perbedaan kucing anggora dan persia

Sering Tertukar? Ini 7 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Posted on

Perbedaan Kucing Anggora Dan Persia – Kucing anggora dan juga kucing persia adalah jenis kucing yang paling banyak dipelihara di Indonesia, bahkan juga sering dipelihara oleh orang-orang di dunia. Untuk mereka yang merupakan pecinta kucing tentu akan mudah untuk menemukan perbedaan kucing anggora dan kucing persia.

Namun bagi yang sama sekali belum pernah memelihara jenis kucing-kucing tersebut tentu akan susah jika ditanya apa perbedaan kucing anggora dan persia.

Kucing anggora dan persia adalah jenis kucing peliharaan yang sangat terkenal karena memang banyak yang memelihara sekaligus menyukai nya.

Kedua kucing ini sama-sama memiliki bulu yang sangat indah dan juga panjang, ditambah lagi dengan sifatnya yang lucu membuat semua orang tertarik untuk memelihara kucing anggora atau persia.

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

perbedaan kucing anggora dan persia dengan mudah

Banyak pecinta kucing Indonesia yang memilih untuk memelihara kucing anggora atau kucing persia karena tingkah laku kedua jenis kucing ini yang sangat lucu, ditambah lagi bulunya yang panjang dan lebat membuat popularitas kedua kucing ini semakin tak tertandingi.

Baca Juga  Bukan Cuma Bulu, Ini 8 Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

Nah bagi anda yang ingin memelihara salah satu jenis kucing ini, agar kalian tidak keliru ketika ingin membeli atau bahkan mengadopsi jenis kucing ini. Sebaiknya Anda memahami dulu perbedaan kucing anggora dan persia yang sudah saya jelaskan di bawah ini.

1. Daerah Asal Kucing

Perbedaan mendasar dari kedua jenis kucing anggora dan persia ini bisa anda lihat dari daerah asal kucing. Kucing anggora sering dianggap menjadi salah satu jenis ras kucing tertua di dunia. Hal ini karena kucing anggora sudah ditemukan sejak tahun 1600.

Kucing anggora juga sering disebut dengan nama lain kucing ankara, wajar saja karena kucing anggora ditemukan di daerah kota Ankara, Turki.

Sementara untuk kucing persia adalah salah satu jenis kucing dengan bulu panjang yang ditemukan di daerah Persia (Sekarang Iran). Kucing persia ini awalnya dibawa ke dataran eropa ketiak tahun 1620, sejak saat itu kucing ini mulai banyak dikenal oleh masyarakat dunia.

2. Bentuk Tubuh Kucing

Perbedaan kucing anggora dan persia berikutnya bisa anda lihat dari bentuk tubuh masing-masing kucing. Memang jika dilihat sekilas, bentuk tubuh kedua jenis kucing ini terlihat sama.

Namun jika anda perhatikan lebih dalam, bentuk tubuh dari masing-masing kucing ini sangat berbeda. Perbedaan bentuk tubuh kedua kucing ini bisa dilihat dimana kucing anggora memiliki bentuk tubuh yang sedikit lebih tinggi daripada kucing persia.

Kucing anggora juga memiliki bentuk tubuh ramping sehingga otot-otot kucing lebih menonjol atau terlihat. Dengan otot yang terlihat itu lah membuat perawakan dari kucing anggora terlihat gagah.

Sementara untuk kucing persia memiliki bentuk tubuh yang bulat dna menggemuk. Jika dilihat dari bentuk tubuh, kucing persia akan terlihat lebih menggemaskan.

Baca Juga  Kucing Persia Himalaya: Ciri, Cara Merawat dan Harganya

3. Bentuk Wajah Kucing

cara membedakan kucing

Jika dilihat secara penampilan, perbedaan kucing anggora dan persia bisa anda lihat dari bentuk wajahnya. Walaupun anda masih awam dalam dunia kucing, namun anda bisa mengenali perbedaan kedua kucing ini dengan mudah hanya dari melihat bentuk wajahnya.

Bentuk wajah kucing anggora hampir sama seperti bentuk wajah dari kucing kampung, yaitu dengan rahang yang kuat. Namun kucing anggora memiliki bulu yang panjang hingga menutupi bagian pipinya.

Wajah kucing anggora memiliki bentuk segitiga yang agak lonjong. Sementara mata kucing anggora ini tidak selebar seperti mata kucing persia, tatapan kucing anggora ini juga lebih tajam.

Sementara untuk telinga kucing anggora ini memiliki ukuran yang runcing dan agak panjang, jarak telinga kucing juga tidak begitu jauh. Hal yang paling mencolok bisa anda lihat dari bentuk hidung masing-masing kucing. Dimana kucing anggora memiliki hidung yang mancung, namun tentu saja tidak semancung hidung kucing kampung.

Untuk kucing persia ini memiliki bentuk wajah yang lumayan khas. Walaupun kucing persia memiliki berbagai jenis, namun bentuk wajah kucing persia ini hampir sama semua.

Umumnya, kucing persia mempunyai bentuk wajah yang bulat dengan bulu yang sangat banyak di bagian wajahnya. Bulu yang banyak tersebut membuat sekilas leher kucing tidak terlihat karena tertutupi oleh bulu.

Kucing persia mempunyai mata yang lebar dengan penglihatan tajam. Pada bagian telinga, kucing persia memiliki telinga yang cukup pendek dan lebih besar dibandingkan dengan telinga dari kucing anggora.

Bentuk wajah kucing persia seperti inilah yang menjadikannya tampil lebih lucu dan gempil selaras dengan bentuk tubuhnya.

Tidak seperti kucing anggora yang kebanyakan memiliki hidung mancung, bentuk hidung dari kucing persia ini berbeda-beda sesuai dengan jenisnya.

Untuk kucing persia peaknose dan juga kucing persia flatnose tentu saja mempunyai bentuk hidung pesek. Sementara untuk kucing persia himalaya dan kucing persia medium mempunyai bentuk hidung tidak begitu pesek.

4. Bulu Kucing

Perbedaan kucing anggora dan persia berikutnya bisa anda lihat dari bulu kucing. Dimana biasanya kucing sphinx memiliki bulu yang lebat dan hampir menyelimuti seluruh bagian tubuhnya.

Kucing anggora memang memiliki bulu yang lebat, namun tidak selebat bulu kucing persia. Sementara pada bagian ekor, kucing anggora memiliki ekor yang lebat dan panjang. Bahkan saking panjangnya, ekor kucing anggora ini hampir sama seperti ekor musang.

Kucing persia mempunyai bulu yang sangat lebat dan menutupi semua bagian tubuhnya. Karena bulu yang lebat inilah membuat bentuk tubuh kucing persia terlihat sangat gemuk dibandingkan jenis kucing anggora.

5. Karakter Kucing

Tentu saja setiap jenis kucing memiliki karakter yang berbeda-beda. Sama seperti kucing anggora dan persia yang mempunyai karakter berbeda. Kucing anggora adalah jenis kucing yang sangat aktif, mudah beradaptasi dan senang bermain.

Kucing anggora akan sangat senang jika anda ajak bermain. Selain itu jika ada banyak hewan peliharaan lain di rumah, kucing anggora bisa mengajak hewan tersebut bermain bersama.

Berbeda dengan kucing persia yang mempunyai karakter lebih pendiam dan kalem. Kucing persia tidak begitu aktif, bahkan bisa dikatakan sebagai kucing pemalas. Kucing persia biasanya akan menghabiskan waktu untuk tidur, lebih banyak tidur dibandingkan bermain dan beraktivitas.

Baca Juga  7 Cara Merawat Kucing Persia Dengan Baik Agar Tumbuh dan Sehat

6. Aktivitas Kucing

cara membedakan kucing

Setelah kalian mengetahui perbedaan kucing anggora dan persia dari karakteristiknya, tentu saja kalian bisa menyimpulkan jika aktivitas yang dilakukan oleh kucing anggora dan persia ini sangat berbeda.

Kucing anggora adalah salah satu jenis kucing yang sangat aktif. Bahkan kucing anggora akan lebih banyak menghabiskan waktunya dengan bermain di luar kandang. Kucing anggora lebih senang bermain di luar kandang, entah itu bermain bersama hewan peliharaan lainnya atau bermain dengan pemiliknya.

Sementara untuk kucing persia lebih banyak berdiam diri di dalam kandangnya. Biasanya kucing persia hanya akan melakukan aktivitas di luar kandang cuma ketika makan atau buang air. Selebihnya kucing persia akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan tidur-tiduran di dalam kandangnya.

7. Harga Kucing

Umumnya harga kucing dibandrol sesuai dengan kualitas kucing tersebut. Kucing yang telah divaksin lengkap biasanya akan dibandrol dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan kucing yang sama sekali belum divaksin.

Selain itu kucing yang sering memenangkan perlombaan atau kontes juga akan dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan kucing yang tidak pernah memenangkan perlombaan, atau bahkan tidak pernah mengikuti perlombaan.

Selain masalah kualitas, usia kucing juga mempengaruhi harga jual dari kucing loh. Semakin dewasa usia kucing tentu saja harga jualnya akan semakin mahal. Pada umumnya harga jual kucing anggora lebih mahal dibandingkan dengan harga jual kucing persia.

Baca Juga  4 Cara Mengetahui Umur Kucing dan Merawatnya Sesuai Usia

Namun hal itu juga tidak bisa dijadikan sebagai patokan sebelum anda membeli kucing ya, karena ada faktor lain yang bisa membuat harga kucing menjadi tinggi.

Nah itulah beberapa perbedaan kucing anggora dan kucing persia yang bisa anda lihat dengan mengamati kedua jenis kucing ini lebih dalam. Semoga bisa membantu Sahabat JH ya ketika ingin membeli atau mengadopsi jenis kucing ini agar tidak salah pilih. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *