jenis jenis kucing

Jenis jenis Kucing, Karakteristik, dan Harganya

Posted on

Jenis Jenis Kucing – Saat ini banyak orang suka memelihara hewan di rumah. Salah satu hewan yang umum dipelihara adalah jenis jenis kucing. Tujuan orang memelihara kucing pastinya berbeda-beda, tapi kebanyakan lebih karena kemudahan perawatan dan penampakan hewannya sendiri yang lucu.

Kucing memang hewan yang lebih lucu jika dibandingkan hewan lainnya. Kucing pun terdiri dari banyak sekali spesies dengan karakteristik yang berbeda. Beberapa spesies kucing tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Jenis Jenis Kucing

 Jenis Kucing

1. Kucing Domestik

Jenis kucing yang pertama adalah domestik atau yang lebih populer dengan nama kucing kampung. Masyarakat Indonesia pastinya sudah tidak asing dengan hewan satu ini karena ia biasa ditemui di jalanan dengan karakter yang mencolok.

Karakter utama dari kucing lokal adalah bentuk tubuh dan bulu yang sesuai kucing pada umumnya. Kucing lokal mudah dikenali karena kebanyakan memiliki penampakan sedikit kumal dibanding jenis lainnya. Kucing satu ini juga cukup mudah cara perawatannya karena tidak banyak ketentuan yang perlu dipahami.

2. Kucing Persia

Jenis Persia Medium

Selanjutnya, kucing yang sangat banyak diminati ada kucing persia. Kucing yang satu ini memiliki perawakan lebih lucu dan menggemaskan dibanding kucing lokal. Ciri lain yang mendasari tingginya peminat kucing ini adalah surainya lebat dan panjang.

Faktor kelucuan persia ini juga didukung dari bentuk wajahnya yang bulat serta tulang hidungnya yang kecil. Hewan lucu satu ini membutuhkan biaya perawatan yang sedikit lebih tinggi dibandingkan kucing lainnya. Pengaruh perawatannya yang sulit berdampak pada harga jualnya yang juga meroket tinggi.

Baca Juga  Bukan Cuma Bulu, Ini 8 Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

3. Kucing Anggora

perbedaan kucing anggora dan persia

Kucing populer di urutan ketiga adalah jenis anggora. Anggora sangat populer dikalangan pecinta hewan peliharaan karena kelucuannya yang tinggi. Hewan ini mempunyai bulu tebal dan bersih dengan telinga lebar. Hewan berbulu lebat ini merupakan hewan lokal dari kerajaan Turki yang kemudian diadopsi.

Anggora adalah salah satu kucing yang mempunyai harga jual cukup tinggi. Kebanyakan anggora dipasaran bisa dibeli dari harga 150.000 sampai dua juta rupiah. Kepopuleran hewan ini membuat banyak ditemukan anakan baru dari hasil anakan anggora yang asli dari Turki.

4. Kucing Siam

Cara Perawatan Kucing Siam

Pada jenis berikutnya ada kucing siam yang merupakan kucing domestik negara Thailand. Kucing yang memiliki penampakan bola mata biru indah ini mulai populer di Indonesia saat dibawa oleh transmigran asal negara tersebut.

Kucing siam, selain digemari karena warna matanya juga tektur bulunya yang lembut dan lebat. Ia juga memiliki bentuk yang lebih ramping dan sedang dibandingkan kucing-kucing pada umumnya.

Kucing jenis ini bulunya lebih pendek tapi coraknya lebih bagus dan menarik. Selain itu, kucing jenis ini juga mempunyai beberapa spesies mulai dari yang lokal, klasik, sampai spesies modern.

5. Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll

Jenis kucing berikutnya yang semakin populer di kalangan pecinta hewan peliharaan adalah ragdoll. Kucing jenis ini berkebangsaan Amerika Serikat yang kemudian diadopsi dan dibawa ke Indonesia. Nama dari kucing ini terilhami dari sifatnya yang mudah dijinakkan dan dianggap mirip boneka kain.

Kucing ragdoll mempunyai karakter yang hampir sama dengan jenis siam serta persia pada umumnya. Ragdoll memiliki bentukan wajah lebih bulat dengan sifatnya yang sangat tenang. Jenis kucing ini masih sedikit di pasaran sehingga harga jualnya sangat tinggi, hingga bisa mencapai 10 juta satu ekor.

6. Kucing Maine Coon

Karakteristik Kucing Maine Coon

Berikutnya ada kucing jenis maine coon yang menjadi keluarga kucing paling besar dibanding jenis-jenis kucing pada umumnya. Penampakan tubuh kucing maine coon yang tambun dan panjang menjadikannya hewan peliharaan yang sering disandingkan dengan anjing.

Maine coon juga mempunyai bulu yang menyerupai anjing. Kucing ini sering disamakan dan dihubungkan dengan anjing peliharaan karena kelihatannya dari luar sangat garang.

Jenis kucing ini juga bisa dikatakan anggun dan lembut karena cara berjalannya yang pelan bak model. Maine coon merupakan jenis kucing yang memiliki harga jual tinggi, mulai dari 8 jutaan.

Baca Juga  Kucing Maine Coon : Ciri, Fakta dan Cara Merawatnya

7. Kucing sphynx

Kucing sphynx

Urutan selanjutnya ada kucing sphynx yang baru-baru ini populer di kalangan pecinta kucing. Sphynx ini diburu orang kebanyakan karena penampakanya yang lebih mirip anjing tapi menggemaskan. Kucing ini berbeda pada kucing pada umumnya yang disukai karena bulunya namun kucing ini tidak punya bulu.

Jenis kucing sphynx sebenarnya mempunyai bulu halus yang melingkupi kulitnya tapi karena kulitnya yang sensitif bulunya semakin tidak terlihat. Kucing jenis ini saat ini tinggal satu macam ukuran yaitu yang berbulu pendek.

Perawatan kucing sphynx ini sangat mudah dan tidak dipatok ketentuan-ketentuan khusus. Para pecinta kucing yang menginginkan kucing berpenampilan unik dan menarik ini perlu merogoh kocek agak dalam mulai dari 14 jutaan keatas.

8. Russian Blue

Russian Blue cat

Salah satu jenis kucing yang banyak digemari berikutnya adalah jenis russian blue. Kebanyakan orang menyukai kucing jenis ini karena penampakan tubuhnya secara umum berwarna biru cerah. Kucing asal negara Rusia yang dianugerahi warna indah alami ini juga berbadan tebal dan panjang.

Kucing jenis russian blue juga digemari karena kelucuannya yang lebih mirip boneka dibandingkan hewan sungguhan. Russian blue juga dianugerahi mata hijau cerah untuk menambah kecantikan warna tubuhnya. Kucing jenis ini mulai digemari saat populernya film the legend of blue sea.

Jenis kucing russian blue pertama kali ditemukan di daerah Arkhangelsk, salah satu kota di negara Rusia. Kucing jenis ini harganya sangat fantastis dan tidak bisa dibandingkan dengan kucing manapun.

Harga kucing ini akan semakin tinggi jika silsilahnya semakin murni. Tepatnya, harga jual russian blue di pasaran adalah 39 jutaan.

9. Kucing Bengal

Kucing Bengal

Selanjutnya, ada jenis kucing bengal yang sangat populer dan banyak dicari karena kelangkaanya. Kucing jenis ini membuktikan bahwa kucing masih satu rumpun dengan macan. Pendapat tersebut didukung dari motif bulu bengal pada tubuhnya yang menyerupai macan tutul.

Selain warna kulitnya yang mirip macan tutul, kucing bengal juga memiliki badan yang lebih panjang dan besar dibandingkan kucing pada umumnya. Meski penampakannya menyeramkan, namun kucing jenis ini sangat jinak dan mudah sekali dipelihara karena keramahannya kepada setiap orang di rumahnya.

Jika tidak diperhatikan dengan seksama, seseorang tidak akan tau kucing bengal ini hewan. Kelucuan bengal lebih menjadikannya mirip boneka dibanding hewan. Kucing ini juga ditawarkan dengan harga jual lebih terjangkau dibandingkan jenis russian blue. Harga jual kucing ini sekitar 2,5 jutaan saja.

Baca Juga  Kucing Munchkin : Fakta, Jenis dan Harganya

10. Kucing Munchkin

Asal Usul Kucing Munchkin
Image: munchkincatguide.com

Kucing terakhir yang masuk jenis-jenis kucing populer adalah si munchkin. Para pecinta kucing dan hewan peliharaan pastinya tidak asing lagi dengan si munchin ini karena kelucuan dan keluguannya. Penampakan dan bentuk munchin pasti membuat setiap penggemarnya ingin mengadopsinya.

Jenis Munchkin sangat digemari karena bentuknya yang tetap mungil meski telah menginjak dewasa. Wujud munchin yang mungil tidak menjadikan hewan ini menjadi jelek karena bulunya lebat dan motifnya yang indah menjadi daya tarik tersendiri darinya.

Karakteristik dari munchin yang cenderung menyeleweng dibandingkan kucing pada umumnya ini malah menjadikannya kucing paling populer. Munchin memiliki bola mata bulat dengan warna hitam legam. Ia dijual di pasaran dengan harga yang relatif murah dari 900 ribuan hingga 5 jutaan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *