Makanan iguana

5 Jenis Makanan Iguana yang Sehat, Aman dan Disukai

Posted on

Makanan Iguana – Makanan yang sehat belum tentu disukai iguana peliharaan Anda. Ada makanan favorit para iguana yang jarang orang tahu. Salah satunya jenis dedaunan seperti sayur Dandelion. Ada juga buah-buahan tertentu dan makanan lainnya.

Meski Iguana tak menolak diberikan makanan hewani, tetapi jenis makanan tersebut tidak sehat bagi iguana. Apa sajakah makanan tertentu yang paling disukai iguana dan aman buatnya?

Makanan Iguana yang Sehat dan Aman

Makanan Iguana yang Sehat dan Aman

Iguana masuk dalam kategori hewan herbivora. Tentu jenis makanannya bukan daging. Makanan yang menambah nafsu makannya berjenis tumbuhan yang lunak, kacang-kacangan, dedaunan hijau muda, serta buah-buahan.

Hati-hati bagi Anda yang terobsesi iguana cepat besar dengan memberi makanan hewani. Meskipun iguana remaja dapat tumbuh dengan cepat. Makanan hewani memberikan dampak buruk pada ginjal iguana.

Seorang dokter hewan Indonesia meneliti tentang hubungan makanan dan kesehatan ginjal iguana. Hasil penelitian menemukan bahwa apabila ingin memberi iguana makanan hewani, dosis yang diperbolehkan 1-2% total jumlah makanannya. Terapkan juga diet sehat dan memperbanyak makanan nabati untuk menyeimbangkan.

Di alam liar, iguana memakan semua jenis tumbuhan, buah-buahan, hingga jenis bunga. Jenis-jenis tumbuhan liar inilah yang menjadi makanan paling disukainya. Berikut beberapa jenis tumbuhan dan bunga favorit iguana.

Baca Juga  Bukan Cuma Ayam, Ini 11 Hewan Berkaki Dua Lainnya

1. Sayur Dandelion

Habitat asli Dandelion sama seperti daerah asal iguana yaitu Amerika. Tanaman ini hidup liar di daerah pegunungan dan hutan. Juga mudah tumbuh di daerah manapun kecuali di daerah dengan suhu yang ekstrim.

Sayur Dandelion untuk makanan Iguana adalah daunnya. Apalagi daun yang masih segar baru saja dipetik, Iguana Anda akan makan dengan lahap.

2. Sawi Hijau

Daun hijau adalah makanan alami iguana. Terutama dedaunan bertekstur renyah seperti sawi. Kandungan hijau pada sawi mampu memenuhi asupan gizi Iguana. Jadi, selain menjadi makanan favorit, sawi hijau merupakan makanan bernutrisi dan bergizi tinggi.

3. Pepaya

Selain tumbuhan, iguana juga menyukai buah-buahan. Salah satunya pepaya. Mereka sangat menyukainya karena mengandung air dan mudah dikunyah. Para peternak iguana sering memberikan buah pepaya untuk memenuhi vitamin dan zat. Buah pepaya juga dapat memperkuat tulang-tulang iguana..

4. Kembang Sepatu

Kembang sepatu termasuk jenis bunga. Bermahkota besar warna merah dan tidak berbau. Mahkota besarnya inilah yang menjadi favorit iguana. Teksturnya tidak keras dan seperti mudah ditelan oleh iguana.

5. Labu Acorn

Labu ini memiliki daging kuning. Sedangkan kulitnya berwarna hijau. Menurut pecinta iguana, labu acorn merupakan makanan favorit iguana setelah pepaya. Ukuran labu acron cukup besar, jadi potong kecil-kecil dahulu sebelum memberikan ke iguana.

Kelima jenis makanan tersebut sering direkomendasikan oleh para peternak. Namun, meski merupakan makanan favorit iguana Anda, jangan berikan setiap hari. Tetap atur menu yang berbeda-beda. Pemberian jenis makanan yang bervariasi akan membantu menyeimbangkan kebutuhan nutrisi dan gizi iguana.

Jenis Kacang Kacangan Untuk Makanan Iguana

Jenis Kacang Kacangan Untuk Makanan Iguana

Banyak jenis makanan iguana lainnya yang sehat dan cocok untuk iguana Anda. Beberapa diantaranya juga berjenis kacang-kacangan.

1. Peterseli
2. Labu Kabaocha
3. Andewi
4. Escarole
5. Kacang Kapri
6. Kacang Polong
7. Bunga Daisy
8. Mangga
9. Raspberry
10. ara

Makanan Iguana yang Diperbolehkan Namun Dibatasi

Penting untuk diperhatikan. Ada jenis makanan iguana yang harus diberi dosis sedikit. Jika jumlahnya terlalu banyak, maka akan menimbulkan masalah kesehatan seperti gangguan pencernaan, ginjal, hingga mengganggu perkembangbiakan iguana. Berikut jenis makanan yang diperbolehkan dengan jumlah dibatasi.

1. kembang kol
2. Brokoli
3. Lobak
4. Wortel
5. Kubis
6. Anggur

Baca Juga  5 Makanan Kucing Anggora dan Cara Merawat Anaknya

Enam jenis makanan tersebut hanya sebagai pelengkap saja. Pastikan jumlahnya lebih sedikit dari makanan sehat lainnya. Cara penyajian makanan tetap sama yaitu potong kecil-kecil agar mudah masuk mulut iguana.

Makanan merupakan faktor penting tumbuh kembang iguana. Beberapa peternak juga memberikan tambahan makanan buatan seperti suplemen dan pelet yang bisa dibeli di toko hewan.

Keamanan Suplemen dan Pelet untuk Iguana

Keduanya baik dengan dosis tertentu. Biasanya suplemen yang ditambahkan mengandung kalsium dan vitamin. Tujuannya untuk mendukung pertumbuhan iguana. Cara penyajian suplemen dengan mencampurkan ke makanan lainnya. Pastikan teraduk rata agar lidah iguana nyaman saat makan.

Baca Juga  11 Racikan Umpan Ikan Mas: Bahan dan Cara Membuatnya

Khusus untuk pemberian pelet, baiknya rendam dulu ke dalam air hangat agar lunak. Pemberian pelet yang lembek adalah cara membuat pelet menjadi makanan lebih sehat.

Suplemen dan pelet memang menyehatkan. Namun, jangan berikan setiap hari. Tetap lakukan dengan selang-seling jenis makanan iguana yang lain.

Menentukan Porsi Pada Jenis Makanan Iguana

Porsi Pada Jenis Makanan Iguana

Penentuan porsi yang umum digunakan adalah melakukan pembagian dengan persentase. Misalnya, sekitar 60% terdiri dari daunan dan sayuran yang kaya kalsium. Anda bisa menggunakan sawi hijau, mustard hijau, lobak hijau, daun brokoli, dan selada air.

Tips agar makanan diserap dengan tepat, yaitu dengan memotong sayur tidak lebih besar dari ukuran kepala iguana.

Porsi lainnya sebesar 30% harus terdiri dari sayuran berekomendasi baik seperti labu kuning, ubi, kacang polong, kacang hijau, dan kaktus.

Baca Juga  Burung Hantu: Jenis, Makanan dan Cara Merawatnya

Porsi sisanya sebesar 10% dapat berupa buah-buahan dan bunga. Beberapa bunga yang bisa dicerna oleh iguana seperti bunga labu, kembang sepatu, nasturtium, daisy, mawar, anyelir, geranium, dan dandelion.

Dibanding dengan bunga, lebih dianjurkan pemberian makanan berupa buah-buahan. Anda dapat menambahkan buah ara, mangga, pepaya, kiwi, melon, dan buah jeruk. Pada buku berjudul nutrisi iguana, disebutkan bahwa buah jeruk telah terbukti membantu meningkatkan penyerapan kalsium.

Penentuan porsi makanan iguana sangat bermanfaat untuk kesehatannya. Jenis makanan harus merupakan kombinasi dari beberapa elemen nutrisi. Tujuannya agar iguana tidak mudah sakit, selalu sehat, dan bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *