vaksin kucing

Vaksin Kucing: Jenis, Manfaat, Efek Samping dan Harganya

Posted on

Vaksin Kucing – Kucing adalah hewan lucu yang banyak dipelihara oleh orang-orang di dunia. Memelihara kucing dirumah bisa jadi pilihan bagi Anda untuk menenangkan pikiran Anda dari segala masalah.

Dengan kelucuan dari tingkah laku kucing yang menggemaskan, bisa membuat Anda menjadi senang. Memelihara kucing sebenarnya tidak terlalu susah. Anda hanya perlu konsisten untuk merawat kucing Anda secara rutin di rumah.

Merawat kucing tidak hanya sekedar memberikan makan dan mengajak bermain. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin merawat kucing. Salah satunya adalah masalah kesehatan pada kucing.

Jika Anda tidak memperhatikan kesehatan pada kucing Anda akan dengan mudah terkena penyakit. Salah satu solusi agar kucing Anda tidak mudah terkena penyakit adalah dengan menggunakan vaksin kucing.

Jenis-Jenis Vaksin Kucing

Jenis Vaksin Kucing

Merawat kucing dengan baik dan benar tidak hanya dengan memberikan makan saja. Untuk menjaga kesehatan kucing agar tidak terkena penyakit berbahaya dan menular, Anda perlu memberikan vaksin ke kucing Anda dirumah. Kesehatan pada kucing memang perlu mendapat perhatian khusus.

Vaksinasi pada kucing bisa dimulai ketika kucing menginjakkan umur 6-8 minggu. Untuk anak kucing, bisa dilakukan vaksinasi selama 3-4 minggu sekali.

Sedangkan untuk kucing yang sudah tua, Anda bisa melakukan vaksinasi setiap setahun sekali. Untuk memastikan berapa kali kucing harus divaksinasi, Anda bisa meng konsultasikan dengan dokter hewan. Berikut merupakan jenis vaksin pada kucing.

1. Feline panleukopenia (feline distemper)

Vaksin ini diberikan kepada kucing agar tidak terinfeksi virus panleukopenia yang bisa menyerang kucing Anda.

Virus ini sering disebut juga dengan virus parvovirus yang yang bisa menyebabkan terkena gastroenteritis yang akan menyebabkan kucing Anda terkena penyakit kronis.

Vaksin ini sangatlah penting untuk kesehatan kucing Anda sebagai dasar pencegahan penyakit yang bisa saja menyerang kucing Anda.

Baca Juga  4 Makanan Kucing Kampung Sehat, Murah dan Minumannya

2. Feline herpes Dan Feline Calicivirus

Vaksin berikut ini berguna untuk mencegah kucing Anda terkena infeksi pada saluran pernafasan kucing Anda.

Vaksin ini memang sering diberikan kombinasi pada kucing. Infeksi pada saluran pernafasan kucing biasa disebut flu kucing. Flu kucing disebabkan oleh infeksi virus feline herpes virus (FVH-1) dan feline calicivirus (FCV).

Gejala pada kucing yang terkena flu kucing biasanya akan mengalami bersin, pilek, belekan, mata memerah, dan luka disekitar bibir kucing. Pada tingkat yang akut, virus ini bisa menyebabkan kucing terkena pneumonia. Untuk menghindari hal itu maka Anda perlu memberikan vaksin pada kucing Anda.

3. Rabies

Anjing memang dikenal penyebar rabies. Namun, siapa sangka kucing juga bisa menyebabkan rabies pada manusia lewat cakaran atau gigitan yang kucing berikan pada manusia. Rabies bisa menyebabkan koma bahkan kematian bagi manusia jika terkena virus rabies.

Dengan memberikan vaksin rabies pada kucing Anda akan mengurangi resiko terkena rabies dari kucing. Di beberapa negara bahkan sudah mewajibkan kucing untuk diberikan vaksin rabies.

Vaksin Kucing Berdasarkan Usianya

Vaksin Kucing Berdasarkan Usianya

Dalam memberikan vaksin kepada kucing sebenarnya ada beberapa tahapan. Jadi bukan hanya sekali atau dua kali saja dalam memberikan vaksin untuk kucing. Setidaknya ada beberapa jangka waktu yang harus Anda tentukan untuk memberikan kucing vaksin. Berikut adalah vaksin kucing berdasarkan usia.

1. Vaksin Kucing Usia 8 Sampai 10 Minggu

Jenis vaksin pertama yang harus Anda berikan pada kucing adalah ketika kucing Anda menginjak usia 8 hingga 10 minggu. Untuk jenis vaksin yang harus Anda berikan ketika kucing berusia 8 sampai 10 minggu ini adalah vaksin Tricat dan juga vaksin Tetracat.

Untuk vaksin Tricat ini berguna untuk mencegah adanya penyakit Feline Panleukopenia. Dimana harga vaksin kucing jenis ini biasanya berkisar antara Rp.80.000 sampai Rp.200.000.

Harga vaksin tentu saja akan disesuaikan dengan merk dari vaksin tersebut. Sementara untuk vaksin tetracat ini memiliki fungsi yang sama dengan vaksin Tetracat hanya saja dengan tambahan pencegahan penyakit kucing yaitu Chlamydia.

Untuk Anda yang ingin memberikan vaksin Tetracat kepada kucing kesayangan Anda, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 170.000 sampai Rp.200.000.

Baca Juga  8 Fakta Unik Kucing Ashera, Kucing Harga 1 M

2. Vaksin Kucing Usia 12 Sampai 14 Minggu

Berikutnya Anda wajib memberikan vaksin kucing ketika kucing kesayangan Anda sudah menginjak usia 12 sampai 14 minggu. Ketika kucing memasuki usia ini, kucing harus diberikan vaksin yang sama dengan yang diberikan sebelumnya yaitu pada usia 8 sampai 10 minggu.

Untuk harga vaksin Tricat pada usia kucing 12 sampai 14 minggu ini dibandrol dengan harga Rp 80.000 sampai Rp 200.000. Sementara untuk harga vaksin kucing tetracat ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 170.000 sampai Rp 200.000.

3. Vaksin Kucing Usia 20 Minggu

Vaksin Kucing Usia 20 Minggu

Berikutnya Anda harus memberikan vaksin pada kucing ketika kucing kesayangan Anda sudah memasuki usia 20 minggu.

Di usia kucing 20 minggu ini paling tidak Anda harus memberikan pemeriksaan umum dan juga vaksin rabies kepada kucing. Untuk harga vaksin kucing pada usia 20 minggu ini pun masih sama seperti vaksin kucing yang Anda berikan sebelumnya.

4. Vaksin Kucing Usia 6 Bulan

Jika kucing kesayangan Anda sudah mulai menginjak usia 6 bulan tentu saja Anda harus segera memberikan vaksin lagi kepada kucing Anda tersebut sebelum terlambat. Untuk Anda yang menemukan kucing berusia 6 bulan dan tidak tahu apakah kucing tersebut sudah pernah diberikan vaksin atau belum, sebaiknya Anda berikan tiga jenis vaksin kucing kepadanya.

yang pertama Anda bisa memberikan jenis vaksin kucing tricat untuk mencegah penyakit Feline Rhinotracheitis, Feline Panleukopenia dan juga Feline Calicivirus. Selanjutnya Anda harus memberikan vaksin Tetracat yang fungsinya hampir sama seperti vaksin kucing Tricat. Namun vaksin Tetracat ini memiliki tambahan pencegahan Chlamydia.

Terakhir Anda harus memberikan vaksin kucing rabies. Jika dijumlah total keseluruhan tiga jenis vaksin kucing tersebut adalah Anda harus mengeluarkan biaya berkisar Rp 350.000.

Anda juga bisa memberikan vaksin kucing dengan merk yang lebih mahal kepada kucing Anda tersebut. Untuk Anda yang ingin memberikan vaksin dengan jenis vaksin kucing yang mahal, Anda membutuhkan sekitar Rp. 500.000 untuk vaksin kucing usia 6 bulan lengkap.

Manfaat dan Efek Samping Memberi Vaksin Kucing

Efek Samping Memberi Vaksin Kucing

Memberikan kucing vaksin tentu saja bertujuan untuk melatih sistem imun kucing supaya mengenali mikroorganisme yang berbahaya yang kemungkinan bisa dengan mudah menyerangnya.

Hal ini sama seperti proses imunisasi pada balita yang juga bertujuan untuk melatih sistem imun pada anak. Vaksin kucing bisa mengaktifkan respon imun dalam tubuhnya sehingga ketika virus asli menyerang, kucing tidak akan mudah mengalami sakit hingga parah seperti kucing yang tidak pernah mendapatkan vaksin.

Walaupun memiliki manfaat yang sangat baik, namun ternyata kucing terkadang akan menunjukkan respon yang berbeda-beda terhadap vaksin yang diberikan.

Kucing akan menunjukan efek samping yang mungkin bisa saja dialami oleh hewan peliharaan tersebut sesudah disuntik vaksin kucing. Berikut adalah beberapa efek samping dari vaksin kucing.

1. Reaksi Alergi Ringan

Kucing setelah diberikan vaksin biasanya akan menunjukan reaksi alergi ringan yang biasanya ditAndai dengan munculnya gatal, biduran atau kemerahan serta bengkak di sekitar area mata, leher, bibir dan juga adanya peningkatan suhu tubuh kucing.

Baca Juga  Jenis Anjing: Cara Perawatan dan Memilih Makanannya

2. Reaksi Alergi Berat

Selain menunjukan alergi ringan, kucing juga bisa menunjukan alergi berat yang biasanya akan ditAndai dengan kucing yang kesulitan dalam bernafas, muntah, lemas, diare, bahkan sampai bisa pingsan.

Efek samping dari vaksinasi kucing adalah hal yang sangat jarang terjadi. Namun apabila kucing Anda memperlihatkan reaksi alergi seperti diatas ketika menerima vaksin kucing sebaiknya langsung periksakan kucing tersebut pada dokter hewan.

Nah itulah ulasan mengenai beberapa jenis vaksin kucing dan juga harga vaksin kucing secara lengkap. Pada dasarnya menyayangi kucing kesayangan kita bukan hanya sekedar memberikan makanan atau membawanya ke salon khusus hewan. Yang tidak kalah penting adalah selalu menjaga kesehatan kucing dengan cara memberi vaksin kepada mereka agar bisa lebih terlindungi dari berbagai penyakit menular dan juga berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *