jenis kenari

Mempesona, Ini Kumpulan Jenis Burung Kenari Lengkap

Posted on

Jenis Burung Kenari – Memelihara burung sudah menjadi hobi banyak orang sejak dulu. Memelihara burung menjadi alternatif karena caranya yang cukup mudah dan tidak terlalu ribet.

Apalagi saat situasi pandemi virus corona seperti ini, memelihara burung dapat membantu anda untuk menghilangkan stres dan menenangkan pikiran anda. Selain itu, memelihara burung juga bisa menambah pendapatan anda jika memanfaatkan untuk jual beli atau mengikuti lomba kontes burung.

Salah satu burung yang kini sedang banyak dicari orang adalah burung kenari. Burung ini hanya dicari karena keindahan bulunya yang mempesona. Burung kenari bisa jadi pilihan anda untuk menemani hari-hari anda dirumah.

Burung kenari sebenarnya memiliki banyak jenis yang bisa anda pilih. Nah, jika anda belum tahu apa saja jenis burung kenari, kali saya akan memberikan informasi tentang jenis-jenis burung kenari yang ada di dunia.

Kumpulan Jenis Burung Kenari Lengkap

jenis burung kenari
Burung kenari pertama kali ditemukan oleh seorang pelaut Jean Bertahan Cout pada abad ke-15. Burung ini mempunyai nama lain Serinus Canaria, yang diambil dari daerah asalnya yaitu Kepulauan Canaria. Karena banyak nya burung kenari liar, membuat burung ini banyak jenisnya karena hasil perkawinan silang.

Burung kenari kini menjadi populer untuk dipelihara, baik karena hobi ataupun untuk diperjual belikan. Kenari memiliki bentuk tubuh dan warna bulu yang sangat memanjakan mata. Saat ini, burung kenari memiliki banyak jenis yang tersebar di seluruh belahan dunia. Berikut merupakan jenis-jenis burung kenari.

Baca Juga  27 Jenis Lovebird: Harga, Cara Ternak dan Makanannya

1. Kenari Norwich

Kenari Norwich sering dipanggil john bull yang diambil dari repost of bullish yang bermaksud kemari gempal seperti banteng. Kenari ini pertama kali diperkenalkan pertama kali pada tahun 1850 di Inggris.

Kenari Norwich memiliki warna bulu dan bentuk yang menarik. Selain itu, burung ini memiliki kelopak bulu yang tebal dan sayap serta ekor yang pendek. Kebanyakan burung ini berwarna hijau dan kuning.

2. Border Fancy

Kenari Border Fancy atau kenari perbatasan termasuk ke jenis kenari mewah dan istimewa. Burung ini berasal dari perbatasan, maka dari itu dinamakan border. Burung ini memiliki tubuh mungil dan bulu yang indah. Tak lantas membuat nya seringkali diperlombakan. Border Fancy memiliki warna kebanyakan kuning, hijau, kayu manis. Selain itu, burung ini juga memiliki suara berkicau yang indah.

3. Kenari Scotch Fancy

Kenari Scotch Fancy Memiliki bentuk tubuh yang unik, yaitu bentuk tubuhnya yang melengkung. Scotch Fancy sangatlah populer di Eropa, terutama di Inggris dan Skotlandia.

Bahkan, burung ini mendapat julukan the glasgow. Burung ini kebanyakan memiliki warna kuning dan hijau. Selain bentuk tubuh yang melengkung, burung ini juga memiliki kicauan yang indah.

4. Kenari Yorkshire

jenis jenis burung kenari

Burung ini juluki raja burung kenari oleh penggemar burung kenari. Burung ini berasal dari Yorkshire, Inggris. Kenari yang satu ini memang dikenal dengan bagus dari segi bentuk tubuhnya. Burung Kenari Yorkshire terkenal mahal di kalangan pecinta burung kenari. Dengan sorot mata yang tajam dan suara yang merdu, Kenari Yorkshire menjadi incaran oleh banyak orang.

5. Kenari Crested

Jenis burung kenari yang selanjutnya adalah kenari crested, dimana burung kenari ini memiliki keunikan yang khas yaitu memiliki jambul yang tumbuh diatas kepalanya.

Sehingga membuat kenari crested ini semakin cantik dan umumnya jenis crested ini berwarna kuning yang dibalut dengan warna putih dan satu lagi terdapat bulu-bulu diatas kepala seperti bentuk mahkota membuat burung ini semakin banyak diminati.

Baca Juga  Burung Hantu: Jenis, Makanan dan Cara Merawatnya

6. Kenari Waterslager

Jenis burung kenari selanjutnya adalah kenari waterslager yang tak kalah cantik dibandingkan dengan jenis-jenis burung kenari lainnya karena suara kicauannya yang terdengar indah seperti gemercik air sehingga disebut sebagai jenis waterslager yang berasal dari Negara Belgia.

Untuk bulu kenari waterslager ini memiliki bulu yang indah berwarna kuning dengan sedikit warna putih yang menyelimutinya dan panjang burung kenari jenis ini kurang lebih 16,5 Cm.

7. Kenari Japanese Soho

Jenis burung kenari selanjutnya adalah kenari Japanese Soho, ya pastinya Anda sudah menebaknya kenari ini berasal dari Negara Jepang yang begitu indah.

Awal mulanya pada tahun 1963 orang Eropa mencoba melakukan perkawinan silang antara jenis burung kenari local jepang dengan kenari jenis coth fancy dan akhirnya perkawinan kedua jenis burung kenari ini melahirkan jenis yang baru yang bernama Japanese Soho.

Ciri khas dari burung kenari Japanese Soho adalah bulu yang sangat lebat dari bagaian kepala hingga kaki yang diselimuti bulu yang berwarna kuning dan warna putih.

Perlu Anda ketahui bahwa sebagian orang menyukai burung kenari ini bukan karena suara kicauannya, akan tetapi karena keindahan fisiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *