sugar glider

Sugar Glider: Jenis, Makanan, Harga dan Cara Merawatnya

Posted on

Sugar Glider – Tren memelihara hewan peliharaan sugar glider memang tidak akan ada matinya. Hal ini wajar saja karena jenis hewan pengerat yang satu ini bukan hanya jinak dan lucu namun juga mudah dalam perawatannya.

Sugar glider adalah hewan yang memiliki bentuk mirip seperti tupai. Hewan peliharaan ini diberi nama Sugar Glider karena hewan ini memiliki makanan kesukaan yang manis-manis seperti gula.

Sedangkan Glider berarti meluncur, jadi kesimpulannya sugar glider adalah hewan yang menyukai makanan manis dan suka meluncur terbang dari 1 pohon ke 1 pohon lainnya.

Jenis-Jenis Sugar Glider dan Harga

harga sugar glider
Banyak yang belum mengetahui jika ternyata sugar glider adalah hewan yang lebih suka beraktivitas di malam hari loh, atau juga biasa kita kenal dengan istilah Nokturnal.

Awalnya Sugar Glider ini hidup di negara Australia dan daerah di sekitar Papua. Dari sekitar banyaknya jenis sugar glider. Berikut adalah beberapa jenis sugar glider yang lucu beserta harga sugar glider.

1. Sugar Glider Classic Grey

Sugar Glider Classic Grey adalah jenis sugar glider yang sering kita jumpai di Indonesia. Banyak orang yang memelihara jenis sugar glider ini. Sesuai dengan namanya, Sugar Glider Classic Grey memiliki bulu yang berwarna abu-abu dan juga bulu yang sedikit berwarna hitam dan memanjang dari kepala hingga punggung.

Untuk harga sugar glider jenis Classic Grey ini biasanya dibanderol dengan harga Rp.300.000 sampai Rp.500.000 untuk jenis anakan.

Namun apabila anda membeli 1 pasang biasanya harga sugar glider akan jauh lebih murah. Saya sarankan bagi anda yang ingin membeli sugar glider, beli lah dari orang yang mengembangbiakan sendiri, jangan membeli di pasar hewan.

2. Sugar Glider Albino

Berikutnya ada jenis Sugar Glider Albino yang mempunyai warna bulu putih dan juga bola mata yang berwarna merah. Warna mata merah dan bulu putih ini karena kelainan genetik atau bawaan dari lahir. Jika kita perhatikan sekilas Sugar Glider Albino ini akan mirip seperti jenis Sugar glider Leucistic.

Jenis sugar glider yang satu ini adalah hewan peliharaan yang cacat dimana pigmen kulit sugar glider ini tidak ada sejak lahir. Bahkan jika kita melihat sekilas, sugar glider ini akan terlihat seperti tidak memiliki bulu. Untuk harga sugar glider jenis ini di pasaran dijual dengan harga 5 jutaan.

Baca Juga  Ayam Kalkun: Ciri-ciri, Jenis dan Harganya

3. Sugar Glider Leucistic

Jenis sugar glider berikutnya adalah Sugar Glider Leucistic. Dimana jika kita melihat sekilas, jenis sugar glider yang satu ini akan mirip seperti jenis albino namun ternyata berbeda.

Perbedaan yang bisa anda lihat adalah jika albino memiliki bulu putih dengan mata yang berwarna merah, sementara untuk jenis Sugar Glider Leucistic memiliki bola mata yang tetap hitam. Untuk harga Sugar Glider Leucistic dijual dengan harga 1.5 juta sampai 2.5 juta rupiah.

4. Sugar Glider White Face

jenis sugar glider

Sesuai dengan namanya, Sugar Glider White Face adalah sugar glider yang memiliki ciri khas dimana wajahnya yang berwarna putih. Untuk jenis sugar glider yang satu ini jika kita lihat dari segi corak hampir sama seperti sugar glider classic grey.

Yang membedakan antara Sugar Glider White Face dengan Classic Grey adalah warna bulu yang cenderung lebih cerah jika dibandingkan dengan Classic Grey. Untuk harga sugar glider jenis ini dijual dengan harga 5 jutaan

5. Sugar Glider White Tip

Jenis sugar glider berikutnya adalah white tip. Jika kita lihat sekilas warna bulu jenis sugar glider yang satu ini hampir sama seperti jenis sugar glider classic grey.

Yang membedakan antara sugar glider white tip dengan sugar glider classic grey adalah anda bisa melihat dari ekornya. Jika pada sugar glider white tip memiliki warna putih di ujung ekornya, sementara untuk classic grey memiliki warna yang sedikit lebih gelap. Harga sugar glider jenis ini dijual dengan harga 4.5 jutaan.

6. Sugar Glider Ringtail

Sugar Glider Ringtail mempunyai warna bulu abu-abu terang. Ciri khusus dari Sugar Glider Ringtail adalah ekornya yang memiliki warna lebih cerah dan juga terdapat bulu variasi hitam melingkar di sekitar ekor yang berwarna putih keruh.

Untuk jumlah lingkaran cincin sugar glider yang satu ini juga bervariasi, bisa 2 atau juga bisa 1. Untuk harga sugar glider jenis ini dijual dengan harga 5 jutaan.

7. Sugar Glider Mosaic

Jenis Sugar Glider Mosaic memiliki nama lain Powdered Mosaic dimana jika kita perhatikan sekilas sugar glider yang satu ini memiliki wajah yang hampir sama seperti jenis white face.

Namun pada Sugar Glider Mosaic ini memiliki warna putih yang lebih mendominasi pada warna bulunya. Harga pasaran Sugar Glider Mosaic dijual dengan harga 4 jutaan.

8. Sugar Glider Platinum

Jenis sugar glider berikutnya adalah Sugar Glider Platinum. Dimana jenis ini mempunyai warna bulu abu-abu terang sedangkan pada ekornya berwarna abu-abu gelap. Ciri khas lain dari jenis sugar glider yang satu ini adalah garis coklat tua yang ada di atas kepala hingga punggung.

Namun pada jenis sugar glider yang satu ini memiliki garis coklat tua yang sedikit samar. Harga sugar glider platinum ini cukup mahal yaitu 6 jutaan.

Baca Juga  Ulat Kandang: Perbedaan, Manfaat dan Cara Ternaknya

9. Sugar Glider Creamino

Sugar Glider Cremino mempunyai bulu dengan warna yang mirip seperti kopi dicampur susu. Tekstur bulu dari Sugar Glider Cremino ini lebih lembut dimana warna bulu sugar glider yang satu ini sedikit lebih merata dari badan hingga ekor lengkap dengan bola mata yang berwarna merah.

Dengan ciri khas tersebut membuat Sugar Glider Cremino dibanderol dengan harga yang cukup mahal yaitu 6 sampai 7 juta rupiah per ekornya.

10.Sugar Glider Black Beauty

Jenis sugar glider terakhir adalah Sugar Glider Black Beauty. Jenis ini mempunyai bulu dengan warna yang sedikit gelap pada bagian wajahnya. Memiliki garis tebal pada bagian muka yang seolah-olah menyatu dengan garis lingkar mata.

Warna bulu di tubuhnya mirip seperti jenis classic grey, namun untuk jenis ini cenderung lebih gelap. Untuk bola mata dan telinga sugar glider jenis ini berwarna hitam. Yang unik dari jenis sugar glider ini adalah walaupun kurang menarik namun dibanderol dengan harga yang cukup mahal yaitu 5 jutaan.

Makanan dan Cara Merawat Sugar Glider

cara merawat sugar glider

Untuk cara merawat sugar glider sebenarnya cukup mudah yang terpenting anda harus menyediakan kandang atau tempat tinggal yang cukup dan bersih. Ukuran minimum kandang yang ideal untuk sugar glider adalah memiliki lebar 60 cm dan juga tinggi 30 cm.

ementara untuk jarak antara jeruji tidak boleh melebihi 1.25 cm. Lebih baik lagi jika sugar glider dipersiapkan kandang dengan ukuran yang lebih besar supaya mereka bisa leluasa bermain.

Selain kandang sebagai tempat tinggal tentu saja sugar glider juga membutuhkan makanan. Untuk makanan sugar glider lebih baik diberi makanan yang mengandung protein seperti buah dan sayur.

Baca Juga  Kambing Kacang: Ciri, Cara Merawat dan Cara Ternaknya

Vitamin sangat penting untuk pembentukan energi dari sugar glider. Sementara minuman harus air yang bersih, anda bias menggunakan air galon atau air yang sudah disaring terlebih dulu. Agar lebih baik anda juga bisa mencampur minuman untuk sugar glider dengan jus buah paling tidak 3 kali dalam seminggu.

Untuk menambah wawasan dan ilmu seputar dunia sugar glider anda bisa mengikuti komunitas pecinta sugar glider yang ada di daerah anda. Di setiap regional tentu saja ada komunitas pecinta sugar glider, cobalah untuk mendekati dan bergabung dengan komunitas sugar glider tersebut jika anda masih kebingungan dalam memelihara sugar glider.

Seperti halnya fungsi komunitas yang saling sharing dan berbagi pengalaman, tentu saja anggota komunitas lain pastinya akan senang membantu dan memberikan saran kepada pemula tentang bagaimana cara merawat sugar glider dengan baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *