

6. Hasrat Kucing Sedang Tinggi

Salah satu hal yang paling sering terjadi yang menjadi penyebab kucing tidak mau makan adalah saat ia sedang memiliki birahi tinggi.

Jika kucing Anda sedang birahi dan tidak memiliki pasangan, tentu saja hal itu bisa memicu kucing kesayangan Anda menjadi stress sehingga kucing tidak mau makan loh.

Saat memelihara hewan khususnya kucing memang tidak mudah untuk dilakukan. Ada beberapa hal khusus yang harus Anda perhatikan agar kucing mempunyai nafsu makan yang baik. Sebagai pemilik Anda juga harus peka apabila terjadi perubahan pada kucing kesayangan Anda tersebut.

Cara Mengatasi Kucing yang Tidak Mau Makan

Cara Mengatasi Kucing yang Tidak Mau Makan

Setelah mengetahui beberapa penyebab kucing tidak mau makan, berikutnya saya akan memberitahu kepada Anda bagaimana sih cara mengatasi kucing yang tidak mau makan tersebut. Berikut adalah beberapa cara mengatasi kucing yang tidak mau makan.

1. Memberikan Variasi Makanan

Dengan memberikan variasi makanan yang bermacam-macam, tentu saja dapat membuat kucing Anda tidak bosan dengan makanan yang Anda hidangkan.

Solusi ini sangat cocok untuk membuat kucing Anda yang tidak mau makan karena bosan dengan makanan itu-itu saja yang Anda hidangkan kepada kucing.

2. Pancing Nafsu Makan Kucing

Cara berikutnya untuk mengatasi kucing yang tidak mau makan adalah dengan cara memancing nafsu makan kucing.

Lalu bagaimana cara memancing nafsu makan kucing? caranya sangat mudah kok. Anda hanya perlu menyodorkan makanan di dekat hidung kucing atau bisa dengan cara mengoleskan makanan basah atau daging dekat mulut atau hidung kucing. Bau makanan kucing yang lezat ini tentu saja diharapkan bisa memancing nafsu makan dari kucing.

3. Berikan Vitamin Kucing

Memberikan vitamin untuk kucing juga bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda yang ingin meningkatkan nafsu makan kucing. Anda bisa memberikan vitamin yang mengandung B Kompleks dan juga Lysin seperti asam amino yang bisa Anda dapatkan di apotik terdekat.

Vitamin itu selain berguna untuk menambah nafsu makan kucing yang tidak mau makan juga bisa menjadi obat untuk kucing yang lemas loh.

Namun sebelum memberikan vitamin tersebut untuk kucing, usahakan agar Anda juga memberi makan sedikit atau sediakan makanan di dekat kucing. Hal ini untuk mencegah terjadinya iritasi pada lambung kucing.

Baca Juga  5 Makanan Kucing Anggora dan Cara Merawat Anaknya

4. Ajak Kucing Bermain

Mungkin yang menjadi penyebab kucing tidak mau makan adalah karena kucing Anda kurang bermain atau kurang melakukan aktivitas.

Untuk itu usahakan dari awal Anda mengadopsi kucing atau memelihara kucing, sudah harus dibiasakan bermain-main agar dia aktif dan juga tidak cepat bosan, tentu saja ini akan berpengaruh kepada nafsu makan dari kucing tersebut.

Mengajak bermain kucing juga sangat mudah untuk dilakukan, Anda bisa memulainya dengan bermain tali yang dilemparkan kepada kucing dna biarkan kucing kesayangan Anda tersebut menangkap tali tersebut.

5. Memberikan Tempat Yang Nyaman

Untuk kucing yang baru saja Anda adopsi, tentu saja kucing akan mengalami fase tertekan karena lingkungan yang baru membuat dirinya merasa asing.

Untuk itu cobalah untuk membuat lingkungan tempat Anda tinggal dan juga si kucing menjadi senyaman mungkin.

Jika bisa Anda jauhkan kucing dari kucing yang nakal dan bisa mengganggu proses kucing beradaptasi. Jika memang sudah merasa baik, tentu saja kucing akan mau menyantap semua makanan yang Anda berikan tersebut.

Itulah beberapa penyebab kucing tidak mau makan dan juga cara mengatasi kucing yang tidak mau makan. Semoga bermanfaat Sahabat JH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *