scabies kucing

Scabies Kucing: Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posted on

Scabies Kucing – Ketika kucing mengalami penyakit scabies, tidak jarang terkadang pemilik kucing tersebut akan panik dan juga bingung karena tidak tahu bagaimana cara yang tepat mengobati scabies kucing kesayangannya tersebut.

Perlu Anda ketahui selain bisa menyerang kucing, scabies juga bisa menyerang hewan lainnya seperti anjing atau kelinci. Penyakit scabies ini berasal dari tungau jenis sarcoptes atau scabies yang menjadi ancaman tersendiri untuk para pecinta kucing.

Apa Itu Scabies Kucing?

Apa Itu Scabies Kucing

Scabies atau yang lebih dikenal dengan kudis adalah penyakit kulit yang menular karena masuknya tungau kecil pada lapisan kulit luar hewan atau manusia. Tungau yang bernama sarcoptes scabies ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan juga bisa bersarang di lapisan kulit manusia untuk kemudian menggali terowongan sehingga bisa bertelur dalam kulit manusia.

Scabies selain bisa menyerang manusia juga sering menyerang kucing. Sama seperti halnya kutu lainnya, tungau scabies ini akan terus menerus menyerang kulit hingga membuat hewan atau manusia yang ditinggalinya menjadi tidak nyaman.

Penyebab Scabies Kucing

Penyebab Scabies Kucing

Setelah mengerti apa itu scabies kucing, selanjutnya akan saya sajikan beberapa penyebab scabies pada kucing.

1. Penularan

Salah satu penyebab utama scabies pada kucing adalah karena penularan. Kemungkinan besar kucing anda habis bermain bersama kucing lain yang juga mengidap Scabies.

Jika kucing anda baru saja melakukan kontak langsung dengan hewan lain yang memiliki penyakit scabies maka dengan mudah kucing anda akan tertular tungau scabies.

Baca Juga  Kucing Tidak Mau Makan: Penyebab dan Cara Penanganannya

2. Tungau

Penyebab scabies pada kucing berikutnya adalah karena adanya sumber tungau scabies yang terdapat pada kucing anda. Untuk bisa mendeteksi adanya tungau scabies pada kucing, anda bisa mendeteksinya dari kandang atau sisir yang digunakan untuk menyisir bulu kucing.

Jika dibagian ujung telinga kucing terdapat kerak dan jua ada kulit mati yang ikut terangkat ketika dikerok secara perlahan kemungkinan besar kucing anda terkena scabies.

Cara Mengatasi Scabies Kucing

Cara Mengatasi Scabies Kucing

Jika anda sudah bisa mendeteksi kucing anda yang terkena scabies tersebut, jangan terlalu bingung terkait bagaimana cara mengobati scabies yang diderita oleh kucing anda tersebut. Berikut dibawah ini sudah saya jelaskan bagaimana cara mengatasi scabies pada kucing.

1. Pisah Kucing Yang Terkena Scabies Dengan Kucing Yang Sehat

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasi kucing yang terkena scabies adalah anda harus memisahkan kucing yang terkena scabies dengan kucing lainnya yang sehat.

Hal ini bertujuan supaya kucing yang sehat tidak tertular oleh penyakit scabies karena seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa scabies adalah penyakit kulit pada kucing yang mudah menular.

2. Bersihkan Kandang Kucing

Langkah berikutnya setelah anda memisahkan kucing yang terkena scabies dengan kucing yang sehat anda harus membersihkan kandang kucing yang terkena scabies tersebut. Anda bisa membersihkan kandang tersebut dengan sabun dan juga air yang mengalir.

Hal ini karena kemungkinan besar tungau scabies bisa bersarang pada kandang kucing. Jangan lupa juga untuk membersihkan semua barang yang ada dalam kandang kucing misalnya seperti tempat minum, tempat makan, mainan, kain dan juga barang lainnya yang ada di kandang kucing.

3. Bersihkan Alat Grooming

Selain membersihkan kandang dan juga isi kandang, selanjutnya anda juga harus membersihkan alat grooming yang biasanya anda gunakan.

Alat grooming tersebut misalnya adalah sikat, sisir, spons mandi, sarung tangan untuk grooming dan juga alat lainnya yang biasa anda gunakan untuk grooming kucing.

Membersihkan alat grooming sangat penting karena tidak menutup kemungkinan tungau scabies bisa menempel di permukaan berbagai benda atau alat grooming tersebut.

4. Hindari Tempat Grooming

Jika kucing anda terkena scabies, sebaiknya jangan bawa kucing anda ke tempat grooming langganan terlebih dulu.

Karena kita juga tidak tahu bisa jadi tungau yang ada pada kucing tersebut didapatkan dari tempat grooming atau bahkan bisa juga karena tertular kucing lainnya yang biasanya ada di tempat grooming langganan kalian.

Tenang saja karena kalian masih bisa kok melakukan perawatan kucing sendiri di rumah. Atau jika memang kalian sedang tidak ada waktu, sebaiknya Anda benar-benar harus selektif dalam memilih tempat yang akan digunakan untuk grooming kucing.

Baca Juga  Kucing Persia Himalaya: Ciri, Cara Merawat dan Harganya

5. Menggunakan Shampoo Anti Tungau

Jika anda akan melakukan perawatan kucing di rumah sebaiknya anda memandikan kucing anda yang terkena scabies kucing dengan memakai shampoo anti kutu. Shampoo anti tungau biasanya dibuat dari bahan sulfur atau sebazole yang didalamnya terdapat kandungan khusus yang bisa membunuh kutu.

Shampoo anti kutu ini terbukti bisa membantu dalam meringankan dan juga menghilangkan scabies kucing. Sebaiknya anda dengan rutin memandikan kucing paling tidak satu kali dalam seminggu menggunakan shampoo anti tungau tersebut dan paling tidak anda gosok-gosok selama kurang lebih 15 menit

Dengan menggunakan shampoo anti tungau biasanya tungau yang ada pada kucing bisa pergi dengan sendirinya.

6. Berikan Salep Khusus

Langkah berikutnya supaya proses penyembuhan kucing anda semakin cepat, anda bisa juga memberikan salep khusus untuk scabies kucing. Salep scabies biasanya mempunyai bahan dasar yang terbuat dari gammexane, triamcolone, petrolatum dan juga permethrin.

Kandungan-kandungan tersebut sudah terbukti sangat ampuh untuk membantu dalam menghilangkan tungau pada kucing kesayangan anda. Salep ini juga bisa anda dapatkan dengan mudah di petshop terdekat atau juga bisa dengan cara membelinya secara online.

Namun apabila kucing anda sedang hamil atau menyusui, ada baiknya anda jangan menggunakan salep scabies sebab kandungan salep scabies sangat berbahaya untuk kesehatan kucing yang hamil dan menyusui.

7. Berikan Minyak VCO

Cara lain selain menggunakan salep anti Scabies, anda juga bisa memberikan minyak VCO atau Virgin Coconut Oil. Minyak VCO ini bisa menjadi obat yang cukup aman untuk kucing scabies anda yang sedang hamil atau sedang menyusui.

Cara menggunakan minyak VCO untuk kucing juga sangat mudah, anda bisa melakukannya dengan mengoleskan beberapa tetes minyak VCO di bagian tubuh kucing yang terkena scabies.

Pengobatan menggunakan minyak VCO ini terbukti sangat efektif untuk mengobati kucing scabies dengan alami dan yang pasti tidak memiliki efek samping untuk kucing kesayangan anda.

8. Suntik Scabies

Langkah terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengobati scabies pada kucing adalah dengan melakukan suntik scabies.

Apabila penyakit scabies yang diderita kucing sudah cukup parah dan tidak bisa anda tangani sendiri tentu saja anda harus membawa kucing kesayangan anda tersebut ke dokter hewan. Biasanya kucing yang terkena tungau scabies parah harus disuntik khusus oleh dokter hewan menggunakan suntik scabies.

Kemudian selain itu jika memang sudah parah biasanya dokter akan memberikan anjuran untuk melakukan suntik scabies kucing sebanyak dua kali dalam ssatu bulan sampai kucing benar-benar sembuh.

Cara ini sangat efektif apabila kucing yang terkena scabies lebih dari satu ekor. Dengan begitu anda tidak perlu memberi obat scabies satu per satu. Beberapa macam suntikan scabies kucing diantaranya adalah ivermectin, selamectin dan juga doramectin.

Harga Suntik Scabies Kucing

Harga Suntik Scabies Kucing

Harga suntik Scabies kucing di dokter hewan tentu saja akan berbeda-beda karena tentu saja juda tergantung beberapa faktor.

Tapi rata-rata harga suntik scabies kucing biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp.50.000 sampai Rp.100.000 untuk harga yang standar. Namun juga tidak menutup kemungkinan harganya bisa lebih murah atau lebih mahal lagi.

Baca Juga  7 Cara Merawat Kucing Persia Dengan Baik Agar Tumbuh dan Sehat

Dari beberapa cara yang sudah saya jelaskan diatas kesimpulannya sebenarnya mengobati kucing yang terinfeksi scabies bisa dilakukan sendiri dari rumah yang terpenting kita telaten dan rutin dalam melakukan pengobatan sendiri kucing yang terkena scabies di rumah.

Namun apabila scabies kucing sudah parah dan juga anda tidak memiliki waktu untuk melakukan berbagai cara pengobatan kucing yang terkena scabies, tidak ada salahnya anda menyerahkan masalah ini pada yang sudah ahlinya yaitu dokter hewan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *