sapi limosin

Sapi Limosin : Kelebihan, Harga dan Cara Berternaknya

Posted on

Sapi Limosin – Mendekati hari raya Idul Adha banyak sekali pedagang sapi dan juga kambing membuka lapak. Berbagai jenis sapi dan kambing dari berbagai kelas pun ditawarkan.

Salah satu jenis yang paling banyak diminati oleh kalangan kelas atas adalah sapi limosin. Beberapa pesohor di Indonesia seperti Bapak Jokowi dari tahun 2018 hingga 2020 selalu memilih sapi ini sebagai kurban.

Satu hal yang menjadikan sapi yang dijuluki limosin ini terkenal adalah harganya yang mahal mencapai ratusan juta rupiah. Harga ini tentunya berbanding sangat jauh dengan sapi kelas menengah ke bawah yang harganya belasan juta.

Apa yang menjadikannya sangat istimewa? Kenali kelebihan dan cara memilihnya yang tepat di sini.

Kelebihan Sapi Limosin yang Jadi Favorit Pesohor Indonesia

Kelebihan Sapi Limosin

Apabila dilihat dari asal usulnya, sapi limousin berasal dari Perancis tepatnya di Haute-Vienne. Sapi ini memiliki otot besar sehingga perawakannya sangat kekar. Selain diambil dagingnya, sapi jenis ini juga dimanfaatkan menarik bajak di sawah di negara aslinya.

Sapi jantan memiliki tanduk dengan bentuk melengkung ke luar. Rata-rata sapi ini memiliki warna coklat tua dan sedikit terang di area mata serta lutut ke bawah.

Pengembangbiakan sapi limo di Indonesia dilakukan dengan menyilangkan jenis Brahman dan Ongole. Apa yang membuat sapi ini begitu istimewa dapat dilihat dari kelebihannya berikut ini.

1. Memiliki pertumbuhan cepat

Bagi para peternak, sapi limo sangatlah menguntungkan untuk dipelihara. Kecepatan pertumbuhan sapi inilah yang menjadikannya berbeda dari jenis sapi lokal.

2. Bobot yang sangat berat

Baik dari segi bentuk badan dan beratnya, sapi limo bisa dua kali lipat lebih besar dari sapi jenis lainnya. Bagaimana tidak, berat dari satu sapi saja bisa mencapai 1 ton lebih.

Baca Juga  6 Fakta Menakjubkan Beruang Kutub sebagai Mamalia Laut

3. Proses penggemukan relatif cepat

Bukan hanya bobotnya yang berat menjadi daya tarik tetapi penambahan beratnya cukup cepat. Jika menggunakan pakan yang bagus, setiap hari kenaikan berat bisa mencapai 1,5 kg. Jumlah ini nantinya bisa mencapai 1,2 ton lebih.

4. Tahan terhadap penyakit

Satu lagi yang paling menguntungkan soal sapi limosin adalah ketahanannya terhadap penyakit. Jenis penyakit seperti antraks yang paling sering menyerang sapi lokal sangat jarang menyerang sapi limo.

Cara Berternak Sapi Limosin yang Harus Diperhatikan

Cara Berternak Sapi Limosin

Sapi limo memiliki kualitas bagus bukan hanya karena jenisnya saja. Rahasia kualitas sapi ini juga disebabkan oleh cara beternaknya. Bagi yang ingin beternak sapi limo perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Memiliki lahan luas untuk kandang dan bersih

Ukurannya yang besar membuat sapi limo tidak bisa dipelihara seperti sapi lokal. Dibutuhkan lahan yang cukup luas, apalagi jika ingin beternak dalam jumlah yang banyak.

Kandang sapi juga dibuat sesuai untuk menjaga keamanan, seperti dari angin atau hujan. Kebersihan kandang juga harus selalu dijaga.

2. Pemilihan pakan sapi

Pakan akan mempengaruhi kecepatan penambahan berat sapi dan kesehatannya. Oleh karena itu jenis apakah harus dibedakan dengan sapi jenis lainnya. Beberapa pilihan pakan seperti rumput hijau, vitamin, konsentrat dan jerami.

Baca Juga  Ayam Hutan Hijau: Ciri-ciri dan Cara Membudidayakannya

3. Perawatan

Biaya yang cukup besar akan dihabiskan peternak untuk melakukan perawatannya. Ketika terserang penyakit biaya pengobatan akan mahal. Belum lagi dengan vaksin, obat cacing, antibiotik.

Peternak juga harus memotong kuku sapi secara rutin karena bisa menjadi sumber rasa sakit mereka. Sapi juga harus rutin dimandikan untuk terus terjaga kebersihannya.

4. Panen dan pemasaran

Berat minimal sapi yang sudah bisa dipasarkan adalah 390 hingga 500 kg. Pemasarannya pun tidak terlalu sulit karena banyak sekali orang yang berminat dengan jenis ini. Apalagi jika mendekat Idul Adha, otomatis pemasarannya semakin mudah.

Harga Sapi Limosin yang Melejit

Harga Sapi Limosin

Soal harga sapi limosin tentunya sangat terlihat dari bobotnya yang sangat berat memiliki nilai yang tinggi. Bagi sapi anakan biasanya dijual 60.000 per kilogramnya. Harga bibit sapi ini sangatlah mahal.

Jika dijumlahkan, sapi berumur 5 – 6 bulan mencapai 14 jutaan per ekor sedangkan yang usia 8 bulan 17,5 juta. Sapi berumur 10 bulan seharga 19 juta rupiah.

Sapi limo dewasa dijual dengan harga 45 ribu per kilogramnya. Sapi dewasa berumur 1-2 tahunan bisa dijual dari harga 23 juta rupiah.

Cara Memilih Bibit Sapi Limosin

Cara Memilih Bibit Sapi Limosin

Bibit yang mahal membuat pemilihan sapi harus dilakukan secara teliti sejak awal bagi peternak. Pemilihan bibit sapi yang bagus ini tentunya akan menghasilkan sapi berkualitas. Nah, untuk memilihnya ada beberapa ciri yang bisa diperhatikan berikut ini.

1. Memperhatikan postur tubuh

Perhatikan keseimbangan tubuh sapi. Bagian kepala dan badan harus seimbang. Proporsi yang seimbang dapat diperhatikan dari bagian samping, depan dan juga belakang. Akan terlihat manakah sapi yang bagus.

2. Memperhatikan bagian leher

Leher sapi yang bagus adalah berukuran besar, kuat dan juga tebal. Tidak ada kulit yang menggelambir. Artinya ototnya masih sangat bagus.

3. Memiliki punggung yang rata

Selain tubuh proporsi yang seimbang, tulang punggung juga menentukan kesehatan sapi. Tulang punggung harus rata dan tidak mengalami pembengkokan.

Baca Juga  Kelinci Rex: Jenis, Cara Merawat dan Kisaran Harganya

4. Memiliki kaki normal

Keempat kaki sapi juga perlu diperhatikan apakah terjadi pembengkokan tulang atau normal. Kaki juga sebaiknya tidak pincang atau mengalami cacat lainya.

5. Memiliki mulut datar

Bagian mulut sapi juga harus diperhatikan. Bentuk yang bagus adalah datar.

6. Memiliki tulang rusuk yang tidak melengkung

Tulang rusuk sapi limo yang bagus adalah tidak melengkung ke dalam. Jika melengkung sapi nantinya tak kelihatan berisi.

7. Testis dan puting

Sapi jantan harus memiliki dua testis sedangkan sapi betina memiliki empat buah putih yang semuanya dalam keadaan normal.

Melihat kualitas dan cara beternaknya tidak heran jika sapi ini memiliki harga yang sangat mahal. Bagaimana apakah tertarik untuk membeli sapi limosin saat Idul Adha nanti?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *