Perbedaan Kenari Jantan dan Betina

Mudah, Ini 15 Perbedaan Kenari Jantan dan Betina

Posted on

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina – Salah satu jenis burung yang memiliki kicauan indah dan bulu yang berwarna-warni adalah burung kenari. Burung kenari juga sudah tidak asing lagi di mata para pecinta burung.

Pasalnya, burung kenari juga sering dilombakan untuk menentukan kicauan yang paling indah dan bulu yang paling bagus.

Burung kenari juga bisa Anda jadikan peliharan dirumah untuk merefresh pikiran Anda. Pasalnya, kicauan burung kenari sangatlah indah di telinga. Sebelum Anda membeli burung kenari, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah mengenai tentang mengetahui cara membedakan jenis kelaminnya.

15 Perbedaan Kenari Jantan dan Betina

15 Perbedaan Kenari Jantan dan Betina

Burung kenari merupakan salah satu burung kicau yang memiliki bulu yang indah. Burung kenari juga bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin memelihara burung dirumah. Sudah banyak sekali para pecinta burung yang mengoleksi berbagai jenis burung.

Meskipun begitu, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara membedakan burung kenari jantan dan betina.

Memang, jika kita hanya sebentar melihat burung kenari, maka akan kelihatan sama semua baik dari jantan maupun betina. Selain itu, masih banyak pula orang yang membedakan jenis kelamin burung kenari melalui warna burung nya. Padahal, cara itu tidaklah benar sama sekali.

Seperti yang sudah kita tahu, burung kenari memiliki warna bulu yang berbeda pada setiap jenisnya. Lalu, apa perbedaan kenari jantan dengan kenari betina.

Baca Juga  27 Jenis Lovebird: Harga, Cara Ternak dan Makanannya

1. Pembuluh Vena Pada Burung Kenari

Untuk membedakan jenis kelamin burung kenari, Anda membutuhkan burung untuk berusia 3 hari terlebih dahulu. Anda bisa melihat jenis kelamin burung kenari melalui pembuluh vena yang akan dimiliki oleh burung kenari.

Untuk membedakan burung kenari yang jantan dan betina, jika Anda melihat pembuluh vena pada anakan burung kenari, maka burung kenari tersebut berkelamin jantan. Burung kenari betina tidak memiliki pembuluh vena.

2. Membedakan Kenari Betina Dan Jantan Ketika Berusia 3-7 Hari

Sebenarnya untuk membedakan jenis kelamin kenari akan sangat mudah jika sudah menginjak usia dewasa. Namun bukan berarti Anda tidak bisa membedakan jenis kelamin burung kenari ketika mereka masih anakan.

Untuk usia 3 sampai 7 hari, perbedaan jenis kelamin kenari bisa Anda lihat dari ada atau tidaknya garis merah yang melintang di bawah perut sampai ke arah dubur.

Jika burung kenari Anda memiliki garis tersebut tentu saja kenari Anda itu berjenis kelamin jantan, sementara jika tidak ada garis merah yang melintang, bisa dipastikan kenari yang Anda miliki tersebut berjenis kelamin betina.

3. Bentuk Kaki Dan Selangkangan Kenari

Perbedaan kenari jantan dan betina berikutnya bisa Anda lihat dari bentuk kaki dan juga selangkangan kenari yang Anda miliki tersebut. Bentuk dan ukuran kaki bisa Anda jadikan patokan untuk membedakan jenis kelamin dari burung kenari.

Untuk burung kenari yang memiliki jenis kelamin betina biasanya mempunyai bentuk kaki yang lebih ramping dan tidak terlalu kokoh. Ukuran dari kaki kenari betina biasanya juga relatif lebih pendek dibandingkan kenari jantan.

Untuk ciri kenari jantan adalah memiliki bentuk kaki yang lebih besar dan juga kelihatan lebih kokoh. Dibandingkan dengan ciri kenari betina, ukuran kaki kenari jantan juga terlihat lebih panjang. Sementara bentuk selangkangan dari burung kenari ini juga bisa Anda jadikan patokan dalam melihat jenis kelamin burung kenari yang Anda miliki.

Anda bisa memperhatikan bentuk selangkangan dari burung kenari yang Anda miliki. Umumnya ciri kenari jantan adalah memiliki bentuk selangkangan yang lebih rapat dibandingkan burung kenari betina.

4. Raut Wajah Kenari

cara membedakan kenari jantan dan betina

Cara membedakan kenari jantan dan betina berikutnya adalah dengan cara melihat raut wajah dari burung kenari yang Anda miliki tersebut. Seperti halnya pada burung lainnya, ciri kenari jantan biasanya akan memiliki raut wajah yang lebih garang.

Berbeda dengan jenis kenari betina, dimana ciri kenari betina adalah memiliki raut wajah yang menampilkan kesan imut, lugu dan juga cantik. Namun Anda jangan menjadikan ini sebagai pedoman pokok. Anda juga harus mempertimbangkan ciri-ciri lain ya.

5. Bentuk Kepala

Selain itu, Anda juga bisa melihat jenis kelamin burung kenari melalui bentuk kepala nya. Ketika burung kenari belum tumbuh terlalu besar, bentuk kepala burung kenari yang berkelamin jantan biasanya akan berbentuk pipih dan datar. Sedangkan kenari betina biasa berbentuk bulat.

Untuk ciri kenari jantan yang memiliki usia 4 bulan, warna burung kenari jantan akan lebih kelihatan kontras pada bagian sekitar kepala.

Selanjutnya untuk ciri-ciri kenari jantan pada saat berusia 6 sampai 7 hari juga dapat Anda perhatikan dengan cara mengamati mata burung kenari. Jika mata burung kenari sejajar dengan paruh maka dapat dipastikan jika burung kenari yang Anda miliki tersebut adalah burung kenari jantan.

Bentuk kepala dari burung kenari betina biasanya akan memiliki bentuk kepala yang kecil sehingga terlihat lebih bulat. Berbeda dengan burung kenari jantan yang memiliki bentuk kepala sedikit besar sehingga membuatnya lebih proporsional dengan ukuran tubuhnya.

6. Warna Tulang Belakang

Untuk mengetahui jenis kelamin burung kenari jantan dan betina, Anda juga bisa mengetahui nya melalui tulang belakang. Burung kenari dengan kelamin jantan akan memiliki warna pada pada tulang belakang yang lebih tegas jika dibandingkan dengan kenari betina.

Mungkin beberapa dari pecinta burung kenari akan sangat jarang membahas perbedaan jenis kelamin burung kenari berdasarkan cara ini. Hal ini karena jika dilihat secara sekilas, tulang belakang pada burung kenari hampir sama.

Namun apabila Anda lihat lebih seksama ada perbedaan dari bentuk warna tulang belakang dari burung kenari betina dan burung kenari jantan. Burung kenari jantan biasanya akan mempunyai warna yang lebih kuat serta lebih pekat dibandingkan burung kenari betina.

Sebenarnya untuk burung kenari betina juga memiliki warna yang pekat, namun warna tulang belakang burung kenari betina tidak memanjang seperti burung kenari jantan.

Baca Juga  Burung Hantu: Jenis, Makanan dan Cara Merawatnya

7. Perbedaan Posisi Mata Dengan Paruh

Biasanya, burung kenari akan membuka mata mereka pada usia seminggu. Ketika burung kenari sudah bisa membuka mata mereka, Anda bisa mengetahui jenis kelamin yang dimiliki.

Burung kenari jantan memiliki mata yang sejajar dengan paruhnya. Sedangkan untuk burung kenari betina, kelopak mata nya tidak akan sejajar dengan paruh.

8. Perbedaan Suara

Anda juga bisa mengetahui jenis kelamin burung kenari melalui suara burung kenari. Biasanya, burung kenari jantan lebih memiliki suara yang bervariasi dan ras. Sedangkan untuk kenari betina suara yang dimiliki biasanya tidak terlalu keras dan tidak bervariasi.

Untuk melihat perbedaan kenari jantan dan betina ini juga bisa Anda amati ketika kenari sedang lapar. Untuk anakan kenari yang sedang kelaparan, biasanya akan bersuara mencit-cit guna memanggil induknya agar memberi makanan.

Anda bisa mengamati suara jeritan burung kenari inilah ketika mereka lapar. Umumnya suara jeritan dari anak kenari jantan akan terdengar lebih keras dibandingkan burung kenari betina. Anda membutuhkan kepekaan untuk bisa mendengar dan memastikannya.

9. Posisi Cakar Saat Mencengkram

Pada umumnya setiap sangkar atau kandang burung kenari pastinya akan disediakan kayu yang berguna untuk menjadi tangkringan.

Selain untuk menjadi tempat nongkrong atau tangkringan kenari, Anda juga bisa memanfaatkan kayu tersebut untuk mengetahui apakah burung kenari Anda tersebut jantan atau betina.

Caranya adalah dengan cara mengamati cengkraman cakar kenari ketika mereka bertengger di atas kayu.

Kenari jantan biasanya akan mempunyai cengkraman kaki yang lebih kuat dibandingkan burung kenari betina. Namun ini tidak bisa dijadikan pedoman yang mutlak dalam menentukan jenis kelamin dari burung kenari ya.

10. Gerak Gerik Burung Kenari

ciri kenari jantan

Selanjutnya Anda juga bisa mengamati dari setiap gerak gerik burung kenari yang Anda miliki. Biasanya untuk kenari jenis jantan mereka akan lebih terlihat aktif, agresif dan juga giras. Sementara untuk kenari betina, mereka tidak akan seagresif burung kenari jantan.

Bahkan kebanyakan mereka akan menghabiskan waktunya untuk berdiam diri di dalam sangkar. Ini akan terlihat semakin jelas ketika burung kenari Anda sedang dalam kondisi lapar. Biasanya kicauan dari burung kenari jantan ketika lapar akan terdengar lebih energik dibandingkan burung kenari betina.

11. Postur Tubuh

Berbeda dengan jenis burung lainnya yang cenderung berlawanan arus, Anda bisa dengan mudah melihat perbedaan kenari jantan dan betina dari postur tubuh yang dimiliki.

Burung kenari betina biasanya memiliki bentuk tubuh yang umum atau tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan burung kenari jantan. Selain itu burung kenari betina juga mempunyai bentuk tubuh yang cenderung terkesan membulat, sementara untuk versi jantan akan mempunyai bentuk tubuh yang memanjang.

12.Kedekatan Dengan Induk

Ini adalah salah satu elemen dari kepribadian burung kenari yang membuatnya menjadi lebih hidup.

Cara membedakan kenari jantan dan betina selanjutnya adalah dengan melihat kedekatan burung kenari dengan induk.

Ketika masih anak anak burung kenari jantan akan terus berbunyi ketika dipisahkan dengan induknya, sementara untuk burung kenari betina biasanya tidak akan terlalu peduli.

Baca Juga  Burung Cendrawasih: Ciri-Ciri, Habitat dan Jenisnya

13. Irama Dan Kicauan Kenari

ciri kenari betina

Berikutnya untuk mengetahui perbedaan kenari jantan dan betina Anda bisa memperhatikan kicauan dan juga irama dari burung kenari. Ciri kenari jantan adalah memiliki kicauan yang jauh lebih lantang dan juga lebih gacor.

Irama yang dikeluarkan juga variatif atau tidak monoton. Berbeda dengan burung kenari betina yang lebih jarang mengeluarkan kicauan. Jika burung betina berkicau pastinya juga tidak akan selantang seperti burung kenari jantan. Irama yang dikeluarkan oleh betina juga akan terdengar monoton atau tidak variatif.

Inilah salah satu yang menjadi alasan kenapa burung kenari jantan lebih banyak dilombakan. Hal ini karena suara dari kicauan burung kenari jantan akan terdengar lebih lantang, indah dan juga variatif.

14. Cara Kenari Dalam Bertarung

Kenari jantan akan memiliki wajah yang jauh lebih garang dan juga memiliki postur tubuh yang lebih gagah. hal ini yang membuat burung kenari jantan lebih memiliki keberanian untuk bertarung, apalagi ketika mentalnya sudah terlatih.

Tentu saja burung kenari jantan akan menanggapi setiap rangsangan yang diberikan kepadanya, seperti halnya rangsangan suara.

Lain halnya yang dialami oleh burung kenari betina, burung kenari betina memiliki mental yang tidak setangguh burung kenari jantan. Sehingga burung kenari betina tidak akan terlalu ngotot ketika beradu kicauan dengan burung kenari lainnya.

15. Kebiasaan Melompat Burung Kenari

Selanjutnya Anda bisa melihat perbedaan kenari jantan dan kenari betina dengan cara memperhatikan kebiasaan melompat pada burung kenari.

Kebiasaan melompat pada burung kenari ini dapat Anda perhatikan ketika burung kenari masih berusia muda, paling tidak ketika berusia satu hingga tiga minggu. Umumnya burung kenari jantan akan mempunyai lompatan yang jauh lebih jauh dibandingkan burung kenari betina.

Itulah tadi informasi lengkap tentang bagaimana cara membedakan kenari jantan dan kenari betina yang dapat dilihat dari berbagai sudut, entah itu dari ciri fisik, suara atau perilaku burung kenari.

Harapannya tentu saja setelah Anda selesai membaca artikel ini, Anda jadi lebih tahu dan pandai dalam membedakan jenis kelamin yang Anda miliki apakah jantan atau betina.

Ciri-ciri diatas juga dapat Anda jadikan sebagai rujukan ketika memilih burung kenari yang akan dibeli, maka Sahabat JH tidak perlu lagi merasa ragu atau tertipu dan dimanfaatkan oleh oknum penjual burung yang nakal karena sekarang Anda sudah mengetahui cara membedakan kenari jantan dan betina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *