umpan ikan lele

Hobi Mancing, Coba 4 Racikan Umpan Ikan Lele Ini

Posted on

Umpan Ikan Lele – Memancing adalah hal yang sangat menyenangkan. Bukan hanya mancing di air laut saja, namun juga ternyata memancing di air tawar sangat seru untuk dilakukan.

Salah satu target utama ketika kita memancing ikan di air tawar tentu saja adalah ikan lele. Walaupun sama-sama ikan lele, namun ternyata umpan ikan lele berbeda-beda tergantung pada kebiasaan pada habitat ikan lele tersebut. Apalagi jika kita akan memancing ikan lele galatama yang biasanya lebih dipelihara dan dimanjakan oleh pemiliknya.

Bahkan bukan cuma ikan lele saja, karena hampir semua ikan yang ada di kolam atau penangkaran akan tidak aktif dibandingkan dengan ikan yang hidup di alam liar. Lalu bagaimana sih cara membuat umpan ikan lele yang ampuh?

Cara Membuat Umpan Ikan Lele Yang Ampuh

Cara Membuat Umpan Ikan Lele

Ikan lele adalah jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan lele ini akan mudah dikenali karena memiliki tubuh yang licin sekaligus berlendir. Lendir pada ikan lele ini memiliki fungsi untuk melindungi dirinya sendiri dari gesekan air dan jamur, hal ini karena ikan lele tidak memiliki fisik.

Ikan lele juga memiliki sungut yang memiliki fungsi untuk indra peraba dan juga perasa guna mendeteksi makanan di sekitar. Oleh sebab itu dalam membuat umpan ikan lele, kita membutuhkan aroma yang cukup kuat agar bisa merangsang indra perasa lele tersebut.

Baca Juga  18 Fakta Ikan Arapaima Yang Disebut Sebagai Ikan Raksasa

Habitat asli dari ikan lele ini berada di rawa, sungai atau telaga dan genangan air lainnya memiliki sambungan ke sungai hingga persawahan. Ikan lele biasanya akan lebih aktif ketika malam hari.

Sementara saat siang hari ikan lele menjadi lebih tidak banyak bergerak dan sering berlindung ditempat yang gelap atau di dasar air. Di habitat aslinya, ikan lele akan memijah ketika memasuki musim hujan. Saat musim hujan, ikan lele akan keluar dari sarangnya kemudian akan menyebar.

Rekomendasi Umpan Ikan Lele Alam Liar

makanan ikan lele

Kembali pada topik utama pembahasan, yaitu tentang bagaimana cara memilih dan membuat umpan ikan lele yang ampuh. Ketika kita ingin memancing ikan, umpan masing-masing ikan tentu saja tidak bisa kita samakan. Kita harus melihat lingkungan atau habitat dari ikan tersebut.

Lele yang hidup di alam liar termasuk ikan lele yang sangat rakus dan akan memakan apa saja di hadapannya. Jadi untuk membuat umpan ikan lele yang satu ini tidak terlalu susah. Berikut pilihan umpan makanan ikan lele alam liar.

1. Jangkrik

Umpan ikan lele yang pertama adalah jangkrik atau belalang. Jika anda memancing di daerah yang terdapat banyak sekali jangkrik atau belalang, maka anda bisa memanfaatkan jangkrik tersebut untuk dibuat umpan ikan lele. Anda dapat mencoba mengaitkan kail pada punggung jangkrik.

Yang terpenting ketika anda menggunakan jangkrik atau belalang sebagai umpan ikan lele, jangan buang dulu sayapnya supaya umpan tersebut kelihatan alami. Ikan lele akan mengira jika jangkrik tersebut tidak terkait dengan kail pancing yang kita gunakan. Dengan begitu ikan lele akan mudah ditangkap.

2. Cacing Tanah

Salah satu umpan ikan lele favorit banyak orang adalah menggunakan cacing tanah. hal ini karena cacing tanah mudah untuk kita dapatkan di alam liar, apalagi jika kontur tanah di sekitarnya sangat lembab dan juga banyak pepohonan. Cacing tanah juga sudah terbukti ampuh bisa mendapatkan ikan lele dengan cepat.

Ketika anda menggunakan cacing tanah sebagai umpan ikan lele, ada baiknya anda tidak memotong cacing. Biarkan cacing memiliki panjang yang melebihi kail atau hook. Kelebihan tubuh cacing yang menggantung ini bisa menarik perhatian dari ikan lele untuk memakannya.

Baca Juga  Ikan Guppy: Jenis, karakteristik, Makanan dan Harganya

3. Kroto

Jika anda sedang malas mencari umpan ikan lele di alam liar. Tenang saja karena anda bisa mendatangi tempat penjual pakan burung untuk mendapatkan kroto atau jenis ulat lainnya. Selain mudah didapatkan, kroto juga mudah dibawa ke tempat pemancingan. Kroto dan ulat sangat ampuh untuk digunakan memancing ikan lele yang hidup di alam liar.

Kelebihan menggunakan kroto adalah tidak memiliki lendir di tubuhnya. Dengan begitu anda bias dengan mudah mengaitkan kroto pada kail ikan Anda. Sebenarnya ikan lele di alam liar adalah ikan lele yang rakus, hampir semua makanan akan dimakan. Jadi anda tidak perlu repot-repot mencari atau membuat umpan ikan lele untuk alam liar.

4. Usus Ayam

Dari banyaknya jenis umpan ikan lele, mungkin usus ayam adalah salah satu yang unik dan berbeda. Untuk mencari dan mendapatkan usus ayam sendiri tidak mudah, kita harus pergi ke pasar dan membeli jeroan usus ayam pada pedagang daging ayam terlebih dahulu. Atau jika anda tidak mau pergi ke pasar, anda bisa membeli dan memotong ayam sendiri untuk diambil ususnya.

Usus lele dianggap dapat menimbulkan aroma khas yang nikmat sehingga bisa menggoda dan mendatangkan ikan lele. Bahkan jenis umpan ikan lele yang satu ini juga terhitung cukup ampuh jika kita memancing berbagai jenis ikan, termasuk juga ikan lele galatama loh.

Umpan Galatama Lele

umpan galatama lele

Untuk makanan ikan lele galatama ini cenderung lumayan susah untuk didapatkan karena kebiasaan dari ikan lele yang diberi makan oleh pemiliknya.

Selain itu lele galatama juga cenderung berubah selera makannya, berbeda dengan ikan lele yang hidup di alam liat. Apalagi jika pada kolam lele galatama tersebut yang memiliki ikan lele sering memberi makanan ikan lele tersebut, tentu saja akan semakin susah.

Kebanyakan pemancing ikan lele galatama mengalami kesalahan yang sama yaitu salah dalam menggunakan umpan alami. Karena umpan galatama lele ini sangat khusus, harus dicampur dengan berbagai macam resep terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa racikan umpan galatama lele yang harus kalian ketahui.

Baca Juga  Ikan Koi: Jenis, Harga dan Tips Memeliharanya

1. Belut Telur Dan Margarin

Umpan galatama lele yang pertama adalah dengan menggunakan belut, telur dan juga margarin. Umpan ikan lele galatama ini terbukti sangat ampuh untuk menaikkan banyak ekor ikan lele dalam sekali pancing.

Kenapa kita harus menggunakan belut? sebenarnya tidak harus menggunakan belut juga sih, yang terpenting anda memiliki daging untuk makanan ikan lele tersebut, entah itu daging ikan atau daging ayam.

Untuk membuat umpan galatama lele ini sebenarnya tidak terlalu susah. Anda hanya harus memotong motong daging belut tersebut dengan ukuran sedang, selanjutnya anda tumis potongan daging belut tersebut memakai margarin.

Jangan terlalu lama saat menumis daging belut, karena tujuan kita menumis belut hanya untuk mengeluarkan aroma sedapnya. Sebaiknya jika sudah sedikit berwarna merah, anda angkat dan masukan pada wadah.

Ambil telur ayam, kemudian anda pisahkan kuning telur dengan putih telur, ambil kuning telur saja. Campurkan kuning telur tersebut pada wadah daging belut tadi, aduk hingga tercampur rata.

Jika sudah tercampur rata, umpan galatama lele siap dipakai. Kuncinya adalah pada aroma umpan galatama lele tersebut. Perlu anda ketahui jika sungut ikan lele ini sangat sensitif kepada aroma apa saja.

2. Umpan Tiruan

Dalam memancing ikan lele, kita juga bisa kok menggunakan umpan tiruan untuk memancing ikan lele. Jika anda merupakan pemancing yang aktif dan tidak suka berdiam menunggu umpan dimakan ikan lele. Sebaiknya anda menggunakan umpan tiruan atau lure untuk mendapatkan ikan lele yang anda incar tersebut.

3. Berkley Gulp Catfish Shad Guts

Umpan ikan lele tiruan yang pertama adalah Berkley Gulp Catfish Shad Guts. Dimana umpan tiruan buatan dari berkley ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata lagi.

Karena pabrikan asal Amerika Serikat yang satu ini bisa dibilang sudah ahlinya dalam membuat umpan buatan. Bahan yang sangat elastis sekaligus berkualitas menjadikan Soft Lure buatan dari berkley ini sangat terkenal hingga ke penjuru dunia.

Sedangkan cara menggunakan Berkley Gulp Catfish Shad Guts ini juga tidak terlalu susah. Anda hanya perlu menggunakan jig head atau carolina rig. Sementara untuk memainkan umpan ini bisa dengan cara menggulung reel hingga lure di tengah, dan biarkan tenggelam sampai ke dasar laut.

4. Berkley Powerbait Catfish Chunks

Umpan ikan lele tiruan berikutnya adalah Berkley Powerbait Catfish Chunks. Dimana umpan buatan berkley yang satu ini sangat cocok untuk anda yang termasuk dalam kategori pemancing yang tidak terlalu aktif dalam memainkan umpan atau dalam memancing.

Klaim yang tertulis pada kemasan umpan ikan lele Berkley Powerbait Catfish Chunks ini adalah terbuat dari hati, darah dan tambahan aroma ikan.

Dengan aroma yang sangat kuat tentu saja bisa mendapatkan dan menarik perhatian ikan lele ketika kita sedang memancing. Berkley Powerbait Catfish Chunks ini juga sepertinya sangat bagus untuk memancing ikan lele galatama.

Baca Juga  Ikan Aligator; Jenis, Karakteristik, dan Makanannya

Dengan menggunakan umpan ikan lele tiruan ini tentu saja anda bisa sedikit santai, tidak terlalu sibuk mencari umpan. Cukup datang ke toko pancing atau toko pakan ikan, tentu saja anda bisa dengan mudah menemukan pakan ikan lele yang satu ini.

Nah itulah beberapa rekomendasi umpan ikan lele yang terbukti jitu dan efektif untuk memancing ikan lele. Yang perlu anda ingat adalah waktu yang tepat untuk memancing ikan lele ialah saat sore hari atau malam hari.

Ikan lele akan sangat susah untuk dipancing ketika siang hari, apalagi jika cuaca sedang panas karena sinar matahari akan langsung memancar ke habitatnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *