perbedaan kucing persia dan anggora

Bukan Cuma Bulu, Ini 8 Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

Posted on

Perbedaan Kucing Persia dan Anggora – Kucing anggora dan juga kucing persia adalah dua jenis kucing yang sering dipelihara di Indonesia bahkan dunia.

Untuk orang yang sudah lama memelihara kucing dan pecinta kucing pastinya sudah bisa membedakan mana yang kucing anggora dan mana yang kucing persia. Namun bagi yang masih awam tentu saja akan sulit mengetahui perbedaan kucing persia dan anggora.

8 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

8 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Banyak orang yang memelihara kucing persia dan kucing anggora karena kedua kucing tersebut mempunyai tingkah laku yang lucu dan menggemaskan, ditambah lagi kedua kucing tersebut mempunyai bulu yang panjang sehingga semakin membuat kucing tersebut menjadi menggemaskan.

Popularitas dari kedua jenis kucing ini juga membuat kebanyakan orang tidak bisa menemukan perbedaan kucing persia dan anggora. Nah untuk itu dibawah ini sudah saya berikan beberapa perbedaan dari kedua jenis kucing ini.

1. Asal Kucing

Perbedaan dasar dari kucing persia dan kucing anggora bisa kalian lihat dari daerah masing-masing kucing tersebut. Kucing anggora sering dianggap sebagai salah satu ras kucing tertua di dunia karena sudah ditemukan sejak abad ke 16.

Kucing anggora juga sering disebut dengan nama kucing ankara. Sering disebut Ankara karena lokasi pertama kali ditemukan kucing ini adalah di Kota Ankara, Turki.

Sementara kucing persia adalah jenis kucing yang berbulu panjang dan berasal dari daerah Iran (dulu namanya Persia). Nah karena kucing ini berasal dari Persia, oleh sebab itu juga diberi nama kucing Persia. Kucing ini mulai ditemukan di abad ke 1620, dan sejak dibawa ke eropa kucing ini mulai banyak disukai di seluruh dunia.

2. Bentuk Wajah Kucing

Perbedaan pertama terletak pada bentuk wajah kucing. Dimana kucing anggora mempunyai bentuk wajah yang mirip seperti kucing kampung atau kucing kampung. Bentuk wajah kucing anggora berbentuk cenderung sedikit segitiga dengan hidung yang agak mancung. Sedangkan telinga kucing ini cenderung runcing dan juga panjang.

Sementara untuk kucing persia cenderung memiliki wajah yang bulat. Kebanyakan hidung kucing persia juga kebanyakan pesek atau tidak begitu mancung. Sedangkan jika anda perhatikan bagian samping kucing ini antara hidung, dahi dan juga dagu kucing terlihat begitu datar.

Baca Juga  Jenis Anjing: Cara Perawatan dan Memilih Makanannya

3. Bentuk Tubuh

Perbedaan kucing persia dan anggora berikutnya adalah terletak pada bentuk tubuh masing-masing kucing. Ukuran tubuh dari kucing anggora sama seperti kucing kebanyakan, bahkan bisa dibilang kucing anggora ini memiliki berat yang ideal.

Kucing persia terlihat langsing dengan otot yang tidak menonjol. Kucing anggora juga memiliki bentuk tubuh agak lebih tinggi.

Sementara untuk kucing persia cenderung lebih gemuk dibandingkan kucing anggora. Badan kucing persia juga tidak setinggi badan kucing anggora. Hal ini bisa kalian lihat dari kaki kucing yang pendek tapi kokoh.

4. Bulu Kucing

Perbedaan mudah Kucing Anggora dan Persia

Semua kucing tentu saja memiliki bulu yang akan menyelimuti semua bagian tubuh kucing tersebut. Nah dari bulu ini lah kita bisa membedakan jenis kucing apa tersebut.

Kucing anggora umumnya memiliki bulu yang tebal, namun tidak setebal pada kucing persia. Kucing anggora memiliki ekor dengan bulu yang panjang dan juga tebal, bahkan bisa dibilang seperti ekor musang karena kemiripannya.

Sementara untuk kucing persia yang memang dikenal menjadi kucing dengan bulu tebal, mulai dari wajah kucing ini sudah ditumbuhi dengan bulu yang tebal. Kemudian dari leher sampai ekor juga sama ditutupi dengan bulu yang tebal juga, khususnya untuk kucing persia berdarah murni.

5. Ekor Kucing

Perbedaan kucing persia dan anggora berikutnya bisa kalian lihat dari ekor masing-masing kucing. Dimana kucing anggora memiliki bulu yang sangat tebal seperti kemoceng, bahkan banyak juga yang menyebut ekornya seperti ekor musang.

Sedangkan untuk kucing persia memiliki ekor yang dengan bulu yang tidak selebat kucing anggora. Jadi ekor kucing persia cenderung lebih kecil dibandingkan ekor kucing anggora.

6. Kepribadian Kucing

Perbedaan kucing persia dan anggora berikutnya bisa anda lihat bukan dari bentuk fisiknya melainkan dari tingkah laku dan kepribadian kucing tersebut. Dimana kucing anggora memang dikenal dengan kucing yang lebih senang bermain, lebih aktif dan juga energik.

Kucing anggora adalah kucing yang suka berinteraksi dengan manusia, cukup cerdas dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Kucing anggora juga merupakan kucing yang mudah dilatih dan ramah dengan manusia.

Berbeda jauh dengan kucing persia yang cenderung lebih kalem, penurut dan lebih malas. Kucing persia tidak energik dibandingkan dengan kucing anggora yang senang bermain. Kucing persia lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermalas-malasan di dalam kandang atau di dalam rumah.

7. Aktivitas Kucing

kucing anggora

Kucing anggora cenderung lebih senang untuk duduk di lantai atau duduk di sekitar pemiliknya. Kucing ini juga cenderung lebih waspada dengan sekitar dan juga suka pergi untuk mencari tempat yang tinggi entah itu di atap rumah atau di tempat yang tinggi lainnya

Kucing anggora lebih suka bermain dan juga berlari karena sesuai dengan kepribadian dari kucing ini yang energik.

Sementara kucing persia yang sesuai dengan kepribadiannya yang malas bisa kalian lihat saat kucing ini beraktivitas. Kucing persia tidak seenergik dengan kucing anggora. Dimana kucing ini akan cenderung lebih suka diam di tempat atau tidur-tiduran di kandang.

Baca Juga  Burung Elang: Ciri-ciri, Jenis, Harga dan Makanannya

8. Kesehatan Kucing

Berikutnya kalian bisa mengenali perbedaan kucing persia dan anggora dari kesehatan tubuh. Daya tahan tubuh dari kucing persia dan juga kucing anggora sangat berbeda. Dimana kucing anggora mempunyai daya tahan tubuh yang jarang sakit.

Walaupun begitu anda harus tetap menjaga kesehatan dan juga kebersihan kucing anggora supaya terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa membahayakan kucing.

Sementara untuk kucing persia, ia memiliki daya tahan tubuh yang cenderung lebih rendah dan rentan terkena penyakit dibandingkan dengan kucing anggora. Untuk itu anda harus benar-benar menjaga kebersihan serta kesehatan kucing persia dengan hati-hati, mengingat daya tahan tubuhnya yang sangat lemah.

Nah itulah beberapa perbedaan kucing persia dan kucing anggora yang bisa kalian lihat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *