steril kucing

Steril Kucing: Manfaat dan Kisaran Biayanya

Posted on

Steril Kucing : Kucing merupakan salah satu hewan yang lucu dan menggemaskan. Dengan tingkah laku mereka, sebenarnya dapat membuat kita merasa senang. Jika Anda mempunyai kucing di rumah, Anda harus benar-benar menjaga kesehatan kucing Anda.

Pasalnya, jika Anda tidak bisa menjaga kesehatan kucing Anda dengan baik, maka hal tersebut dapat menyebabkan kucing Anda terkena penyakit. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kucing Anda adalah dengan sterilisasi kucing.

Sterilisasi pada kucing Anda dapat memberikan beberapa manfaat bagus untuk kesehatan kucing Anda. Diantaranya adalah kucing Anda akan lebih ceria, populasi kucing akan terjaga, kucing Anda tidak akan pipis sembarangan, dan lain-lain.

Manfaat Melakukan Steril Kucing

Manfaat Melakukan Steril Kucing

Kita, selaku orang yang memelihara kucing dirumah, tentu saja harus senantiasa menjaga kesehatan kucing kita.

Pasalnya, kucing adalah hewan yang rentan terkena penyakit. Nah, maka dari itu, menjaga kesehatan kucing sangat lah penting untuk Anda lakukan.

Dengan begitu, kucing Anda akan lebih sehat, energik, dan nampak lebih segar. Untuk itu, Anda bisa memberikan makanan secara teratur, lalu memberikan vitamin pada kucing, membersihkan kucing Anda, dan jangan lupa yang terpenting mensterilkan kucing Anda.

Apa sih sterilisasi pada kucing itu? Mungkin, bagi Anda yang belum tahu tentang sterilisasi pada kucing, sterilisasi pada kucing adalah sebuah tindakan dimana kita mengangkat organ reproduksi kucing supaya kucing tersebut tidak berkembang biak. Lalu apa manfaat sterilisasi pada kucing.

Baca Juga  Kucing Tidak Mau Makan: Penyebab dan Cara Penanganannya

1. Populasi Kucing Terjaga

Bagi Anda yang belum tahu, kucing dapat melahirkan anak 2-6 anak dalam sekali lahiran. Hal inilah yang menyebabkan banyak nya populasi kucing di dunia.

Yang paling menyedihkan adalah banyak nya kucing liar di jalanan yang terlantar. Hal itu juga menyebabkan anak dari kucing yang terlantar pun akan ikut terlantar. Itu lah manfaat dari sterilisasi pada kucing untuk menjaga populasi kucing.

2. Menjaga Kesehatan Kucing

Sterilisasi pada kucing dapat membuat kucing lebih sehat. Selain itu, kucing Anda pun akan lebih energik dari biasanya.

Kucing memiliki hormone reproduksi yang mana jika Anda mensterilkan kucing Anda, hormon tumbuh dan energy akan lebih berkembang daripada hormone reproduksi.

3. Menghindari Perkelahian Kucing

Banyak sekali kasus perkelahian yang terjadi antara kucing jantan dengan kucing jantan lain. Perkelahian dalam kucing dapat menyebabkan infeksi yang dapat mengganggu kesehatan kucing.

Sterilisasi berfungsi untuk membuat kucing Anda menjadi lebih tenang sehingga perkelahian dapat terhindarkan.

4. Lebih Suka Dirumah

Pada waktu kucing sudah menginjak dewasa, insting mereka akan selalu berpetualang untuk mencari pasangan. Hal itu terjadi karena dorongan dari hormon reproduksi kucing. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda mensterilkan kucing Anda. Kucing Anda akan lebih betah dirumah.

5. Tidak Akan Pipis Sembarangan

Kucing jantan biasanya akan menAndai wilayah kekuasaan mereka dengan air urine. Bahkan, kucing juga sering kencing sembarangan di rumah Anda bukan. Itu menAndakan bahwa rumah Anda adalah daerah kekuasaan kucing Anda.

Nah, ini lah fungsi dari sterilisasi kucing akan bekerja. Sterilisasi kucing akan membuat kucing Anda tidak akan kencing sembarangan di rumah Anda.

Kisaran Biaya Steril Kucing

Biaya Steril Kucing

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari melakukan steril pada kucing, mungkin Anda akan langsung tertarik untuk melakukan steril kucing kesayangan Anda. lalu berapa sih biaya steril kucing? berapa harga steril kucing yang harus kita bayarkan?

Untuk di satu wilayah, kemungkinan akan mendapatkan subsidi atau bantuan sosial yang bekerja sama dengan Dinas Penanganan Hewan sehingga tidak ada patokan harga yang pasti untuk biaya steril kucing.

Mungkin Anda akan menemukan harga steril kucing yang bebas biaya atau gratis, atau ada juga yang berbayar tergantung dimana tempat tinggal Anda.

Baca Juga  7 Cara Merawat Kucing Persia Dengan Baik Agar Tumbuh dan Sehat

Untuk biaya steril kucing yang mendapatkan subsidi kemungkinan harga termurah yang harus Anda bayar adalah minimal Rp. 300.000, itu untuk ras kucing domestik entah jantan atau betina.

Sementara harga steril kucing yang tidak mendapatkan bantuan subsidi Anda bisa mengeluarkan uang hingga Rp. 1.000.000 per ekornya.

Sekianlah pembahasan mengenai manfaat steril kucing hingga kisaran biaya steril kucing dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat yah untuk Sahabat JH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *